√ Arti Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara Dan Fungsinya

Pancasila sebagi dasar Negara maupun pancasila sebagai ideologi Negara merupakan 5 poin yang dijadikan dasar Negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, baik penegakan hukum, beragama, dan tolong menolong antar warga ngara. Lambang negara ini sudah usang bangun dengan prinsip- prinsipnya. Dengan adanya ideologi bangsa, sebuah negara akan bisa berdaulat dan bangun secara mandiri. Lalu apakah gotong royong maksud dan definisi pancasila sebagai dasar negara ? Berikut maksud dan pengertiannya yang dipaparkan oleh para tokoh pendiri bangsa.


Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli :



  • Ir. Soekarno

    Pengertian pancasila berdasarkan Ir. Soekarno yaitu isi yang ada di dalam jiwa bangsa indonesia semenjak turun menurun dan semenjak usang terpendam bisu alasannya yaitu kebudayaan barat. Selain itu pancasila tidak hanya sebagai falsafah Negara melainkan lebih luas yaitu falsafah Bangsa indonesia.

  • Muhammad Yamin

    Pengertian pancasila berdasarkan Muhammad Yamin berasal dari bahasa sansekerta yang berarti lima dasar atau sebuah peraturan tingkah laris yang penting dan baik.

  • Notonegoro

    Pengertian pancasila berdasarkan Notonegoro yaitu dasar falsafah Negara insonesia. Dengan kata lain pancasila sebagai ideologi Negara menimbulkan pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai satu dasar kesatuan.


 maupun pancasila sebagai ideologi Negara merupakan  √ Arti Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara dan Fungsinya


Dari beberapa klarifikasi di atas sanggup di tarik kesimpulan bahwa pengertian pancasila yaitu sebagai dasar Negara Indonesia untuk mengatur jalannya pemerintahan Negara Indonesia semoga berpegang teguh pada kesatuan. Pancasila mempunyai 5 isi dan makna disetiap poinnya sebagai berikut.


5 Isi dan Makna Pancasila Sebagai Idelogi Negara :


1. isi pancasila yang pertama yaitu ketuhanan yang maha esa.

Pada isi pertama ini terdapat makna pancasila bahwa adanya bentuk keyakinan atau legalisasi bahwa hanya dewa yang maha esa yang berkuasa, setiap warga Negara indonesia berhak menentukan dalam memeluk dan beribadah berdasarkan doktrin agamanya masing-masing, akan menjamin pekembangan pedoman masing-masing.


2. isi pancasila yang kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pada isi kedua terdapat makna pancasila bahwa akan menunjukkan hak dan kewajiban kepada masyarakatnya bebas mengutarakan pendapatnya, kemerdekaan yaitu hak semua warga Negara oleh alasannya yaitu itu seluruh warga Negara berhak mendapat keamanan dalam kehidupan.


3. Isi pancasila yang ketiga yaitu persatuan Indonesia.

Pada isi ketiga terdapat makna pancasila bahwa setiap warga Negara wajib mempunyai rasa nasionalisme, harus menjunjung tinggi persatuaan dan kesatuan bangsa Indonesia, setiap warga Negara harus mempunyai rasa tolong menolong sesame warga Negara, tidak adanya perbedaan atau deskriminasi budaya dan suku.


4. isi pancasila yang keempat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh himat kecerdikan dalam permusyawaratan perwakilan.

Pada isi keempat terdapat makna pancasila bahwa Negara Indonesia mengunakan sistim domokrasi, permusyawaratan selalu digunakan dalam setiap pengambilan keputusan dan disetujui bersama


5. isi pancasila yang kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada isi kelima terdapat makna pancasila bahwa setiap warga Negara berhak mendapat kemakmran dan kesejahteraa, saling menunjukkan perlindungkan kepada yang lemah, seluruh kekayaan indinesia di pergunakan dengan baik untuk kebahagian dan kepentingan bersama.


Berdasarkan kedudukan pancasila sebagai dasar Negara , ada beberapa fungsi pancasila. Diantaranya yaitu sebagai berikut.


Fungsi Pancasila :



  1. Fungsi pancasila menjadi sumber dari segala sumber hokum di Indonesia.

  2. Suasana kebatian dari UUD.

  3. Penyemangat bagi UUD, pemerintah, dan MPR dengan ketetapan No. XVIIV MPR/1998

  4. Mengembalikan kedudukan pancasila sebagai dasar Negara RI.

  5. Memiliki norma yang harus dipegang teguh oleh pemerintahan dan penyelenggara untuk impian moral seluruh rakyat.

  6. Sebagai impian hokum bagi aturan dasar Negara Indonesia.


Baca juga : Pengertian Demokrasi


Tak banyak ulasan mengenai pancasila sebagai dasar Negara dan fungsinya. Semoga sanggup membantu dan mempermudah pengetahuan sejarah. Dan harapan kami semoga Indonesia bisa semakin maju, makmur. Para pemimpin penerus bedebah bisa benar- benar jujur, adil, dan anti korupsi.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Arti Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Negara Dan Fungsinya"

Posting Komentar