Belajar Menanam Bunga Gaillardia

Jika Anda mencari tumbuhan yang selalu mekar (masa bermekarnya lama), bunga gaillardia ialah pilihan yang tepat. Gaillardia/bunga selimut (Gaillardia x grandiflora) ialah bunga yang mirip bunga daisy. Bunga gaillardia sangat mengundang kupu-kupu penghisap nektar.


Gaillardia mempunyai bunga yang sanggup mekar dalam jangka waktu yang usang dan tumbuh lebat.

Tanaman ini mempunyai daun berbulu, tipis, dan berwarna hijau keabuan. Bunga mekarnya mempunyai mahkota bunga berwarna kuning, anggur merah, oranye, atau warna ibarat buah persik (peach), atau sanggup juga kombinasi warna merah atau oranye dengan kuning. Mahkota bunganya berumbai-rumbai.


Tinggi tumbuhan ini sekitar 25-30 cm untuk jenis gaillardia yang kerdil, sedangkan untuk jenis gaillardia yang lainnya sanggup mencapai tinggi 60-75 cm. Tanaman gaillardia ini ialah tumbuhan yang sangat gampang dipelihara. Gangguan serangga dan penyakitnya pun sangat sedikit.


Berikut ini ialah beberapa jenis gaillardia yang sanggup Anda pilih untuk ditanam di rumah:


Gaillardia x grandiflora:



  1. Gaillardia ‘Matahari Arizona’ tingginya sekitar 20-25 cm. Warna bunganya oranye-merah dan terang.

  2. Gaillardia ‘Terompet’ bentuknya tak biasa. Mahkota bunganya berbentuk terompet warnanya merah dan kuning. Tingginya sanggup mencapai 35 cm.

  3. Gaillardia ‘Tokajer’ bunganya berwarna selai jeruk dan ujungnya berwarna persik. Tingginya sanggup mencapai 60 cm. Sehingga beberapa jenisnya memerlukan penyangga semoga tidak jatuh.

  4. Gaillardia ‘Burgundi’ bunganya sangatlah lebar, sekitar 8 cm. Warna bunganya mirip anggur merah. Tinggi tanamannya sanggup mencapai 75 cm.

  5. Gaillardia ‘Jeruk dan Lemon’ jenis ini mempunyai bunga yang warnanya jauh lebih lembut dibandingkan jenis yang lain. Tingginya sanggup mencapai 60 cm.


Ilustrasi benih gaillardia. Ukurannya kecil dan mempunyai bulu-bulu halus.

Cara menanam tumbuhan gaillardia ini ialah dari biji. Tanamlah biji dalam pot di dalam ruangan. Pindahkan kalau tanamannya sudah cukup besar lengan berkuasa untuk mendapatkan angin dan terik matahari langsung. Selain menanam di dalam pot, Anda juga sanggup menanamnya eksklusif di atas tanah.


Tanaman gaillardia yang telah tumbuh 2-3 daun siap dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar atau sanggup juga eksklusif ditanam di tanah.


  • Bunga Gaillardia membutuhkan sinar matahari yang penuh sepanjang hari. Selain itu, drainasenya pun harus baik semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan leluasa. Gaillardia menyukai media tanam berpasir yang tidak kelebihan pupuk. Keasaman pH yang disukainya ialah mendekati netral. Tanaman ini sangat bertoleransi dengan media tanam yang kering.

  • Beri jarak tiap tumbuhan gaillardia kerdil sekitar 30 cm. Jika Anda menanam jenis yang sanggup tumbuh besar, beri jarak sekitar 45 cm setiap tanaman. Jika Anda hendak memindahkannya dari dalam pot ke tanah, gemburkan tanah kemudian gali sedalam 30-40 cm. Campurkan kompos setebal 5-10 cm ke dalam lubang. Diameter lubang tanah dikala digali sebaiknya dua kali diameter pot. Dengan hati-hati, pindahkan gaillardia Anda dari pot ke tanah. Lalu kubur kembali sisa lubangnya. Tekan-tekan tanah dengan lembut kemudian siram.

  • Ujung tumbuhan yang mati biasanya mengundang banyak bunga gres untuk muncul. Bunga gaillardia umumnya berumur pendek. Siramlah secara teratur. Tanaman ini hanya mempunyai sedikit gangguan hama atau penyakit. Berhati-hatilah dengan kumbang penghisap dan serangga (leafhoppers) yang sanggup mengembangkan virus ibarat penyakit berjulukan ‘aster yellows’. Kontrol serangga memakai sabun pembunuh serangga atau gunting tumbuhan yang terserang ‘aster yellows’ ini.


Gillardia dalam pot yang telah berbunga dan tumbuh subur alasannya ialah perawatan yang tepat.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai bunga selimut atau gaillardia ini. Yuk buruan order produk benih Gillardia, dengan klik disini.


Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Belajar Menanam Bunga Gaillardia"

Posting Komentar