Jurusan Desain Produk

Jurusan Desain Produk – Kali ini akan membahas jurusan desain produk. Bagi kau yang suka men-desain, jurusan ini merupakan salah satu pilihan, selain DKV



 Kali ini akan membahas jurusan desain produk Jurusan Desain Produk

produk.fsrd.itb.ac.id


 



Universitas yang menyelenggarakan Program studi Desain Produk:


1. Insitut Teknologi Bandung (ITB) – Bandung

2. Universitas Trisakti – Jakarta

3. Universitas Pelita Harapan (UPH) – Jakarta

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) – Surabaya

5. Universitas Paramadina – Jakarta


 


Gambaran Umum Desain Produk


Desain produk (DP) ialah jurusan yang berfokus pada pembuatan benda. Jurusan yang sejenis antara lain Industrial Design dan Politeknik. Industrial Design dan Desain Produk memfokuskan diri pada pembuatan casing suatu benda sehingga menarik, sementara politeknik lebih condong pada sistem suatu produk.


Desainer produk mendesain barang dan menggabungkan aspek kenyamanan dan kemanan pada ketika yang sama. Tidak hanya estetika yang diutamakan, namun juga kenyamanan dan keamanan pengguna barang. Selain itu, dalam desain produk juga memperhatikan sasaran konsumen dan tujuan penciptaan barang. Produk yang dihasilkan merupakan balasan atas “permintaan konsumen”. Contohnya misalnya, konsumen merasa repot ketika mengoleskan mentega ke roti memakai pisau, maka desainer mengemas mentega tersebut dalam wadah roll on, sehingga mentega sanggup pribadi dioleskan. Apa saja referensi hasil karya desainer produk? Casing luar handphone, laptop, headset, mainan, mebel, kemudahan umum, aksesoris otomotif maupun body mobil, perhiasan, peralatan rumah tangga, bahkan hingga organ buatan ibarat tangan/ kaki palsu dan masih banyak lagi.


Desain produk mempunyai 2 fokus, yang pertama desain untuk massal dan desain berbasis craft. Jurusan yang menyandang nama desain produk lebih condong ke craft, sementara Industrial design lebih ke produksi massal. Persiapan mahasiswa dan ilmu yang diberikan pun menjadi sedikit berbeda.


 


Prospek Kerja


Prospek kerja desain produk cukup luas, antara lain menjadi konsultan design di perusahaan, membuka home industry/ pabrik sendiri, desainer mebel dan interior, perancang mainan dan peralatan lainnya.


 


Kesan-kesan


Tahun tahun pertama akan menjadi tahun yang cukup berat, alasannya ialah semua dummy produk yang didesain harus dirampungkan sendiri di bengkel yang telah disediakan universitas. Tapi tidak ada hal yang menggantikan kepuasan ketika barang yang kita buat sanggup dipakai dan berfungsi, apalagi disukai oleh orang lain.


Demikian pembahasan jurusan desain produk, agar bermanfaat 🙂


Review oleh:

Tanti Theodora

Desain Produk

Universitas Pelita Harapan



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Desain Produk"

Posting Komentar