Materi Kinematika Gerak Lurus Fisika Kelas X

Materi Kinematika Gerak Lurus Fisika Kelas X - Selamat pagi adik - adik semua. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online yang selalu memperlihatkan bahan untuk kalian semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas wacana Kinematika Gerak Lurus. Ada yang sudah tahu apa itu Artinya Kinematika? Jika belum tahu, ada baiknya jikalau kalian baca artiel berikut ini. 

Materi Kinematika Gerak Lurus Fisika Kelas X Materi Kinematika Gerak Lurus Fisika Kelas X
Google Image - Materi Kinematika Gerak Lurus Fisika Kelas X

Materi Kinematika Gerak Lurus merupakan bahan fisika kelas x yang mempelajari wacana beberapa hal misal, Gerak lurus, gerak lurus beratauran, gerak lurus berubah beraturan dan masih banyak lagi. Nah, pada kesempatan pagi hari ini, kita akan membahas satu persatu bahan tersebut. Untuk itu, terus simak dengan baik materinya ya. 


Pembahasan Tentang Kinematika Gerak Lurus 


Pengertian Kinematika

Kinematika yaitu cabang dari mekanika yang melukiskan gerak suatu benda secara matematik. Didalam bahan kinematika, kita akan membahas wacana Gerak lurus, Gerak lurus beraturan, Gerak lurus berubah beraturan, Gerak jatuh bebas, dan gerak vertikal keatas. Kita akan bahas satu persatu pada hari ini. Kaprikornus kalian harus selalu simak materinya berikut ini.

Baca juga: Pengertian Gerak Lurus Fisika Kelas X

1. Gerak Lurus Beraturan


Sebuah benda sanggup dikatakan bergerak lurus beraturan apabila lintasannya merupakan suatu garis lurus dan kecepatannya konstan atau tetap setiap ketika atau jikalau dalam selang waktu yang sama sanggup menempuh jarak yang sama dengan lintasan berupa garis lurus. Gerak Lurus beraturan ini sering kita kenal dengan kependekan GLB atau Gerak Lurus Beraturan.

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)


Gerak lurus berubah beraturan atau yang biasa kita sebut dengan GLBB yaitu jarak suatu benda dengan lintasan garis lurus dan kecepatannya selalu berubah - ubah secara teratur. Dalam bahan fisika kelas x, GLBB dibedakan menjadi dua, yaitu:

a. Gerak Lurus Berubah Beraturan Dipercepat

Suatu benda dikatakan melaksanakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat apabila kecepatannya semakin usang semakin bertambah besar. Contoh dari GLBB dipercepat dalam kehidupan sehari - hari yaitu jikalau kalian menjatuhkan sebuah kelereng dilintasan lurus yang menurun, maka kecepatannya akan berubah beraturan dipercepat.

b. Gerak Lurus Berubah Beraturan Diperlambat

Suatu benda dikatakan melaksanakan kegiatan gerak lurus berubah beraturan diperlambat apabila kecepatannya semakin usang semakin berkurang sehingga pada suatu ketika benda tesebut diam. Contoh dari GLBB yang diperlambat yaitu apabila kalian gelindingkan sebuah kelereng pada lintasan lurus yang datar, maka semakin usang kecepatannya berubah beraturan diperlambat. 

3. Gerak Jatuh Bebas


Suatu benda dikatakan mengalami gerak jatuh bebas apabila benda tersebut dilepaskan dari suatu ketinggian tertentu terhadap tanah tanpa percepatan awal. Artinya benda tersebut awalnya membisu dan dengan sengaja jatuh kebawah sehingga mengalami gerak jatuh bebas. Benda yang dijatuhkan dari atas akan jatuh kebumi alasannya yaitu benda tersebut mendapat percepatan gravitasi (g) yang arahnya selalu menuju ke sentra bumi. Didalam gerak jatuh bebas, goresan dan gaya archimedes terhadap udara diabaikan sehingga sanggup dikatakan bahwa gerak jatuh bebas bahwasanya hanya terjadi dalam ruang hampa. 

4. Gerak Vertikal Keatas


Gerak vertikal keatas adalah gerakan suatu benda yang dilemparkan keatas dari permukaan tanah dengan kecepatan V0. Karena benda bergerak keatas, maka semakin usang kecepatannya akan semakin berkurang sehingga titik tertinggi dengan kecepatannya yaitu nol. Setelah benda tersebut mencapai ketinggian maksimalnya atau kecepatan dan titik ketinggiannya sama dengan nol, maka benda tersbut akan berhenti sejenak dan kemudian berbalik arah kembali kebawah.


Materi Kinematika Gerak Lurus Fisika Kelas X - Nah, inilah yang sanggup ilmu sains online berikan pada pagi hari ini. Semoga ini semua sanggup membantu kalian ya mitra - kaawan. Besok kita akan membahas wacana rumus - rumusnya nih. Kaprikornus tetap stay di ilmu sains online ya. Jika berdasarkan kalian bahan diatas bermanfaat monggo di Share ya. Terimakasih, dan hingga jumpa besok.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Materi Kinematika Gerak Lurus Fisika Kelas X"

Posting Komentar