Fungsi Struktur Sosial Dan Contohnya

Fungsi struktur sosial dalam sosiologi, baik yang berkaitan dengan diferensiasi sosial maupun stratifikasi sosial yaitu untuk membuat dan menjaga proses sosial semoga tetap berjalan secara harmonis. Berikut ini akan dipaparkan beberapa fungsi struktur sosial yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sosial sehari-hari.






Fungsi struktur sosial


Instrumen untuk mencapai tujuan bersama


 baik yang berkaitan dengan diferensiasi sosial maupun stratifikasi sosial yaitu untuk me Fungsi Struktur Sosial dan ContohnyaFungsi struktur sosial sebagai instrumen atau alat untuk mencapai tujuan bersama sanggup dilihat pada operasionalisasi organisasi. Dalam organisasi, individu yang terlibat menempati posisinya masing-masing. Peran yang dimainkan tiap posisi menghipnotis satu sama lain sehingga terbentuk hubungan saling ketergantungan. Visi organisasi selalu berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai bersama. Di sinilah struktur menjadi alat untuk mencapai tujuan. Tanpa struktur, proses mencapai tujuan bersama akan mengalami kendala bila tidak gagal.


Begitu pula struktur sosial dalam masyarakat yang berbentuk diferensiasi atau stratifikasi. Masing-masing individu berbeda baik secara horizontal maupun vertikal. Namun, meski berbeda, ada keterkaitan satu sama lain. Keterkaitan itulah yang membentuk dinamika sosial masyarakat.


Alat penunjuk identitas


Struktur sosial juga berfungsi sebagai alat petunjuk identitas individu atau kelompok. Semisal, dalam diferensiasi sosial, kita menyebut diri kita sebagai orang Sunda. Ketika pergi ke Australia, kita bertemu orang Cina. Warna kulit kita berbeda, kita berada dalam struktur sosial yang berbeda. Sebagai orang Sunda kita mempunyai ciri-ciri warna kulit yang berbeda dengan orang Cina, logat bahasanya pun berbeda. Perbedaan ini menjadi alat petunjuk identitas wacana siapa kita.


Dalam stratifikasi sosial juga demikian. Misal, kau seorang bos, tetanggamu kita karyawan. Struktur sosial kau berada di lapisan atas sedangkan tetanggamu di bawah. Struktur tersebut menjadi penanda identitasmu.


Baca juga Stratifikasi Sosial: Definisi dan Contohnya






Penjaga norma sosial


Fungsi struktur sosial sebagai penjaga norma sosial sanggup dilihat pada sikap keseharian orang-orang yang menempati posisi sosial tertentu. Sebagai contoh, seorang siswa yang menyadari dirinya sebagai siswa, mencar ilmu pada malam hari sebelum tidur. Perilaku untuk mencar ilmu merupakan hal yang normal bagi siswa. Struktur sosial yang menandai dirinya sebagai seorang siswa mendasari perilakunya untuk belajar. Di sini struktur sosial berfungsi untuk menjaga norma sosial siswa, yaitu belajar.


Contoh lain, seorang polisi kemudian lintas yang menyadari dirinya sebagai petugas yang bertanggung jawab mengatur keamanan dan ketertiban kemudian lintas. Profesinya sebagai seorang polantas merupakan menempatkan dirinya pasa struktur sosial tertentu. Ketika ada pengendara sepeda motor tak bersalah namun dilarang dan ditilang, polantas tersebut telah melaksanakan pelanggaran norma. Jika sadar akan posisinya dalam struktur sosial, maka perilakunya akan patuh pada norma sosial.


Pemersatu unit sosial yang berbeda


Struktur sosial juga sanggup berfungsi sebagai pemersatu. Fungsi struktur sosial sebagai pemersatu sanggup dilihat pada, contohnya tragedi sumpah pemuda. Para perjaka pada masa itu sadar akan perbedaan identitas suku, bahasa, dan bangsa yang disandangnya. Struktur diferensiasi tersebut justru berhasil menjadi pengikat demi mewujudkan harapan bersama.


Petunjuk tingkah laku


Fungsi struktur sosial yang juga terlihat terang dalam keseharian yaitu sebagai petunjuk tingkah laris manusia, terutama saat berafiliasi dengan orang lain. Sebagai contoh, saat bertemu dengan seorang profesor di kampus, kita menyadari posisi sosial seorang profesor. Maka, saat bertemu dan berbicara, kita bertingkah laris sebagaimana bertingkah laris kepada profesor sesuai norma yang berlaku. Ketika kita bertemu seseorang di jalan, namun sebab tidak mengetahui posisi orang tersebut dalam struktur sosial, kita akan kebingungan bagaimana bertingkah laris yang tepat.


Baca juga Pengertian Norma






Sebagai contoh, sobat saya pernah ngobrol dengan orang lain wacana kesehatan tanpa menyadari bahwa yang diajak bicara bahu-membahu yaitu hebat kesehatan. Ketika belakangan gres menyadari bahwa yang diajak bicara lebih tahu daripada dirinya, ia merasa aib dan menyesal sebab teringat tingkah lakunya saat berbicara. Fungsi struktur sosial sebagai petunjuk tingkah laris sering kita lihat bahkan alami dalam keseharian.


Demikian beberapa fungsi struktur sosial yang sanggup disebutkan. Jangan lupa sertakan sumber bila mengutip untuk menghindari plagiasi.


Lebih lengkap baca Struktur Sosial: Pengertian dan Jenisnya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Fungsi Struktur Sosial Dan Contohnya"

Posting Komentar