Cara Gampang Menanam Pohon Ketapang

Ketapang merupakan flora pohon yang bisa tumbuh tinggi sehingga sering dijadikan flora perindang dan penyejuk.

Ketapang/katapang mempunyai nama latin Terminalia catappa. Pohon ini banyak dipilih untuk ditanam alasannya yaitu rindang. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menanam pohon ketapang dengan mudah. Berikut urainnya:



  • Jika Anda mempunyai benih (biji) ketapang, Anda bisa menanamnya dari biji. Anda bisa mendapat biji ketapang dari buah ketapang yang sudah tua. Belah buahnya kemudian ambil bijinya. Jemur di bawah terik sinar matahari selama lima hingga enam jam. Setelah itu Anda harus memindahkannya ke daerah teduh di dalam rumah selama 24 jam sebelum penanaman. Setelah itu, Anda bisa pribadi menanam biji ketapang di dalam pot/polibag.


Buah ketapang yang sudah kering diambil bijinya dan dijemur selama 24 jam, sebelum kesudahannya ditanam dalam pot/polibag.


  • Rawatlah semaian biji ketapang Anda hingga mempunyai tinggi sekitar 30 cm sebelum dipindahkan ke tanah. Asupan air dan sinar matahari yang cukup, sangat dibutuhkan dalam proses awal tumbuhnya biji ketapang ini.

  • Setelah ketapang Anda mempunyai tinggi 30 cm, Anda harus segera menyediakan lubang untuk penanaman secara permanen. Lubang yang dibutuhkan sekitar 40 cm x 40 cm. Kedalamannya pun sekitar 40 cm. Masukkan pupuk sangkar ke dalam lubang hingga menutupi setengah bagiannya. Lubang tersebut sebaiknya dibiarkan terbuka selama dua ahad sebelum dilakukan pemindahan tanaman.


Ilustrasi ketapang dalam polibag yang siap dipindahkan pada lubang tanah yang telah disiapkan sebelumnya.


  • Setelah dua minggu, pindahkanlah semaian ketapang Anda. Sebaiknya Anda menyobek polibag ketapang, daripada menarik batangnya yang masih rapuh. Masukkanlah flora beserta tanah semaiannya ke dalam lubang yang telah disediakan. Tutuplah sisa lubang dengan tanah. Tekan-tekanlah dengan lembut, kemudian siramlah flora ketapang Anda.


Jika flora Anda sudah mulai rindang dan rimbun, Anda bisa melaksanakan pemangkasan biar flora ketapang Anda tumbuh rapi dan tidak menghalangi pandangan. Siramlah secara teratur biar flora Anda tidak kekeringan, namun jangan juga terlalu basah. Anda perlu ingat bahwa flora ketapang yaitu pohon yang besar. Maka, Anda sebaiknya tidak menanam pohon ini di bersahabat bangunan, alasannya yaitu akarnya yang menjalar dan kokoh bisa merusak bangunan di sekitarnya.


Jika tertarik, kami juga mempunyai produk bibit flora ketapang, format order dengan cara klik disini.


Semoga isu ini bermanfaat bagi Anda. Selamat bercocok tanam 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Gampang Menanam Pohon Ketapang"

Posting Komentar