Contoh Soal Dan Penyelesaian Cara Memilih Komisi Pemberantasan Korupsi Lengkap

Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap - selamat menunaikan hari libur kawan, sembari libur, mari mencar ilmu online bersama aku disini. Hari ini aku akan membahas bahan yang cukup ringan namun terlihat rumit. Apa itu? Bagaimana cara memilih KPK. Inilah bahasan yang akan aku angkat pada kesempatan kali ini. Tentunya kalian semua sudah pernah mendengarnya bukaan? Tentu saja sudah, dan aku harap kalian mengikuti dengan baik bahan yang akan aku sampaikan kali ini.

Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap
Google Image - Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari bilangan KPK salah satunya yaitu bilangan prima. Kaprikornus kita harus mengetahui terlebih dahulu bilangan prima barulah kita sanggup mengetahui konsep mencari bilangan KPK. Untuk itu, mengenal ilmu sains online akan memperlihatkan klarifikasi supaya kalian semua tidak merasa galau lagi. Langsung saja perhatikan penjelasannya berikut ini.

Pengertian Bilangan KPK dan Contohnya


Bilangan KPK atau bilangan kelipatan komplotan terkecil yakni bilangan lingkaran nyata terkecil yang apabila dibagi dengan bilangan keduanya alhasil habis. Ada beberapa metode yang sanggup kalian coba untuk mencari KPK yaitu:

Dengan Kelipatan Persekutuan


Jika mendengar kata persekutuan, pastilah melibatkan 2 atau lebih bilangan. Metode ini caranya dengan mencari kalipatan dari kedua bilangan. Cari nilai yang sama dari kedua bilangan tersebut. Agar kalian tidak bingung, pribadi saja lihat caranya berikut ini.

Contohnya:

Carilah KPK dari 4 dan 6

Penyelesaian:
Kelipatan dari 4 = { 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32 … }
Kelipatan dari 6 = { 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48 .. }

Kelipatan yang sama dari kedua bilangan diatas nilainya yakni 12. Oleh sebab itu, KPK dari 4 dan 6 yakni 12.


Dengan Menggunakan Pohon Faktor ( faktorisasi prima )


Selain cara diatas, untuk mencari KPK juga sanggup memakai cara pohon faktor atau faktorisasi prima. Caranya yaitu, ambil semua factor perkalian dari semua bilangan yang ingin dicari KPKnya. Jika didalam pohon factor terdapat pangkat yang berbeda, ambil angka yang mempunyai pangkat terbesar. Langsung saja lihat pola dibawah ini.

Contohnya:

Carilah KPK dari 9, 12, dan 15

Penyelesaian:
Buatlah pohon faktor ibarat gambar dibawah ini.

Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap
Google Image - Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap

Tuliskan faktornya

9 = 32
12 = 22 x 3
15 = 3 x 5

Kaprikornus KPK dari 9, 12, dan 15 yakni 32 x 22 x 5 = 180.


Contoh Soal dan Penyelesaian Cara Menentukan KPK Lengkap - Inilah bahan yang sanggup aku sampaikan kepada kalian semua. Saya harap, kalian semua sanggup mengikutinya dengan baik. Saya berpesan kepada kalian semua semoga tetap semangat dalam belajar. Karena dengan mencar ilmu kalian semua sanggup selangkah lebih maju dibandingkan dengan yang tidak belajar. Selain itu, kalian juga sanggup melewati hari – hari dengan hening sebab rajin belajar. Sekian terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Soal Dan Penyelesaian Cara Memilih Komisi Pemberantasan Korupsi Lengkap"

Posting Komentar