Contoh Konkrit Administrasi Keuntungan Di Perusahaan Tbk

Dahulu saya selalu bertanya-tanya, bagaimana ya cara perusahaan-perusahaan go public melaksanakan administrasi laba? Pos-pos apa saja yang diubah? Nah, sehabis pengalaman bekerja di salah satu perusahaan publik, hasilnya saya mengerti bagaimana cara administrasi melaksanakan administrasi laba. 

Selama ini kita mengenal ada 4 jenis administrasi keuntungan yang biasa dilakukan perusahaan. Tetapi pada praktiknya, kebanyakan perusahaan menyukai melaksanakan income minimization. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dengan income minimization, perusahaan sanggup menghindari pembayaran pajak yang lebih besar. 

Lalu bagaimana cara perusahaan publik melaksanakan administrasi laba, khususnya income minimization? Mari kita simak di pos ini.

Manajemen perusahaan ingin melaksanakan income minimization ditujukan untuk menghindari membayar pajak yang besar. Di samping itu, motif utamanya yaitu biar uang dari keuntungan perusahaan sanggup dipakai untuk keperluan langsung manajemen. Jadi, perusahaan melaksanakan administrasi keuntungan ini juga bertujuan untuk menghindari problem keagenan. 

Manajemen keuntungan (income minimization) dilakukan dengan cara meningkatkan biaya perusahaan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan pemakaian barang persediaan (pemakaian persediaan otomatis akan meningkatkan biaya di laporan keuangan. Biasanya masuk di akun pemakaian materi baku, pemakaian WIP dan pemakaian lainnya).

Tetapi, sesungguhnya pemakaian ini bukanlah pemakaian yang sebenarnya. Perusahaan hanya "pura-pura". Perusahaan mengakui adanya pemakaian2, padahal sesungguhnya pemakaian itu tidak ada. Perusahaan hanya ingin memakai uang yang ada untuk kepentingan administrasi pribadi.

Dalam melaksanakan administrasi laba, perusahaan juga mengganti metoda akuntansi yang berlaku. Penggantian metoda akuntansi ini bertujuan biar administrasi perusahaan sanggup 'memodifikasi laba' sesuai dengan apa yang diinginkan. 

Manajemen keuntungan ini tentunya menciptakan keuntungan yang dilaporkan ke publik menjadi angka yang tidak riil. Hal ini dikarenakan pada administrasi laba, perusahaan tidak melaporkan kinerja keuntungan yang sesungguhnya. Namun, lebih ke arah memodifkasi struktur laporan keuangan, yang biasanya dilakukan dengan cara 'bermain' di pos Beban (laba rugi) dan merubah metoda akuntansi perusahaan. 

Jadi apakah administrasi keuntungan itu diperbolehkan atau tidak?

Perdebatan mengenai administrasi keuntungan diperbolehkan atau tidak, memang ketika ini masih menjadi perdebatan bagi banyak kalangan. Namun, bila mengacu pada hukum PSAK, di hukum PSAK manapun, tidak ada yang menyebutkan bahwa administrasi keuntungan dihentikan dilakukan. 

Manajemen keuntungan tidak sama dengan fraud. Manajemen keuntungan dilakukan dengan tetap memperhatikan standar akuntansi yang berlaku. Oleh sebab itu, administrasi keuntungan tetaplah sah dan boleh dilakukan. 

Bagi rekan-rekan yang ingin berguru analisis laporan keuangan, sedang melaksanakan penelitian akuntansi wacana analisis laporan keuangan, rekan2 sanggup mendapat ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Konkrit Administrasi Keuntungan Di Perusahaan Tbk"

Posting Komentar