Cara Menanam Cemara Udang Dengan Stek Dan Perawatannya

Cara Menanam Cemara Udang Dengan Stek, akan menjadi topik yang kita bahas pada kesempatan ini. Cemara udang atau yang lebih dikenal sebagai cemara mini merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang paling banyak diminati dan sekaligus digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan keberadaan tumbuhan ini akan sanggup memperlihatkan nuansa hijau dan juga sejuk apabila ditanam di sekitar area rumah.


Asal muasal nama cemara udang tentu tak ada hubungannya dengan udang sebagai binatang laut. Nama ini disematkan alasannya ialah cemara udang mempunyai ukuran batang yang tak terlampau tinggi maksimal tingginya hanya mencapai 2-3 meter saja. Tentu berbeda dengan pohon cemara yang pada umumnya sanggup mencapai tinggi sampai puluhan meter.


Menanam cemara udang sanggup dibilang mudah gampang susah, namun kalau anda mengetahui trik dan tips nya maka sanggup jadi anda sanggup mengakibatkan hal ini sebagai sebuah peluang usaha. Dalam kesempatan ini penulis akan menginformasikan mengenai 5 Cara Menanam Cemara Udang Dengan Stek pucuk dan perawatannya sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Mempersiapkan stek pucuk


Dalam menanam cemara udang paling mudah ialah diperbanyak melalui stek pucuk. Selain tingkat keberhasilan yang tinggi tentunya juga lebih praktis, mudah dan murah ketimbang harus melaksanakan cangkok atau metode tumbuhan lainnya.


Sebelum mulai menanam anda terlebih dahulu harus menyiapkan materi tanam berupa stek pucuk. Adapun yang perlu diperhatikan biar kualitas stek pucuk yang didapatkan baik maka haruslah memenuhi kriteria antara lain:



  • Tanaman yang dijadikan sebagai induk materi perbanyakan ialah tumbuhan cemara udang yang sehat dan bebas dari serangan hama atau penyakit.

  • Tanaman berusia matang atau cukup umur yakni antara 2-3 tahun .

  • Bagian pucuk yang digunakan ialah bab yang tidak terlalu muda dan tua.

  • Bahan pucuk yang akan diambil berasal dari pucuk yang jaraknya 25 cm dari bab bawah batang.

  • Dalam satu tumbuhan ambil stek pucuk secukupnya saja maksimal antara 10-15 buah.

  • Selanjutnya materi stek kemudian di sterilkan dari kontaminan atau basil dengan cara dilakukan perendaman kedalam larutan fungisida dengan takaran 15 g/liter selama 15-20 menit.

  • Selanjutnya materi stek sanggup ditanam didalam media tumbuhan yang subur dan gembur.


Menanam bibit stek pucuk cemara udang


Tahapan selanjutnya sehabis stek pucuk siap ialah menyiapkan media tanam yang akan dipakai. Dalam hal ini media tanam yang digunakan sanggup berasal dari adonan tanah yang sudah diayak halus kemudian dicampur dengan pupuk sangkar atau kompos yang sudah kering.


Komposisinya ialah 1:1, untuk memudahkan penanaman maka bibit sanggup ditanamkan kedalam polibag sehingga perawatannya akan lebih mudah sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Media tanah yang telah disiapkan tadi dicampur dan diaduk secara merata, kemudian dimasukkan kedalam plastik polibag, selanjutnya dibuatkan lubang tanam.


Kemudian bibit stek pucuk cemara udang tadi ditanamkan didalam polibag dengan posisi tegak lurus. Agar memudahkan penanaman maka bab batang bawah sanggup dibentuk runcing biar mudah ketika ditancapkan kedalam polibag.







Pindah Tanam Bibit Cemara Udang Stek Ke Lahan


 akan menjadi topik yang kita bahas pada kesempatan ini Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan PerawatannyaSeteleh 1-1,5 vbulan sehabis semai maka tumbuhan cemara udang sanggup dipindahkan ke lahan tanam. Untuk mendapat tumbuhan yang baik maka sebaiknya hanya gunakan bibit stek yang tumbuh baik.


Hal ini sanggup dilihat dari  penampakan tumbuhan yang tumbuh normal, daun berwarna hijau segar serta tidak Nampak adanya serangan hama atau penyakit.


Sebelum dipindahtanamnkan maka terlebih dahulu tanah dilahan tanam arus digemburkan dengan cara dicangkul dan kemudian dibentuk lubang tanam sedalam 20-25 cm. ke dalam lubang tanam tersebut selanjutnya di tambahkan pupuk sangkar sebanyak 2-3 kg kemudian kemudian biarkan selama 1 ahad gres selanjutnya penanaman sanggup dilakukan.


Pemeliharaan dan perawatan tumbuhan cemara udang sampai dewasa


 akan menjadi topik yang kita bahas pada kesempatan ini Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan PerawatannyaSetelah melewati tahap penanaman maka hal yang juga penting ialah melaksanakan perawatan dan pemeliharaan biar tumbuhan cemara udang senantiasa tumbuh baik dan bagus.


Beberapa hal yang menjadi pokok perhatian dalam perawatan tumbuhan cemara udang ialah sebagai berikut :








  • Penyiraman atau pengairan


Meskipun tumbuhan cemara udang sanggup hidup dalam kondisi tanah yang kering namun bukan berarti anda tidak melaksanakan penyiraman sama sekali.

Justru pada ketika awal awal masa tumbuhan maka tumbuhan harus disiram biar akar sanggup eksklusif mengikat tanah sehingga bibit akan sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Selanjutnya sehabis tumbuhan cukup umur maka intensitas penyiraman mulai sanggup dikurangi yakni setiap 2-3 kali dalam seminggu.



  • Pemupukan


Hal lain yang juga tak boleh diabaikan ialah santunan pupuk pada tumbuhan baik pupuk organik atau pun anorganik menyerupai NPK dan KCL serta juga pemupukan pada daun.

Hal ini akan bermanfaat untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan yang jumlahnya semakin besar mengikuti pertumbuhan tumbuhan cemara udang menyerupai pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.



  • Pemangkasan


Untuk mendapat bentuk tumbuhan yang menarik dna juga cantik, maka anda harus rajin rajin melaksanakan pemangkasan biar sanggup terus mendapat bentuk tumbuhan sebagaimana yang diharapkan. Pemangkasan juga dilakukan untuk merangsang pertumbuhan cabang dan tunas muda, sehingga tumbuhan akan selalu Nampak segar dan sehat sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas,


Nah, itukah tadi 4 Cara Menanam Cemara Udang Dengan Stek daun dan perawatannya. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Cemara Udang Dengan Stek Dan Perawatannya"

Posting Komentar