Manfaat Wortel Dan Terapi Jus Wortel Untuk Kesehatan

Wortel termasuk umbi batang yang digolongkan ke dalam kelompok sayuran. Sayuran wortel ini sangat terkenal di Indonesia, yang paling banyak mengandung zat makanan. Nama latin wortel, Daucus sarota, sayuran ini berwarna orange. Manfaat wortel yang sudah dikenal banyak orang untuk kesehatan mata. Anda dilarang salah pilih wortel untuk dikonsumsi. Wortel mempunyai rasa yang sedikit pahit dan tajam kalau ukurannya semakin besar. Pilihlah wortel dalam kondisi bentuknya baik, masih segar, da warnaya jingga cerah.


Wortel mempunyai tinggi kira-kira setengah meter. Memiliki daun yang halus berwarna hijau. Batangnya tumbuh di dalam tanah warnanya merah kekuningan. Wortel mempunyai rasa yang lezat dan nilai gizi tinggi untuk wortel yang masih segar. Sumber gizi utama betakaroten bisa untuk memgobati problem penglihatan.


Kandungan nutrisi wortel


Wortel kaya akan gizi yang memili khasiat besar untuk badan Anda. Tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menolak mengonsumsi wortel, alasannya yaitu manfaat wortel sangat anggun untuk kesehatan badan Anda.



  1. Kandungan vitamin A

    Kandungan utama wortel berupa karoten atau beta karoten yang bisa menjelma vitamin A. Kandungan vitamin yang ada dalam wortel tidak hanya untuk menyehatkan penglihatan, tetapi juga untuk mencegah rabun senja, mempercepat penyembuhan luka, memperbaiki kulit, membantu hati menghilangkan toksin (racun) dalam tubuh.

  2. Beta karoten

    Kandungan beta karoten bisa untuk kekebalan badan Anda, sehingga mencegah Anda dari penyakit. Juga untuk meningkatkan kesehatan badan dan mencegah penuaan dini.

  3. Nutrisi atau gizi

    Kandungan gizi atau nutrisi yang terdapat dalam wortel di antaranya, 27 mg kalsium, 26 mg fosfor, 0.5 mg zat besi, 34 mg sodium, dan 246 mg potassium. Dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, wortel sanggup menciptakan sel gres serta memperkaya sel-sel yang ada, serta sanggup mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, nutrisi pada wortel bisa merangsang reaksi pencucian lemak sehingga bisa membuang lemak dengan cepat.

  4. Kandungan potassium

    Kandungan potassium pada wortel ini mempunyai manfaat utama yaitu untuk menetralkan asam dalam darah yang sering mengakibatkan tumbuhnya jerawat, uban di kalangan anak muda.

  5. Mineral

    Kandungan mineral yang terdapat pada wortel yaitu kalium. Kalium berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menetralkan asam dalam darah, dan menurunkan tekanan darah.


Jus wortel untuk kesehatan


Bagi Anda yang tidak menyukai wortel untuk dikonsumsi secara pribadi atau dijadikan adonan sayuran, wortel sanggup dijus sehingga mengurangi sedikit rasa tajamnya. Manfaat wortel dengan cara dijus ini sangat baik untuk kesehatan Anda.



  1. Terapi khusus mengobati watu ginjal

    Jus wortel sanggup untuk mengobati penyakit ginjal dengan cara berikut. Pada pagi hari dahulukan mengonsumsi jus jeruk limun, sedangkan pada siang harinya mengonsumsi jus wortel yang dikombinasikan dengan beet, dan timun. Menjelang tidur juga konsumsi lagi jus adonan wortel, celery, dan petroselli.

  2. Terapi khusus mengatasi alergi

    Jika Anda mengalami alergi cobalah resep satu ini. Di pagi hari minumlah jus wortel dan bayam. Siang hari kombinasi antara jus wortel, beet, dan timun. Malam hari konsumsilah jus wortel kembali.

  3. Menghilangkan wangi mulut

    Jika di antara Anda ada yang wangi mulut, obati dengan jus wortel yang dikombinasi dengan bayam. Diminum sebanyak 3 kali sehari.


Selain 3 manfaat di atas, manfaat wortel yang dijus antara lain untuk melindungi susunan syaraf, melancarkan pencernaan, antikanker, mengatasi sembelit, mengatasi rabun senja, menjaga kesehatan hati, dan menurunkan tekanan darah.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Wortel Dan Terapi Jus Wortel Untuk Kesehatan"

Posting Komentar