7 Tips Mengamankan Router Wifi Dari Serangan Cyber

Apakah router Wi-Fi kau sudah kondusif dari serangan cyber? Apakah kau sudah mengamankan router rumah kau dari h4ck3r? Jika belum, maka artikel ini perlu kau baca hingga tuntas. Pembahasan kali ini akan mengulas beberapa tips untuk melindungi router Wi-fi dari serangan cyber. Simak pembahasannya di bawah ini.


7 Cara Mengamankan Router Wi-Fi


Apapun model dan merek router yang kau gunakan di rumah atau di kantor, luangkan waktu untuk menganalisa bagaimana alat tersebut beroperasi dan pastikan tujuh poin berikut sudah diterapkan biar router wifi kau kondusif dari serangan cyber. Ketahui juga cara mempercepat koneksi internet WiFi di rumah kamu.


Ubah Kata Sandi Router


Merupakan kelalaian yang fatal jikaa tidak mengubah password router bawaan ketika gres membelinya dari toko. Jadi, kita harus mengubah nama pengguna atau id dan kata sandi  router baru. Karena bila tidak, password default di router kau sanggup ditemukan orang dengan gampang hanya dengan melaksanakan pencarian di Internet. Jangan lupa juga bahwa password router haruslah berpengaruh dan karakternya panjang dengan mengkombinasikan karakter besar dan kecil, tambahkan angka, simbol dan tidak menyertakan gosip langsung menyerupai nama kamu, nama anggota keluarga lain atau tanggal lahir.


Gunakan Enkripsi yang Kuat di Jaringan Wi-Fi


Kebanyakan orang biasanya memakai router sebagai hotspot Wi-Fi untuk menghubungkan gadget, laptop atau PC desktop secara nirkabel di rumah. Oleh alasannya yakni itu, sangat penting untuk menentukan jenis enkripsi yang menjamin tingkat keamanan cyber yang tinggi. ESET merekomendasikan biar menolak modalitas sebagai WEP, alasannya yakni tipe tersebut akan mengekspos router kau ke peretas dan menentukan enkripsi yang lebih kondusif sebagai WPA2, mengamankannya dengan kata sandi yang kuat.


Jangan Menyiarkan Jaringan Internet Kamu ke Publik


Registrasi WiFi dikenal dengan SSID dan dikonfigurasi secara default oleh pabrikan produsen WiFi tersebut. Nah, SSID tersebut sanggup dipakai untuk mengidentifikasi model router tertentu dan penyedia Internet apa yang digunakan. Informasi tersebut dipakai penyerang cyber untuk mengetahui kerentanan apa yang cocok dipakai untuk menyerang keamanan perangkat dan mengakses jaringan WiFi. ESET menyarankan pengguna untuk mengubah SSID router dengan pilihan yang lain dan menyembunyikannya. Sehingga tidak terlihat oleh perangkat apapun yang mencari jaringan Wi-Fi untuk terhubung. Dengan cara ini, pilihlah konfigurasi koneksi secara manual di semua gadget yang gunakan.


Nonaktifkan Kayanan dan Fitur yang Tidak Digunakan


Sangat dianjurkan biar menonaktifkan semua fungsi yang tidak sedanga dipakai dan memakai teknik pemindaian untuk menentukan port dan layanan mana yang terbuka. Tidak disarankan untuk mengizinkan perangkat terhubung dengan gampang ke jaringan nirkabel memakai fungsi WPS tanpa mengetahui kata sandi Wi-Fi. Karena fungsi tersebut memungkinkan h4ck3r mengeksploitasi kelemahan dalam implementasi WPS. Bagus juga meningkatkan keamanan dengan menonaktifkan manajemen jarak jauh bila kau tidak memakai WiFi dari luar rumah atau kantor, serta menyelidiki bahwa layanan manajemen dilakukan pada protokol yang kondusif menyerupai SSH atau HTTPS.


Pisahkan Perangkat


Manfaatkanlah fungsi yang disediakan oleh router modern dan buatlah jaringan yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. Sehingga menciptakan perangkat yang paling sensitif tidak terekspos. Manfaatkan juga fungsi firewall yang memungkinkan kau menganalisis kemudian lintas keluar masuk perangkat dan menentukan koneksi mana yang diizinkan dan mana yang tidak diizinkan. Opsi lain yang anggun untuk keamanan WiFi, kau sanggup memisahkan perangkat yang sensitif dari perangkat yang lain atau menentukan perangkat mana yang ingin kau bagikan ketika ada tamu di rumah dan mana yang harus terisolasi. Misalnya memisahkan konsol game dan PC dari perangkat terkecil lain yang terhubung ke jaringan.


Amati Perangkat Mana yang Terhubung ke Jaringan WiFi Kamu


Untuk mendeteksi sikap ajaib atau koneksi yang mengganggu, perlu mengetahu seberapa banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi kamu. Mengamatinya sanggup dengan mengidentifikasi peralatan, menciptakan nama khusus untuk setiap perangkat dan memonitor jaringan internet di rumah atau kantor kau secara berkala. Selain itu, disarankan biar menyelidiki apakah router sudah diperbarui dengan benar atau masih terdapat kerentanan. Baca juga artikel lain mengenai penguat sinya WiFi terbaik biar koneksi jaringan di rumah atau kantor kau cepat.


Perbarui Firmware


Perlu diingat bahwa router yang kau gunakan mempunyai sistem operasi tersendiri. Jadi, perlu juga memperbarui atau mengupdate nya secara terjadwal demi memperbaiki bug dan kerentanan yang mungkin ada di versi lama. Di sisi lain, ingat juga biar menyelidiki situs web produsen router kau secara teratur untuk mencari apakah ada pembaruan firmware untuk versi router yang kau gunakan. Jika kau terlanjur menginstal firmware yang rentan, pilihlah salah satu firmware open source yang tersedia, yang juga sanggup menunjukkan fungsi komplemen ke router yang kau gunakan.


Demikianlah tujuh cara yang sanggup mengamankan router WiFi yang kita gunakan di rumah atau di kantor. Mengamankan router WiFi mempunyai kegunaan untuk mencegah peretasan atau banyak sekali serangan cyber. Semoga artikel ini membantu untuk mengamankan router yang kau pakai. Jika kau menghadapi dilema lain, silahkan berkompentar di kotak komentar di bawah ini.


Apakah kau juga tahu titik keamanan router yang lain untuk ditambahkan ke artikel ini? Jika adam silahkan bagikan juga kepada pembaca kami di kolom komentar di bawah ini.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Tips Mengamankan Router Wifi Dari Serangan Cyber"

Posting Komentar