Pengertian Dan Karakteristik Materi Ajar

Pengertian Bahan Ajar
Menurut National Centre for Competency Based Training (2007), materi asuh yakni seperangkat materi tertulis maupun tidak tertulis yang dipakai oleh guru atau pelatih untuk melangsungkan proses pembelajaran di kelas (dalam Prastowo, 2012: 16).

Menurut Widodo dan Jasmadi, materi asuh meruupakan seperangkat sarana yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan dan penilaiannya yang dirancang secara sistematis dan menarik dalam mencapai ketuntasan kompetensi dalam pembelajaran (dalam Lestari, 2012: 1).

Menurut Lestari (2012: 2), materi asuh yakni seperangkat materi pelajaran yang mengacu pada kurikulum yang dipakai dalam rangka mencapai standart kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Berdasarkan pengertian materi asuh tersebut sanggup diambil kesimpulan bahwa materi asuh sanggup diistilahkan perangkat mengajar yakni seperangkat materi yang  dipakai pengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai standart kompetensi dan kompetensi dasar yang ditentukan.

Karakteristik Bahan Ajar
Menururt Widodo dan Jasmadi (dalam Lestari, 2013: 2), materi asuh mempunyai 5 (lima) karakteristik yaitu: 
  1. Self instructional, materi asuh yang dirancang sanggup dipakai secara berdikari oleh siswa di dalam proses pembelajaran; 
  2. Self contained, materi asuh yang tersaji untuk dipelajari siswa berisi seluruh materi pelajaran dalam satu unit kompetensi dan sub kompetensi; 
  3. Stand alone, materi asuh tersebut tidak bergantung dengan materi asuh lain; 
  4. Adaptive, sanggup menyesuaikan diri dengan teknologi mutakhir; 
  5. User friendly, memudahkan pengguna dan memberi kesan akrab baik secara tampilan maupun fungsi dalam penggunaannya.
Referensi: 
  • Lestari, Ika. 2013. Pengembangan materi Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata. 
  • Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Karakteristik Materi Ajar"

Posting Komentar