Cara Menciptakan Motor Drag Kencang Untuk Balapan

Cara Membuat Motor Drag – Salah satu balapan motor paling terkenal di Indonesia ialah drag bike. Setiap tahunnya selalu diadakan Kejurnas Drag Bike yang diikuti pembalap profesional dari seluruh Indonesia. Motor yang digunakan bukan motor sembarangan, sebab sudah dimodifikasi secara khusus semoga lebih optimal dikala berakselerasi di track lurus. Yah, balapan drag bike memang berbeda dengan balapan lainnya. Pasalnya balapan tersebut hanya diperuntungkan untuk track lurus, sehingga pembalapnya tak perlu bermanuver maupun cornering.


Banyak orang beranggapan menjadi joki motor drag merupakan pekerjaan yang gampang. Padahal mengendarai motor drag diharapkan teknik dan jam terbang tinggi semoga bisa melaju kencang di track lurus. Terlebih motor yang digunakan sudah dimodifikasi semoga tarikan mesinnya lebih ganas dan mempunyai bobot lebih ringan dari motor standar. Yah, salah satu kunci menciptakan motor drag yang kencang ialah harus mempunyai bobot ringan semoga bisa meningkatkan kemampuan akselerasi dikala beradu melawan motor drag lainnya.




Semua jenis motor bisa dimodifikasi menjadi motor drag. Namun biasanya balapan motor drag di Indonesia hanya memperlombakan motor bermesin kecil dengan kapasitas 115cc hingga 155cc. Padahal di luar negeri rata-rata menggunakan moge bermesin 1000cc ke atas sekelas Suzuki Hayabusa, Yamaha R1, Kawasaki H2, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, balapan motor drag di Indonesia juga terbagi dalam kelas 4 Tak dan 2 Tak. Untuk kelas 2 Tak biasanya menggunakan motor sekelas Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja R.


Apapun motor yang digunakan asalkan dimodifikasi dengan benar, tentu performanya akan optimal. Kami yakin masih banyak orang yang belum mengetahui cara menciptakan motor drag yang kencang. Oleh sebab itulah pada warta kali ini kami akan mengulas bagaimana caranya menciptakan motor drag yang sesuai dengan standar profesional. Nah bagi masbro yang ingin tau ingin mengetahui caranya, silahkan simak warta berikut.


Tips dan Cara Membuat Motor Drag  Salah satu balapan motor paling terkenal di Indonesia ialah drag bike Cara Membuat Motor Drag Kencang Untuk Balapan


1. Memakai Rangka Khusus Motor Drag


Yang harus masbro lakukan pertama kali dikala menciptakan motor drag ialah mengganti rangka bawaan motor dengan rangka khusus motor drag yang mempunyai bobot lebih ringan dibandingkan rangka standar. Biasanya rangka atau sasis tersebut dibanderol dengan harga 1 Juntaan hingga 2 Jutaan. Masbro juga bisa membeli sasis motor drag import dari luar negeri yang harganya bisa mencapai belasan juta rupiah. Semakin ringan sasis yang digunakan, tentu motor akan semakin cepat. Selain itu, masbro harus memperhatikan kualitas rangka yang dibeli semoga nantinya kekal dan presisi dengan mesin yang digunakan.


2. Mengganti Ban


Ciri khas motor drag ialah menggunakan ban cacing. Yah, ban tersebut memang menjadi standar wajib bagi motor drag di Indonesia. Masbro juga harus mengganti velg bawaan semoga sesuai degan ukuran ban yang digunakan. Dimana ukuran ban depannya ialah 50/90 dan untuk cuilan belakang menggunakan ban berukuran 60/80. Tujuan mengunakan ban cacing tersebut ialah semoga tarikan gas menjadi lebih enteng dan lebih gesit. Penggunaan ban tersebut juga harus diimbangi dengan perbandingan gigi dan setelan rantai yang pas.


3. Mengganti Suspensi Bawaan


 Salah satu balapan motor paling terkenal di Indonesia ialah drag bike Cara Membuat Motor Drag Kencang Untuk BalapanMembuat motor drag membutuhkan biaya sangat besar untuk mengganti beberapa komponen bawaan motor. Nah salah satu yang wajib diganti ialah suspensi. Ada baiknya masbro menggunakan suspensi belakang tabung yang nantinya menciptakan motor lebih stabil dan tetap terasa nyaman dikala digunakan balapan. Ada berbagai pilihan suspensi yang bisa dipilih, menyerupai buatan YSS, Ride-It atau bahkan shock Ohlins yang harganya sangat mahal.


