Cara Menciptakan Dan Merawat Vertical Garden Dari Botol Bekas Yang Gampang Dan Praktis

Cara Membuat Vertical Garden dari Botol Bekas yang Mudah dan Mudah Cara Membuat dan Merawat Vertical Garden dari Botol Bekas yang Mudah dan PraktisBotol bekas sanggup digunakan untuk menciptakan vertical garden. Cara menciptakan vertical garden dari botol bekas sangat gampang dan prkatis. Selain itu, pemanfaatan botol bekas tersebut sanggup mengurangi sampah botol plastik.


Cara menciptakan vertical garden dari botol bekas sanggup memanfaatkan peralatan yang ada di sekitar Anda. Alat dan materi yang diharapkan untuk menciptakan vertical garden dari botol bekas yakni:


Alat



  • Pisau

  • Gunting

  • Palu


Bahan



  • Botol bekas, botol plastik lebih disarankan alasannya pengolahannya lebih gampang dibandingkan botol kaca

  • Paku, ukurannya diadaptasi dengan besar kecilnya ukuran botol yang akan dipakai

  • Bibit atau benih tanaman

  • Tanah sebagai media tanam


Lagkah pembuatan botol bekas untuk vertical garden ialah sebagai berikut:



  1. Bersihkan alat dan bahan


Cuci botol bekas yang akan digunakan sebagai kawasan menanam tanaman. Sterilkan juga gunting dan pisau yang akan digunakan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan alat dan materi dari bakteri atau penyakit yang akan merugikan tanaman.



  1. Ubah bentuk botol sesuai keinginan


Anda sanggup membentuk botol sesuai dengan harapan Anda. Bentuk botol sanggup diadaptasi dengan jenis flora yang akan Anda tanam.


Botol juga sanggup diwarnai sesuai dengan selera Anda. Anda juga sanggup menggambar abjad kartun yang lucu.


Namun, kalau Anda menginginkan tampilan yang alami maka botol tidak perlu dicat. Anda hanya perlu memotong botol bekas secara horizontal maupun vertikal.


Baca juga cara menciptakan infus flora dari botol bekas, cara menciptakan pot bunga burung hantu dari botol bekas, dan cara menciptakan perangkap lalat buah dari botol bekas.



  1. Mengisi botol dengan media tanam


Jika Anda memakai tanah sebagai media tanam, maka Anda sanggup mengisi botol bekas dengan tanah. Demi mendukung sumber nutrisi tanaman, maka Anda sanggup menambahkan pupuk kompos atau sangkar pada tanah tersebut sebelum dimasukkan ke dalam botol.


Perbandingan adonan tanah dan kompos ialah 1:1. Diamkan selama lebih kurang 1 hari biar pupuk benar-benar meresap pada tanah. Setelah itu, Anda sanggup mengisi botol-botol yang telah dibuat tersebut dengan tanah.








  1. Masukkan bibit atau benih tanaman


Pastikan bibit ataupun benih yang digunakan ialah bibit atau benih unggulan. Anda sanggup berbelanja di toko pertanian atau pun mendapat secara pribadi dari flora induk.


Lubangi media tanam sedalam kurang lebih 5 cm dari permukaan. Masukkan bibit flora yang sudah tersedia, tutup kembali dengan tanah.



  1. Tempelkan pada dinding


Setelah itu, tempelkan botol berisi bibit flora tersebut pada dinding ruangan yang telah Anda sediakan. Pilihlah kawasan yang cukup mendapat pancaran sinar matahari supaya flora sanggup tumbuh dengan baik.


Perawatan flora perlu dilakukan dengan baik, menyerupai menyiram secara teratur. Lakukan tindakan pemberantasan gulma, hama, dan penyakit yang sanggup mengancam tanaman.


Vertical garden sanggup menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai rumah dengan halaman yang sempit. Anda hanya perlu menyediakan kawasan untuk melekat botol-botol bekas yang diubah menjadi pot bagi tanaman. Makara Anda sanggup memanfaatkan sudut-sudt rumah Anda dengan vertical garden.


Botol  bekas yang Anda buat untuk pot tidak melulu ditempel di dinding. Ada beberapa kawasan yang sanggup digunakan untuk menggantung atau meletakkan botol-botol bekas tersebut.



  • Digantung di pagar


Vertical garden sanggup diterapkan pada pagar rumah Anda. Jenis flora yang cocok contohnya jenis flora yang tumbuh menjalar. Saat flora tumbuh dengan rimbun, maka pagar rumah Anda akan lebih terlihat hidup. Pemandangan halaman rumah Anda pun akan semakin indah dan menarik.








  • Digantung pada tali


Botol-botol bekas berisi flora sanggup Anda rangkai dan gantungkan pada tali atau kawat yang dibentangkan dengan kuat. Ide ini cocok diterapkan pada banyak sekali flora hias, menyerupai bunga atau flora sukulen. Namun, Anda juga sanggup menanam flora sayuran yang segar.


Baca juga cara menanam vertikultur dengan botol bekas, cara menciptakan flora gantung dari botol bekas, dan cara menciptakan flora gantung dari botol plastik.



  • Diletakkan pada rak vertical


Jika Anda tidak lagi mempunyai dinding yang tersisa untuk dimanfaatkan, Anda sanggup memakai rak vertical untuk meletakkan botol-botol bekas tersebut.



  • Digantung pada tiang rumah


Jika tiang rumah Anda terkesan membosankan, maka Anda sanggup menghiasi tiang tersebut dengan vertical garden. Tanaman yang cocok untuk diletakkan pada tiang tersebut contohnya bunga hias atau flora buah-buahan menyerupai tomat atau cabai hias. Tanaman ini dijamin menambah keindahan rumah Anda.


Baca juga cara menanam cabai hidroponik dengan botol bekas, cara menanam selada hidroponik dengan botol bekas, dan cara menanam bayam hidroponik dengan botol bekas.


Selain memakai botol bekas, pot untuk vertical garden juga sanggup terbuat dari galon bekas. Anda sanggup memakai galon bekas air minum yang diisi sampai penuh dengan media tanam. Metode ini akan sangat membantu bagi Anda yang mempunyai lahan sempit. Tanaman menyerupai bawang-bawangan, kentang, atau wortel sanggup ditanam dengan memakai wadah galon bekas tersebut.


Inilah klarifikasi mengenai cara menciptakan vertical garden dari botol bekas yang gampang dan praktis. Anda sanggup menerapkannya di rumah Anda. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Dan Merawat Vertical Garden Dari Botol Bekas Yang Gampang Dan Praktis"

Posting Komentar