Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas X

Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas XHai, jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Pada kesempatan kita hari ini, kita akan membahas ihwal rumus – rumus nih. Mau tahu rumus apa yang akan kita bahas sekarang? Kita akan membahas materi ihwal Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas X. nah, apakah kalian sudah banyak yang memahami rumus – rumus yang akan kita bahas hari ini? Jika belum, sebaiknya kita berguru bareng – bareng di ilmu sains online. Kuy simak saja materinya berikut ini.

 jumpa lagi nih dengan ilmu sains online Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas X
Google Image - Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas X

Sudah kita pelajari sebelumnya bahwa gerak adalah suatu perubahan kedudukan suatu benda dari posisi awal ke posisi akhir. Itu artinya terdapat perubahan jarak dan juga waktu tempuh untuk hingga ke posisi selesai benda tersebut. Nah, yang akan kita pelajari hari ini yakni ihwal kelajuan, kecepatan, dan percepatan. Yuk kita simak dengan secama.

Pembahasan Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas X


Sebelum mempelajari ihwal rumus – rumusnya, ada baiknya kalau kalian mempelajari ihwal Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X

1.      Kelajuan


Untuk lebih gampang mengetahui atau mengingat – ingat rumus kelajuan, kalian sanggup lihat dari pengertiannya. Kelajuan merupakan jarak yang ditempuh per satuan waktu. Dengan begini kalian semua sanggup dengan gampang memahami rumus kelajuan. Berikut rumus umum kelajuan:

V = S/t

Dimana:
V = kelajuan (m/s)
S = Jarak tempuh (m)
t = waktu tempuh (s)

didalam materi fisika kelas x, kita juga mempelajari ihwal kelajuan rata – rata. Berikut ini yakni rumus umum kelajuan rata – rata:

v = ∑s / ∑t

dimana:
v = kelajuan rata – rata
∑s = jumlah jarak tempuh
∑t = jumlah waktu tempuh

2.      Kecepatan


Kecepatan adalah jarak yang ditempuh per satuan waktu. Sama dengan persamaan kelajuan. Untuk memilih kecepatan suatu benda, sanggup dipakai rumus umum kecepatan:

V = S/t
Dimana:
V = kecepatan (m/s)
S = jarak yang ditempuh (m)
t = waktu yang ditempuh (s)

a.       didalam materi fisika kelas x kita juga mempelajari ihwal kecepatan rata – rata. Kecepatan rata – rata yakni perbandingan antara jumlah jarak yang ditempuh dengan waktu yang diharapkan untuk menempuh jarak tersebut tanpa memperhatikan jenis gerakan yang dilakukan. Rumus umum kecepatan rata – rata adalah:

v = Δs / Δt

dimana:
v = kecepatan rata – rata (m/s)
Δs = selisih jarak yang ditempuh (m)
Δt = selisih waktu yang ditempuh (s)

b. selain kecepatan rata – rata, kita juga mempelajari ihwal kecepatan sesaat. Kecepatan sesaat adalah kecepatan benda pada suatu ketika tertentu pada sebuah titik yang dilintasinya. Untuk mengetahui rumus kecepatan sesaat, kita sanggup memakai rumus umum kecepatan sesaat berikut ini:

v = limΔt→0 Δs / Δt

3.      Percepatan


Percepatan adalah perubahan kecepatan per satuan waktu. Untuk mengetahui percepatan suatu benda sanggup kita gunakan rumus umum percepatan berikut ini:

a = v/t

dimana:
a = percepatan (m/s2)
v = kecepatan atau laju (m/s)
t = waktu (s)

a.       Percepatan rata – rata

Percepatan rata – rata adalah perbandingan antara perubahan kecepatan dengan waktu yang berselang. Untuk mengetahui percepatan rata – rata suatu benda, sanggup menggunakan rumus umum percepatan rata – rata berikut ini:

a = Δv / Δt

dimana:
a = percepatan rata – rata (m/s2)
Δv = perubahan kelajuan (m/s)
Δt = perubahan waktu (s)

b.      Percepatan sesaat

Percepatan sesaat adalah percepatan suatu benda pada suatu ketika pada titik tertentu dalam lintasannya. Untuk mengetahui percepatan sesaat suatu benda, kita memakai rumus umum percepatan sesaat berikut ini:

a = limΔt→0 Δv / Δt


Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas X - nah, inilah yang sanggup ilmu sains onlne berikan. Semoga dengan materi diatas, kalian sanggup mengerjakan beberapa teladan soal yang kalian ujikan. Jika berdasarkan kalian materi diatas sangat bermanfaat, sanggup di share ke teman – teman kalian. Untuk pertemuan kita besok, kita akan membahas teladan soal mengenai materi diatas. Ilmu sains online pamit dulu ya, terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Gerak Lurus Fisika Kelas X"

Posting Komentar