Contoh Penyajian Laporan Neraca

Dalam menyusun laporan keuangan neraca / laporan posisi keuangan, seseorang dihadapkan pada penyajian laporan keuangan yang harus menggambarkan kondisi aset dan kondisi kesehatan perusahaan yang sesungguhnya. Laporan neraca bekerjsama sangat berkaitan dengan persamaan akuntansi. Jika anda belum tahu apa itu persamaan akuntansi, silahkan baca: Persamaan Dasar Akuntansi. 

Dengan kata lain, laporan neraca berisi ihwal aset (harta / aktiva), utang dan posisi ekuitas (modal) suatu perusahaan. Dalam menciptakan laporan neraca, ada 2 bentuk neraca, yaitu sebagai berikut: 

1. Laporan neraca bentuk skontro / rekening / bentuk t account


Laporan Neraca Bentuk Skontro

Laporan neraca bentuk skontro disebut juga bentuk t account alasannya ialah bentuk skontro ini kalau anda lihat diatas menyerupai abjad T, di mana nilai aktiva diletakkan di sebelah kiri, sedangkan pasiva (utang dan modal) diletakkan di sebelah kanan.  

2. Laporan Neraca Bentuk Stafel / bentuk laporan 


Laporan Neraca Bentuk Stafel

Sedangkan pada laporan neraca bentuk stafel, penyajian neraca diurutkan mulai dari aktiva kemudian kewajiban dan modal, dalam satu bentuk memanjang, sehingga laporan neraca bentuk stafel seringkali kita sebut sebagai bentuk laporan. Pada perusahaan2 go public, laporan neraca bentuk stafel inilah yang selalu digunakan.

Itulah pola penyajian laporan neraca. Semoga sanggup membantu anda dalam menyajikan laporan neraca. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Penyajian Laporan Neraca"

Posting Komentar