Pengertian Kalor Jenis Dan Teladan Soal Serta Pembahasannya

Definisi kalor merupakan salah satu bentuk energi yang sanggup berpindah dari benda satu ke benda lainnya. Kalor sanggup diberikan kepada benda atau diambil dari benda tersebut. Kalor sanggup diberikan pada suatu benda dengan cara pemanasan dan sebagai salah satu dampak yaitu kenaikan suhunya. Kalor sanggup diambil dari suatu benda dengan cara pendinginan dan sebagai salah satu dampak yaitu penurunan suhu.

Jadi, salah satu dampak dari sumbangan atau pengurangan kalor yaitu perubahan suhu yang diberi lambang Δt. Dari sebuah hasil percobaan mengatakan bahwa dari pemanasan air dan minyak kelapa dengan massa air dan minyak kelapa yang sama, dengan selang waktu pemanasan yang sama ternyata banyaknya kalor yang diserap oleh air dan minyak kelapa tidak sama.

Untuk membedakan zat-zat dalam hubungannya dengan imbas kalor pada zat-zat itu dipakai konsep kalor jenis yang diberi lambang “c”. Kalor jenis suatu zat yaitu banyaknya kalor yang diharapkan atau dilepaskan setiap kilogram massa untuk menaikkan atau menurunkan suhunya satu Kelvin atau satu derajad Celsius. Jika suatu zat yang massanya m memerlukan atau melepaskan kalor sebesar Q untuk mengubah suhunya sebesar ΔT, maka kalor jenis zat itu sanggup dinyatakan dengan persamaan:

c = Q/m. Δt

dengan:
c = kalor jenis (J/Kg . K)
Q = kalor (joule)
m = massa zat (Kg)
ΔT = perubahan suhu (Kelvin)

Setiap zat mempunyai nilai kalor jenis yang berbeda-beda. Berikut tabel nilai kalor jenis dari beberapa zat pada suhu 20° C. 
 merupakan salah satu bentuk energi yang sanggup berpindah dari benda satu ke benda lainnya Pengertian Kalor Jenis dan Contoh Soal serta Pembahasannya
Tabel kalor jenis beberapa zat
Untuk memantapkan pemahaman anda perihal konsep kalor jenis silahkan jawab soal pemahaman konsep di bawah ini. "Mungkin Anda pernah berjalan-jalan di atas pasir di pantai tanpa bantalan kaki pada siang hari dengan terik matahari, Anda akan mencicipi pasir kering akan terasa panas. Begitu Anda menginjakan air maritim maka anda akan mencicipi air maritim relatif lebih dingin. Padahal air maritim dan pasir pantai sama-sama terkena terik matahari. Kenapa air maritim terasa relatif lebih hirau taacuh daripada pasir pantai? Mana yang mempunyai kalor jenis lebih tinggi, air maritim atau pasir pantai?"

Jika sudah paham konsepnya, silahkan pahami pola soal pemecahan duduk kasus di bawah ini dan kerjakan soal latihannya. Jawaban Anda boleh tulis di kolom komentar.

Contoh Soal
Sebuah cincin dari materi logam mempunyai massa 10 gr pada suhu 30 °C. Cincin tersebut dipanaskan dengan memberi kalor sejumlah 5 kal sehingga suhu cincin menjadi 47,5 °C. Hitunglah nilai kalor jenis cincin tersebut.

Penyelesaian:
Diketahui:
m = 4 gr
t1 = 34 °C
t2 = 57,5 °C
Q = 6 kal

Ditanyakan: c = ...?

Jawab:
Δt = t2 – t1
Δt = 57,5 °C – 34 °C
Δt = 23,5 °C

c = Q/m.Δt
c = 6 kal/(4 gr. 23,5 °C)
c = 0,064 kal/gr°C

Soal Latihan Kalor Jenis
Sepotong logam dijatuhkan dari atas sebuah gedung yang mempunyai ketinggian 225 m sampai menumbuk tanah. Kalor yang terjadi sebab proses tumbukan dengan tanah sebesar 60% diserap oleh logam sehingga mengakibatkan suhunya naik 3°C. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka hitunglah kalor jenis logam tersebut tersebut.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Kalor Jenis Dan Teladan Soal Serta Pembahasannya"

Posting Komentar