4. Lepaskan Body Motor


Agar bobot motor menjadi lebih ringan, maka kita harus melepas semua body motor. Lagi pula rangka yang digunakan berbeda dengan rangka standar, sehingga body bawaan motor tidak akan bisa terpasang. Yah, modifikasi motor drag memang tak terlalu memperhatikan penampilan, sebab yang terpenting harus mempunyai bobot benar-benar ringan. Inilah yang membedakan antara motor drag dan motor roda race, sebab motor road race masih menggunakan body motor semoga lebih aerodinamis. (Baca Juga : “Cara Menyetel Karburator Motor“)


5. Menyetel Karburator


Dalam menciptakan motor drag ada baiknya menentukan motor yang masih menggunakan karburator. Pasalnya motor karburator lebih praktis dimodifikasi dibandingkan motor injeksi yang harus menggunakan komputer untuk mengantur sistem injeksi mesin. Menyetel karburator motor drag juga tak boleh asal, sebab nantinya sangat besar lengan berkuasa terhadap sistem pembakaran mesin.


6. Memakai Knalpot Racing


 Salah satu balapan motor paling terkenal di Indonesia ialah drag bike Cara Membuat Motor Drag Kencang Untuk BalapanCara menciptakan motor drag selanjutnya ialah menggunakan knalpot racing yang bisa meningkatkan performa mesin, sehingga bisa mengeluarkan tenaga lebih besar. Masbro bisa menentukan knalpot R9 yang kualitasnya terbukti sangat bagus ataupun merek lainnya. Selain itu, kami sarankan untuk menggunakan knalpot racing yang mempunyai bobot ringan, menyerupai yang terbuat dari Carbon atau Titanium.


7. Bore-Up Mesin


Modifikasi mesin menjadi satu cara menciptakan motor drag yang wajib masbro lakukan. Ada beberapa cuilan yang harus diganti semoga performa motor semakin optimal, menyerupai busi, noken as, as klep, karburator, kabel busi, dan bermacam-macam komponen mesin lainnya. Selain itu, masbro bisa meningkatkan kapasitas mesin dengan cara di bore-up. Nah untuk caranya ialah dengan memperbesar langkah serta diameter piston dan silinder. Peningkatan kapasitas mesin juga harus diimbangi dengan pengaturan perpindahan gigi final serta perbandingkan transmisi semoga bisa meningkatna performa motor drag dikala berakselerasi di track lurus.


8. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi


Rasio kompresi yang diperbesar harus diimbangi dengan pemakaian materi bakar yang tepat. Kami sarankan untuk menentukan materi bakar beroktan tinggi semoga pembakaran mesin menjadi lebih optimal, sehingga tenaga yang dikeluarkan semakin besar. Dipasaran juga beredara materi bakar yang dikhususkan untuk motor balap, menyerupai ELF Racing Fuel, Avgas, dan Pertamax Racing. Pemakaian materi bakar tersebut juga harus diadaptasi dengan perbandingkan kompresi dan timing pengapian semoga daya tahan mesin tetap optimal dan tidak jebol.


9. Sesuaikan Dengan Postur Joki


 Salah satu balapan motor paling terkenal di Indonesia ialah drag bike Cara Membuat Motor Drag Kencang Untuk BalapanKenyamanan joki dalam mengendarai motor drag sangat penting. Oleh sebab itulah masbro harus menyesuaikannya dengan postur atau bentuk badan joki. Postur yang kami maksud ialah tinggi joki dan berat joki, sehingga nantinya sangat pembalap bisa merasa nyaman dan kondusif dikala mengendarai motor drag sesuai gaya berkendara yang ia miliki. Ada beberapa cuilan motor yang harus diperhatikan semoga bisa berkendara secara nyaman, yakni pada cuilan daerah duduk, jok, stang, dan pegangan tangan.


10. Modifikasi Tampilan Motor


Tampilan luar motor drag memang tak terlalu penting, sebab yang paling utama ialah mesinnya. Namun tak ada salahnya masbro mempercantik motor drag yang dibangun dengan mengecet body ataupun membalutnya dengan airbrush. Tujuannya ialah semoga menjadi sentra perhatian orang lain yang melihatnya dikala balapan.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Motor BrebetDenda Tilang SIM
Mobil Jadul 2 PintuDenda Pajak Motor 

Apabila ingin mengikuti kejurnas drag bike, maka masbro wajib mengikuti cara menciptakan motor drag yang kami sampaikan di atas. Lakukan step by step hingga nantinya mendapat settingan yang pas semoga bisa bersaing melawan motor drag lainnya. Untuk melaksanakan semua hal di atas, tentu diharapkan biaya cukup besar. Paling tidak mabro harus merogoh kocek sekitar 3-5 Jutaan untuk modifikasi standar. Sedangkan untuk modifikasi motor drag yang ekstrim bisa mencapai puluhan hingga belasan juta rupiah. Nah sekian tips otomotif kali ini, semoga warta cara menciptakan motor drag di atas bermanfaat dan bisa menjadi tumpuan dalam menciptakan motor drag sesuai standar Kejurnas Drag Bike.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Motor Drag Kencang Untuk Balapan"

Posting Komentar