Bagian - Bab Sel Serta Fungsinya

Bagian - bab Sel serta Fungsinya - Selamat malam adik – adik semua, bertemu lagi dengan mimin yang sudah usang tidak menawarkan bahan kepada kalian semua, maklum, lagi sibuk. Hehe, namun kali ini saya akan menawarkan kepada kalian semua bahan ihwal biologi nih. Lumayan kan yang lagi pada mencar ilmu malam hari ini, dan bahan kita pada malam hari ini tidak jauh – jauh dari bahan yang kalian pelajari di sekolah. Organel sel yang akan kita pelajarin pada malam hari ini. Kalian niscaya sudah pernah mendengarnya bukan? Jika belum, ikuti saja bahan dari blog ini.

 bertemu lagi dengan mimin yang sudah usang tidak menawarkan bahan kepada kalian semua Bagian - bab Sel serta Fungsinya
Google Image - Bagian - bab Sel serta Fungsinya


Bagian - Bagian Sel - Sel merupakan suatu bab dari makhluk hidup yang mempunyai fungsi tertentu. Suatu sel baik itu sel tumbuhan ataupun binatang mempunyai organel – organel sel masing – masing. Tentu saja diantara keduanya mempunyai fungsi yang berbeda antara satu sama lain. Saya akan menjelaskan macam  macam organel sel pada adik – adik semua. Untuk itu, perhatikan dengan baik bahan berikut ini.

Bagian – bab Sel beserta Fungsinya

1. Membran Plasma

Membran plasma merupakan lapisan terluar yang membatasi antara sitoplasma dengan lingkungan sekitar. Pada sel tumbuhan, membran plasma terdapat diatara cairan sitoplasma dengan dinding sel. Membran plasma ini terdiri dari lipid dan protein yang tersebar tidak merata.

Fungsi membran sel ini antara lain:

a. Sebagai pemisah antara bab dalam sel dengan lingkungan
b. Sebagai pelindung bab dalam sel biar tidak keluar
c. Sebagai reseptor dari lingkungan
d. Dan sebagai pengatur kemudian lintas yang terjadi pada sel alasannya sifatnya yaitu selektif permeabel.

2. Organel Sel

Merupakan suatu organ – organ kecil yang terdapat di dalam sel yang mempunyai struktur khusus biar keteraturan kegiatan sel sanggup terjaga. Ada beberapa organel – organel yang terdapat pada sel, diantaranya:

a. Nukleus

Nukleus atau yang kita kenal dengan inti sel merupakan bab tebesar yang terdapat didalam suatu sel. Pada umumnya, suatu sel mempunyai satu nukleus. Namun ada pula yang mempunyai dua. Fungsi dari inti sel sudah terang yaitu sebagai otak dari berjalannya suatu kegiatan pada sel.

b. Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum Endoplasma merupakan tumpukkan suatu rongga yang tersusun sejajar sehingga membentuk suatu sistem pada sitoplasma. RE terdapat dua jenis yaitu RE halus dan RE kasar. Yang membedakan diantara keduanya yaitu terdapat atau tidaknya suatu ribosom pada permukaannya. Dikatakan RE halus apabila pada permukaan RE tidak terdapat ribosom, dan dikatakan RE bernafsu apabila terdapat ribosom pada permukaannya.

Fungsi RE:

Berperan dalam pembuatan lemak dan steroid.
Membran yang terdapat ribosom pada permukaannya berperan dalam pembuatan protein.

c. Ribosom

Ribosom merupakan suatu organel yang tersusun dari nukleoprotein. Nukleoprotein merupakan senyawa protein dengan RNA. Ribosom terdapat pada membran RE dan juga tersebar pada cairan sel(sitosol). Ribosom berfungsi sebagai sintesis protein.

d. Badan Mikro

Badan mikro merupakan suatu organel sel yang terdiri dari selapis membran dan tidak mempunyai struktur dalam. Badan mikro terdapat dua macam, yaitu:
Glioksisom
Glioksisom berperan dalam penghasil enzim katalase yang berperan dalam penguraian karbohidrat.
Peroksisom
Merupakan penghasil enzim metabolisme. Enzim yang dihasilkan berperan untuk menguraikan racun pada sel binatang maupun tumbuhan menjadi tidak beracun.

e. Badan Golgi

Merupakan organel yang tersun dari kantung – kantung pipih dan pada bab tepinya terdapat vesikula (gelembung). Badan golgi ini terdapat pada sitoplasma.
Fungsi dari tubuh golgi yaitu mensintesis polisakarida. Selain itu, berfungsi sebagai penghasil enzim pencernaan dan penghasil lisosom.

f. Lisosom

Merupakan suatu organel yang dihasilkan oleh tubuh golgi. Organel ini terdapat pada sitoplasma dengan jumlah yang banyak.
Lisosom mengandung beberapa enzim menyerupai lipase, fosfatase, dan protase yang berperan dalam pencernaan intraseluler untuk menguraikan substansi dalam sel.

Fungsi Lisosom:

Eksositosis.
Autofagosit, peleburan struktur – struktur yang tidak diinginkan dalam sel.
Autolisis, penghancuran diri sel dengan cara membebaskan seluruh isi lisosom.
Mencerna substansi dalam sel.

g. Mitokondria

Merupakan organel yang berbentuk batang, bundar atau oval. Fungsi dari mitokondria yaitu kawasan berlangsungnya dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs dan transfer elektron.

h. Mikrotubulus

Merupakan organel sel yang berbentuk silinder dan tidak bercabang. Mikrotubulus berfungsi seagai kerangka sel alasannya sifatnya yang kaku yang sanggup mempertahankan bentuk suatu sel. Selain itu, mikrotubulus berfungsi membantu transportasi zat.

i. Mirofilamen

Merupakan organel sel yangberfungsi sebagai rangka sel dan berperan pada endositosis dan eksositosis.

j. Entrosom

Merupakan organel sel yang berfungsi untuk mengatur gerakan kromosom dalam proses pembelahan sel.


Bagian - bab Sel serta Fungsinya - Inilah yang sanggup saya sampaikan kepada kalian semua, saya harap kalian semua sanggup mengambil ilmu yang telah saya bagikan kepada kalian semua. Jangan pernah bosan ya untuk membaca bahan – bahan dari blog ini. Ikuti saja alasannya saya akan menawarkan bahan yang kalian inginkan. semoga bab - bab sel serta fungsinya sanggup membantu kalian semua Terimakasih.


Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bagian - Bab Sel Serta Fungsinya"

Posting Komentar