Tangga Satuan Liter

 benda sanggup dinyatakan dalam banyak sekali satuan volume ibarat meter kubik Tangga Satuan LiterBesaran volume (isi) benda sanggup dinyatakan dalam banyak sekali satuan volume ibarat meter kubik, liter, kaki kubik, gallon, dan lain sebagainya. Satuan volume dalam sistem internasional (SI) ialah meter kubik. Memahami wacana satuan volume sanggup membantu kita memperkirakan jumlah volume benda dalam suatu ruang atau wadah. Kita akan lebih gampang membayangkan seberapa banyak air 1 liter daripada membayangkan seberapa banyak air 1 gayung.

Meskipun satuan liter bukan merupakan satuan SI tetapi sangat terkenal dan banyak dipakai sebagai satuan volume. Satuan liter mempunyai kesetaraan pribadi dengan satuan SI yaitu 1 liter sama dengan 1 decimeter kubik. Satuan liter biasanya lebih terkenal dipakai untuk menyatakan volume benda cair, benda gas, dan benda padat dalam bentuk butiran (beras, jagung, pupuk, dsb).

Tangga konversi satuan volume berbasis liter atau yang biasa disebut tangga satuan liter ialah grafik yang mengatakan urutan satuan volume berbasis liter secara bertingkat. Tangga konversi satuan liter ini sangat bermanfaat untuk memudahkan pemahaman wacana relasi antara satuan-satuan volume berbasis liter.

Konversi Satuan Volume
Konversi satuan ialah mengubah dari sebuah satuan ke satuan lainnya. Ada beberapa satuan volume yang berbeda yang berbasis liter antara lain kiloliter, hektoliter, dekaliter, deciliter, centiliter, milliliter, dan lain sebagainya. Kalau kita membeli BBM (bahan bakar minyak) contohnya minyak solar maka volumenya dinyatakan dalam liter. Obat-obat cair contohnya sirup obat batuk dinyatakan dalam satuan milliliter. Mengubah dari satuan dari liter ke milliliter atau sebaliknya disebut konversi satuan.

Konversi satuan biasanya dilakukan untuk menyederhanakan satuan, contohnya angka yang besar disederhanakan dengan memakai satuan yang lebih besar. Contohnya 2.000 liter air disederhanakan menjadi 2 kiloliter air. Konversi satuan juga dilakukan untuk mengikuti satuan standar. Selain itu konversi satuan juga dilakukan supaya lebih gampang dipahami, contohnya orang akan lebih gampang membayangkan sejumlah 1/2 liter air daripada 50 deciliter air padahal volumenya sama.

Manfaat Tangga Konversi Satuan Liter
Tangga konversi satuan liter sanggup membantu mempermudah pemahaman mengenai satuan satuan volume berbasis liter. Berikut ini beberapa manfaat tangga konversi satuan liter.
1. Menunjukkan nama-nama satuan volume berbasis liter
2. Menunjukkan urutan satuan volume berbasis liter
3. Menunjukkan faktor konversi (faktor pengali) satuan volume berbasis liter
4. Menjadi rujukan dalam konversi satuan volume berbasis liter

Simbol-Simbol Satuan Volume Berbasis Liter
Satuan volume (satuan isi) biasa ditulis memakai simbol satuan. Simbol satuan volume berbasis liter merupakan akronim huruf-huruf pada satuan tersebut. Simbol-simbol tersebut antara lain sebagai berikut.
kl = kiloliter
hl = hektoliter
dal = dekaliter
l = liter
dl = deciliter
cl = centiliter
ml = milliliter

Tangga Konversi Satuan Liter

 benda sanggup dinyatakan dalam banyak sekali satuan volume ibarat meter kubik Tangga Satuan Liter

Tangga konversi satuan liter berisi urutan satuan liter secara berurutan dengan faktor konversi 10. Faktor konversi satuan liter ialah sebagai berikut.
1 kl = 10 hl
1 hl= 10 dal
1 dal = 10 l
1 l = 10 dl
1 dl = 10 cl
1 cl = 10 ml

Cara Menggunakan Tangga Satuan Liter
Berikut ini cara memakai tangga satuan liter.

  1. Satuan volume berbasis liter paling besar berada di posisi paling atas. Satuan volume berbasis liter paling kecil berada di posisi paling bawah.
  2. Konversi ke satuan yang lebih tinggi satu tingkat, dibagi 10. Konversi ke satuan yang lebih rendah satu tingkat, dikali 10.
  3. Konversi ke satuan yang lebih tinggi dua tingkat, dibagi 10 dua kali (dibagi 100). Konversi ke satuan yang lebih rendah dua tingkat, dikali 10 dua kali (dikali 100).
  4. Konversi ke satuan yang lebih tinggi tiga tingkat, dibagi 10 tiga kali (dibagi 1.000). Konversi ke satuan yang lebih rendah tiga tingkat, dikali 10 tiga kali (dikali 1.000).
  5. Dan seterusnya.

Contoh Cara Menggunakan Tangga Satuan Liter
Berikut beberapa rujukan soal cara mengubah satuan volume memakai tangga konversi satuan liter.

Contoh Soal 1
Soal: Sebuah truk tangki mengangkut 5 kiloliter minyak solar. Berapa liter minyak solar yang diangkut oleh truk tangki tersebut?
Jawab:

 benda sanggup dinyatakan dalam banyak sekali satuan volume ibarat meter kubik Tangga Satuan Liter

1 kl = 1.000 l
5 kl = 5 x 1.000 l = 5.000 l
Makara minyak solar yang diangkut truk tangki tersebut ialah 5.000 liter

Contoh Soal 2
Soal: Diketahui satu botol air mineral berisi 600 ml. Berapa volume air mineral dalam botol tersebut dalam liter?
Jawab:

 benda sanggup dinyatakan dalam banyak sekali satuan volume ibarat meter kubik Tangga Satuan Liter

1 ml = 1:1.000 ml
600 ml = 600:1.000 l = 0,6 l
Makara volume air mineral dalam botol tersebut ialah 0,6 liter

Contoh Soal 3
Soal: Diketahui 1 kaleng cat berisi 2,5 liter. Berapa ml volume cat dalam kaleng tersebut?
Jawab:

 benda sanggup dinyatakan dalam banyak sekali satuan volume ibarat meter kubik Tangga Satuan Liter

1 l = 1.000 ml
2,5 l = 2,5 x 1.000 ml = 2.500 ml
Makara volume cat dalam kaleng tersebut ialah 2.500 ml

Contoh Soal 4
Soal: Sekarung beras berisi 2,5 dekaliter. Berapa deciliter volume beras tersebut?
Jawab:

 benda sanggup dinyatakan dalam banyak sekali satuan volume ibarat meter kubik Tangga Satuan Liter

1 dal = 100 dl
2,5 dal = 2,5 x 100 = 250 dl
Makara volume volume beras dalam karung tersebut ialah 250 dl


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tangga Satuan Liter"

Posting Komentar