Teleskop Eso Tangkap Gambaran Gres Ngc 1316 Dan Ngc 1317

 Ini ialah gambar gres yang diambil oleh teleskop MPG Teleskop ESO Tangkap Citra Baru NGC 1316 Dan NGC 1317
NGC 1316 Dan NGC 1317 yang lebih kecil

AstroNesia Ini ialah gambar gres yang diambil oleh teleskop MPG/ESO 2.2-meter di La Silla Observatory di Chile yang menunjukkan dua galaksi kontras: NGC 1316, dan tetangganya yang lebih kecil NGC 1317.

Galaksi ini sangat berdekatan ,tetapi mereka memiliki sejarah yang sangat berbeda. Galaksi spiral NGC 1317 yang kecil menjalani kehidupannya dengan lancar, tapi NGC 1316 telah menelan beberapa galaksi lain dalam sejarah hidupnya dan menunjukkan bekas luka pertempuran itu.

Beberapa petunjuk dalam struktur NGC 1316 mengungkapkan bahwa masa lalu galaksi ini keras. Misalnya, memiliki beberapa jalur debu yang tidak biasa tertanam dalam amplop yang jauh lebih besar dari bintang dan populasi gugus bola yang sangat kecil. Ini menawarkan bahwa NGC 1316 mungkin sudah menelan galaksi spiral yang kaya debu-sekitar tiga miliar tahun lalu. 



Juga terlihat di sekitar NGC 1316 adalah ekor pasang surut yang sangat samar - gumpalan dan cangkang dari bintang yang telah robek dari lokasi asli mereka dan melemparkannya ke dalam ruang intergalaksi. Fitur-fitur ini diproduksi oleh efek gravitasi kompleks pada orbit bintang ketika galaksi lain datang terlalu dekat. Semua tanda-tanda ini menunjukkan masa lalu yang keras selama NGC 1316 mencaplok galaksi lain.

 NGC 1316 terletak sekitar 60 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Fornax.Galaksi ini juga dikenal sebagai Fornax A,mencerminkan fakta bahwa objek ini ialah sumber terang emisi radio di konstelasi Fornax (galaksi ini juga merupakan sumber emisi radio terperinci ke 4 di seluruh langit). Emisi radio ini didorong oleh materi yang jatuh ke dalam lubang hitam supermasif di pusat galaksi dan mungkin telah disediakan bahan bakar ekstra oleh interaksi dengan galaksi lain.

Jangan lupa follow twitter kami di @Berita_astronomi
Sumber http://astronesia.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Teleskop Eso Tangkap Gambaran Gres Ngc 1316 Dan Ngc 1317"

Posting Komentar