Berapa Jumlah Petak Pada Papan Catur Dan Berapa Jumlah Buah Catur?

Permainan catur yaitu permainan taktik yang mengandalkan kemampuan otak Berapa Jumlah Petak pada Papan Catur dan Berapa Jumlah Buah Catur?

Permainan catur yaitu permainan taktik yang mengandalkan kemampuan otak. Permainan ini sanggup dimainkan oleh orang pandai balig cukup akal maupun anak-anak. Meskipun tidak semua orang suka bermain catur, namun pada umumnya orang mengenal permainan ini dengan baik.

Untuk bermain catur hanya diharapkan sebuah papan catur beserta sejumlah buah catur. Papan catur biasanya berupa papan yang sanggup dilipat. Jika dilipat, papan catur ini sekaligus menjadi kotak penyimpanan buah catur. Saat dibentangkan, papan catur menyediakan bidang permainan catur berbentuk bujursangkar.

Papan catur klasik terbuat dari kayu. Papan catur modern sanggup terbuat dari papan, triplek, plastik, atau pelat logam. Buah catur klasik terbuat dari kayu yang diukir, hingga ketika ini masih terkenal disamping buah catur modern yang terbuat dari plastik. Pada beberapa set perlengkapan catur modern, papan catur dilapisi dengan pelat logam sedangkan buah catur diberi magnet tablet pada bab bawahnya. Biasanya buah catur yang diberi magneit terbuat dari plastik.

Berapa Jumlah Bujursangkar pada Papan Catur?
Papan catur terbagi menjadi beberapa bujursangkar berwarna hitam atau “dark” (gelap) dan putih atau “light” (terang) secara berselang-seling. Jumlah bujursangkar pada papan catur ada 64, terdiri dari 32 bujursangkar hitam dan 32 bujursangkar putih.  64 bujursangkar tersebut terdiri dari 8 baris atau “rank” dan 8 kolom atau “file”.

Permainan catur yaitu permainan taktik yang mengandalkan kemampuan otak Berapa Jumlah Petak pada Papan Catur dan Berapa Jumlah Buah Catur?

8 kolom diberi nama alfabet, dari kiri ke kanan masing-masing berjulukan kolom (file):  a, b, c, d, e, f, g, dan h. Sedangkan 8 baris diberi nama huruf, dari bawah ke atas masing-masing berjulukan baris (rank): 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.

Untuk memudahkan dalam mencatat posisi  bujursangkar, masing-masing bujursangkar mempunyai nama berbeda. Masing-masing bujursangkar diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Posisi d1 yaitu posisi bujursangkar kolom d baris 1. Demkian pula dengan posisi e4 yaitu posisi bujursangkar kolom e baris 4.

Berapa Jumlah Buah Catur?
Buah catur terdiri dari satu set buah catur hitam dan satu set buah catur putih. Satu set buah catur hitam ada 16 buah, dan satu set buah catur putih ada 16 buah. Sehingga keseluruhan buah catur ada 32 buah.

Satu set buah catur (yang sewarna) terdiri dari:
1 Raja (King)
1 Ratu (Queen)
2 Menteri (Bishop)
2 Kuda (Knight)
2 Benteng (Rook)
8 Pion (Pawn)

Karakter Masing-Masing Buah Catur
Permainan catur yaitu permainan taktik yang mengandalkan kemampuan otak Berapa Jumlah Petak pada Papan Catur dan Berapa Jumlah Buah Catur?

Raja (King)
Raja mempunyai postur paling tinggi. Raja sanggup bergerak ke mana saja (depan, belakang, kiri, kanan, serong), tetapi hanya 1 langkah. Jika raja mati, maka permainan berakhir. Oleh alasannya yaitu itu sedapat mungkin pemain harus menghindari raja dari bahaya “skak” (check) dari buah catur lawan.

Ratu (Queen)
Ratu juga terkenal dengan sebutan ster. Ratu mempunyai postur yang sama tingginya dengan raja. Ratu sanggup bergerak ke mana saja (depan, belakang, kiri, kanan, serong) dengan jumlah langkah bebas, selagi tidak ada yang menghalangi.

Menteri (Bishop)
Nama lain dari menteri yaitu lajuk, gajah, atau peluncur. Bergeraknya menteri dalam jumlah langkah bebas tetapi hanya diagonal. Menteri di kotak putih hanya bisa menjelajah sepanjang diagonal kotak putih, dan menteri di kotak hitam hanya bisa menjelajah sepanjang diagonal kotak hitam.

Kuda (Knight)
Kuda mempunyai cara melangkah yang paling unik. Kuda bergerak dalam bentu letter-L dengan langkah 2-3 (2 petak menyamping + 3 petak maju/mundur) atau langkah 3-2 (3 petak menyamping + dua petak maju/mundur). Hebatnya lagi kuda bisa melompati buah catur lainnya.

Benteng (Rook)
Benteng hanya sanggup bergerak menyamping atau maju/mundur (tidak bisa serong) dengan jumlah langkah bebas. Istimewanya benteng ini sanggup menempati posisi raja dengan menggeser posisi raja (dengan syarat tertentu), langkah ini disebut lukir atau blokir (castling).

Pion (Pawan)
Jumlah pion paling banyak yaitu 8 buah. Pion disebut juga bidak, prajurit, atau askar. Pion hanya sanggup melangkah satu langkah ke depan (kecuali pada langkah pertama, bisa 2 langkah ke depan). Pion hanya sanggup “memakan” buah buah catur lawan dengan gerakan serong satu langkah ke depan.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Jumlah Petak Pada Papan Catur Dan Berapa Jumlah Buah Catur?"

Posting Komentar