Mengenali Jenis-Jenis Risiko Bank (Perbankan)

Bank ialah kemudahan sekaligus wadah untuk acara kredit dan menabung. Bank  saat ini sudah menjamur dimana-mana dan tentunya menawarkan dampak yang luar biasa bagi masyarakat. Namun, dalam menentukan perbankan terutama produk-produk perbankan, anda harus mengenali jenis-jenis risiko bank (perbankan).  

1. Risiko kredit

Risiko kredit merupakan risiko yang timbul jawaban kegagalan counterparty memenuhi kewajibannya.

2. Risiko Pasar

Risiko pasar merupakan risiko yang timbul lantaran adanya pergerakan variabel pasar dari portofolio bank yang sanggup merugikan bank.

3. Risiko likuiditas

Risiko likuiditas merupakan risiko di mana pihak perbankan tidak bisa memenuhi kewajiban yang telah jatuh tempo. Risiko ini benar2 berbahaya dan bisa sangat merugikan para nasabahnya. 

4. Risiko operasional

Risiko ini merupakan risiko yang antara lain disebabkan lantaran adanya ketidakcukupan dan atau tidak berfungsinya proses internal, kesalahan manusia, kegagalan sistem atau adanya masalah eksternal yang mempengaruhi operasional bank.  

5. Risiko hukum

Risiko ini disebabkan oleh adanya kelemahan aspek yuridis. Kelemahan yuridis yang dimaksud antara lain disebabkan lantaran adanya tuntutan hukum, ketiadaan peraturan perundang-udangan yang mendukung atau kelemahan perikatan, menyerupai tidak dipenuhi syarat sahnya kontrak. 

6. Risiko reputasi

Risiko ini disebabkan antara lain lantaran adanya publikasi negatif yang terkait dengan acara perjuangan bank atau persepsi negatif terhadap bank. 

7. Risiko strategik 

Risiko ini antara lain disebabkan lantaran penetapan dan pelaksanaan seni administrasi bank yang tidak tepat, pengambilan keputusan bisnis yang tidak tepat, atau kurang responnya bank terhadap perubahan eksternal. 

8. Risiko kepatuhan

Risiko ini disebabkan lantaran bank tidak mematuhi atau tidak melakukan peraturan perundang-udangan dan ketentuan lain yang berlaku.

$$$$$$$$$$$$$$$$

Nah, sekarang anda sudah mengetahui jenis-jenis risiko yang berpotensi dihadapi oleh perbankan. Risiko-risiko ini, terutama risiko likuiditas, risiko strategik, risiko kepatuhan, risiko hukum. Oleh lantaran itu, dalam menentukan bank dan produk-produk perbankan, anda harus akil untuk melihat track record perbankan tersebut. Jangan hingga dana yang sudah anda kumpulkan hilang begitu saja lantaran ketidak tahuan mengenai risiko bank. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenali Jenis-Jenis Risiko Bank (Perbankan)"

Posting Komentar