Manfaat Dan Khasiat Bunga Kana

Bunga kana yaitu tumbuhan perdu tropis asal Amerika. Di Indonesia, bunga kana dijuluki dengan bunga tasbih, alasannya bunganya mempunyai biji-biji kecil bertekstur keras yang sanggup dibentuk menjadi tasbih. Tanaman ini mempunyai batang lembap yang tumbuh tegak mencapai 2 meter, kadang disebut batang semu alasannya batangnya terbentuk dari pelepah-pelepah daunnya.


 yaitu tumbuhan perdu tropis asal Amerika Manfaat dan Khasiat Bunga Kana
Salah satu macam bunga kana dengan warna kuning  terang. Di tengah kelopaknya terdapat corak jingga halus, menciptakan bunga ini sangat menarik.

Permukaan daunnya yang melebar dan besar-besar bertepi runcing berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawahnya menyerupai ditutupi debu putih bedak atau debu terigu.Bunga kana mempunyai akar yang berimpang menyerupai umbi ubi. Dan yang menjadi poin utama dari tumbuhan ini tentu saja bunganya. 3 hingga 5 kelopak indah merekah tersusun membentuk tandan. Warnanya bervariasi mulai dari merah , orange, kuning terang, merah muda dan kuning dengan corak warna coklat, juga beberapa kombinasi warna lainnya. Silahkan lihat koleksi tumbuhan bunga kana yang kami sediakan disini!


Biasanya bunga ini tumbuh liar di pinggir sungai atau bahkan di dalam hutan. Namun tidak jarang juga ditemukan berjejer menghiasi pekarangan rumah. Karena tumbuhan ini tumbuh kokoh dengan bunga besar mempesona, ada beberapa kota di Indonesia yang menjadikannya sebagai ornamen taman kota dan tanaman penghias sepanjang jalan. Tidak hanya mempesona dari segi tampilan, bunga inipun sanggup dipercaya sebagai tanaman obat alasannya mempunyai banyak khasiat mujarab bagi kesehatan. Bagian tumbuhan yang dipakai yaitu umbi atau rimpang juga bunganya.


 yaitu tumbuhan perdu tropis asal Amerika Manfaat dan Khasiat Bunga Kana
Di Malang, bunga kana menjadi maskot kotanya. Terbukti dengan banyaknya bunga kana aneka warna berjejer menghiasi alun-alun kota Malang.

Adapun persoalan kesehatan yang sanggup ditangani oleh tumbuhan ini yaitu sebagai berikut:



  • Menghentikan keputihan

    Seorang herbalis dari jakarta, Yellia Mangan, menyampaikan bahwa rimpang atau umbi dari bunga kana lebih mempunyai kegunaan merampungkan keputihan dibanding dengan daun sirih. (Baca juga artikel tentang manfaat daun sirih untuk keputihan).

    Cara pengolahannnya cukup dengan menyediakan umbi bunga kana,beras ketan dan daging ayam masing-masing 30 gram. Setelah itu basuh higienis semua materi tersebut dan iris tipis untuk penggunaan umbi bunga kana juga daging ayamnya. Rendam seluruh materi tersebut di dalam wadah mangkok dengan air. Lalu direbus atau di tim. Setelah matang, sanggup Anda konsumsi. Konsumsilah setiap hari secara rutin.

  • Mengobati wasir

    Caranya dengan mengambil sedikit umbi dari bunga kana. Cuci higienis kemudian irislah dan didihkan bersama 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan awal tersisa segelas. Setelah itu dinginkan dan saringlah. Minum air rebusan tersebut secara rutin selama pagi dan sore. perlu diperhatikan untuk setiap kali minum, hanya setengah gelas saja.

  • Mengobati hepatitis

    Umbi atau rimpang bunga kana sebanyak 60 hingga 120 gram di iris tipis-tipis dan direbus bersama dengan 3 gelas air. Setelah mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja, angkat dan dinginkan kemudian saring ampasnya. Minum air hasil saringanya ini selama 47 hari pagi dan sore dengan dosis 3/4 gelas dalam sehari. Setelah mengkonsumsinya selama seminggu, biasanya sanggup dilihat perubahannya pada area kulit juga mata yang berwarna kuning perlahan-lahan akan memudar.

  • Mengatasi haid yang berlebih

    Bagian tumbuhan kana yang dipakai yaitu bunganya. Caranya dengan merebus 10 hingga 15 gram bunga kana segar dengan 2 gelas air. Setelah mendidih dan airnya berkurang segelas dari air rebusan awal, dinginkan dan saring. Minumlah airnya sebanyak 2 samapi 3 kali sehari.

  • Melindungi hati

    Sebuah riset dari yang menyatakan efek farmalogis dari umbi bunga kana yang telah dicobakan pada hewan menawarkan bahwa umbi kana sanggup melindungi sel hati dari kerusakan.

  • Menurunkan demam

    Cara pengolahannya dengan merebus rimpang atau umbi kana. Tapi rimpangnya kadang dikeringkan dan dibentuk bubuk, sehabis menjadi debu maka gampang untuk diseduh bersama air panas dan diminum dalam keadaan hangat. Rasanya tidak pahit alasannya rimpang kana sendiri mempunyai cita rasa yang manis.


 


 yaitu tumbuhan perdu tropis asal Amerika Manfaat dan Khasiat Bunga Kana
Akar rimpang bunga kana mempunyai banyak kegunaan dengan cita rasa anggun yang menyejukkan.

Selain manfaat di atas, umbi bunga kana juga bermanfaat sebagai materi dasar pembuatan tepung. Karena rasanya yang anggun dan sejuk. Di samping itu, bunga kana yang mempunyai warna-warni yang jelas ternyata mempunyai pigmen alami. Pigmen ini berasal dari zat flavonoid yaitu antosianin yang sanggup berfungsi sebagai zat pewarna alami.


Nah, bagaimana berdasarkan anda wacana bunga kana ini? sangat potensial bukan? Oleh alasannya itu, mari kita tidak hanya melihat fungsi tumbuhan ini dari segi estetiknya saja. Coba manfaatkan kandungannya dan Anda akan memperoleh khasiat luar biasa lainnya.


Tersedia banyak sekali macam produk tumbuhan kana disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Bunga Kana"

Posting Komentar