✔ Memahami Manfaat Dari Penggunaan Software Erp

ERP (Enterprise Resources Planning) merupakan hal yang sangat dibutuhkan ketika ini oleh perusahaan – perusahaan baik menengah hingga besar untuk meningkatkan  kinerja perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan memakai software ERP perusahaan sanggup mengintegrasikan seluruh

aktivitas perusahaan baik pembelian, penjualan, persediaan, keuangan, sumber daya insan dan aktivitas perusahaan lainnya. Sehingga kegiatan perusahaan  dapat berjalan dengan lebih baik (seperti : pelayanan dan produktivitas). tidak jarang perusahaan merogoh kocek hingga milyaran rupiah hanya untuk mengimplementasikan teknologi/software ERP ini. Hal ini disebabkan bila penggunaan Software ERP berjalan dengan baik maka akan menghasilkan return/kembali terhadap dana yang dikeluarkan tersebut dengan cepat. Secara implisit aplikasi ERP bukan hanya suatu software semata, namun merupakan suatu solusi terhadap permasalahan isu dalam suatu perusahaan. Dengan ERP perusahaan akan lebih gampang dalam mengelola proses bisnis dan melaksanakan pengembanganya. Manfaat yang terdapat dalam sistem ERP akan memudahkan sebuah bisnis dalam mengambil keputusan-keputusan yang bersifat strategis.

ERP juga sangat membantu perusahaan mengatasi kompleksitas dalam dunia bisnis global.  Secara garis besar di periode modern menyerupai ini perusahaan yang tidak sanggup mengikuti perubahan baik dari segi perubahan dari sistem bisnis maupun dari pembeli/pelanggan, maka perusahaan tersebut akan kalah bersaing maka dari itu ERP sangat dibutuhkan di periode ini. Adapun manfaat ERP bagi perusahaan yaitu :
a.      Mempermudah Pengendalian Proses Bisnis.
Sistem ERP akan menyajikan bermacam-macam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan gampang dalam aksesnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melaksanakan pemantauan dan pengendalian atas proses bisnis mereka. Disamping itu, sistem ERP juga akan memperlihatkan wawasan yang luas kepada seorang decision-maker sehingga sanggup melaksanakan aneka macam prediksi dan pengambilan keputusan yang akurat.

b.      Menyederhanakan Proses Bisnis.
ERP membantu sebuah perusahaan merampingkan proses bisnis mereka. Hal ini akan memastikan alur kerja sanggup berjalan secara halus dan komunikasi antar departemen menjadi lebih baik. Fungsi otomatisasi dalam sistem ERP menjamin anutan isu tersampaikan dengan terperinci dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan responsif. Best-practise yang terorganisir dalam sistem ini sanggup memperlihatkan pinjaman operasional yang lebih baik dan kustomisasi yang lebih mudah.
c.       Meningkatkan Efisiensi Karyawan.
Sistem ERP akan menyalurkan kepada karyawan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan pribadi kepada mereka. Sehingga karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari isu sendiri. Mereka sanggup fokus pada kiprah utama sehingga kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat. Meningkatnya kemampuan dalam pengambilan keputusan dan fasilitas untuk mendapat data-data yang dibutuhkan akan meningkatkan kreatifitas karyawan dan memperbaiki contoh kerja mereka.
d.      Ekosistem Perusahaan yang Terintegrasi.
Sebuah perusahaan sanggup berjalan dengan padu apabila kinerja seluruh stakeholder sanggup diselaraskan antara satu dengan yang lain sesuai kebutuhan masing-masing demi mencapai tujuan yang sama. Sistem ERP sanggup menyatukan semua unit dalam ekosistem perusahaan : kawan bisnis, fungsi-fungsi pendukung, vendor dan pelanggan. Dan kemampuan yang baik dalam menselaraskan bermacam-macam unit-unit dalam ekosistem tersebut sanggup meningkatkan kinerja perusahaan.
e.       Siap Menghadapi Masa Depan.
Sistem ERP menimbulkan perusahaan yang sedang berkembang mempunyai fleksibilitas untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan di masa depan. Integrasi, kinerja, dan alur isu yang berjalan dengan lebih baik sanggup meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melaksanakan perencanaan dan pengendalian sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu melaksanakan instalasi software ERP saja tidak secara otomatis akan menciptakan bisnis menjadi lebih baik. Implementasi ERP juga mempunyai resiko di dalamnya dan membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Sistem ERP sanggup meningkatkan potensi dan membantu kinerja perusahaan menjadi lebih baik hanya ketika ada restrukturisasi yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Ini berarti perusahaan perlu meninggalkan sistem yang lama, mengubah struktur operasional, dan mengelola perubahan. Manajemen proyek yang baik yaitu kunci sukses dalam mengimplementasi ERP. bila hal ini telah dilaksanakan, ERP benar-benar akan sanggup meningkatkan kinerja perusahaan..

Sumber http://candraekonom.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Memahami Manfaat Dari Penggunaan Software Erp"

Posting Komentar