Sifat - Sifat Segitiga Istimewa (Khusus)


Sifat - Sifat Segitiga spesial (Khusus) - Artikel ini berisi bahan wacana sifat - sifat segitiga secara khusus atau istimewa. Sifat - sifat dari segitiga siku - siku, segitiga sama kaki dan sifat - sifat dari segitiga sama sisi. Pada pertemuan sebelumnya, kita telah membahas bahan wacana sifat - sifat segitiga secara umum. Nah kali ini Ilmu Sains Online akan memperlihatkan bahan wacana sifat - sifat segitiga secara khusus.
Artikel ini berisi bahan wacana sifat  Sifat - Sifat Segitiga spesial (Khusus)
Google Image - Sifat - Sifat Segitiga spesial (Khusus)
Sebelumnya kita telah mempelajari sifat - sifat segitiga secara umum. Kalian niscaya telah sama - sama mengetahui. Nah sama hal nya dengan bahan berikut ini. Kalian harus mengetahui dan paham wacana sifat - sifat segitiga secara khusus. Ingin tahu sifat segitiga secara Khusus? Simak bahan dibawah ini dengan baik ya mitra - kawan.

Materi Sifat - Sifat Segitiga spesial (Khusus) Lengkap


Segitiga istimewa merupakan bangkit datar yang mempunyai sifat - sifat khusus. Apakah segitiga yang mempunyai sifat khusus? Segitiga tersebut adalah:

1. Sifat Khusus Segitiga Siku - Siku


Perhatikanlah gambar dibawah ini:
Gambar diatas merupakan bangkit ruang persegi panjang ABCD. Besar sudut A = sudut B = sudut C = sudut D = 90°. Jika gambar diatas di potong pada sudut diagonalnya yaitu diagonal AC, maka akan terbentuk 2 buah bangkit datar segitiga, yaitu ΔABC dan ΔADC menyerupai gambar di bawah ini.
Karena sudut B = 90°, maka ΔABC siku-siku di B. Demikian halnya dengan ΔADC. Segitiga ADC siku-siku di D sebab sudut D = 90°. Oleh sebab itu, Segitiga ABC dan ADC merupakan segitiga siku - siku yang dibentuk dari bangkit datar persegi panjang ABCD yang dipotong pada sisi diagonal AC. Berdasarkan hal tersebut. Sifat istimewa dari segitiga siku - siku yaitu besar salah satu sudutnya yaitu 90°.

2. Sifat Khusus Segitiga Sama Kaki


Perhatikanlah 2 gambar segitiga ABC dan ADC diatas. Jika sisi AB dan DC diimpitkan, Maka akan membentuk sebuah segitiga menyerupai gambar dibawah ini.
Berdasarkan gambar diatas, dari dua segitiga siku - siku jikalau berimpitan dikedua sisi siku - sikunya akan membentuk satu segitiga sama kaki. Jika kita lipat dengan garis tengah B/D dan A/C maka, sudut C akan sama dengan A dan CA akan sama dengan AC. Jadi, sanggup disimpulkan bahwa Sifat spesial segitiga sama kaki yang pertama yaitu mempunyai dua buah sisi yang sama panjang dan dua buah sudut yang sama besar.

Jika kita perhatikan kembali segitiga sama kaki diatas, Terlihat bahwa jikalau kita lipat menurut sumbu B/D, maka titik C akan berimpit dengan titik A yang menjadikan keduanya Sama atau Simetris. Berdasarkan uraian tersebut, sifat istimewa yang kedua yaitu mempunyai satu sumbu simetris.

Contoh Soal Segitiga Sama Kaki



Diketahui ΔKLM sama kaki dengan LM = 13 cm dan MN = 5 cm. Jika sudut KLN = 30°, tentukan (a) besar sudut KLM; (b) panjang KL dan MK.

Penyelesaian

(a) Dari gambar sanggup diketahui sudut MLN = sudut KLN = 30°. Jadi, besar sudut MLN = 30°.
Besar sudut KLM = sudut KLN + sudut MLN = 60°.

(b) Karena ΔKLM merupakan segitiga sama kaki, maka KL = LM = 13 cm. Pada ΔKLM, LN yaitu sumbu simetris, sehingga MK = 2 x MN (MN = NK) = 2 x 5 cm = 10 cm. Jadi, panjang KL = 13 cm dan panjang MK = 10 cm.


3. Sifat spesial Segitiga Sama Sisi


Perhatikanlah gambar segitiga diatas.

Segitiga sama sisi artinya ketiga sisi - sisinya sama besar AB = AC = BC. Jika kita lipat menurut garis titik - titik diatas, maka akan terbentuk 3 sumbu simetris yaitu titik D, E dan F serta ketiga sudutnya akan saling berimpitan dimana Besar sudut A = sudut B = sudut C. Berdasarkan uraian tersebut, sanggup disimpulkan bahwa Sifat istimewa segitiga sama sisi yaitu (1) mempunyai 3 sisi yang sama panjang, (2) mempunyai 3 sumbu simetris, (3) ketiga sudutnya sama besar.

Sifat - Sifat Segitiga spesial (Khusus) - Nah, inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan pada hari ini. Harapannya kalian sanggup lebih mengerti wacana bangkit datar segitiga ya. Jangan lupa untuk diShare ke teman - teman yang lain biar kalian sanggup saling mengerti. Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas bahan yang lebih menarik lagi tentunya. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sifat - Sifat Segitiga Istimewa (Khusus)"

Posting Komentar