Macam - Macam Gerak Fisika Kelas X Lengkap

Macam - macam Gerak Fisika Kelas X Lengkap - Selamat pagi semua. Jumpa lagi dengan ilmu sains online yang selalu memperlihatkan materi untuk modal kalian belajar. pada kesempatan kali ini, kita akan berguru materi perihal Persamaan Gerak. Apakah kalian sudah mendapat materi berikut? Jika belum ini sanggup menjadi modal kalian untuk menghadapi materinya ketika nanti kalian memasuki jenjang gres dalam dunia pendidikan. Untuk itu, eksklusif saja kita simak materinya berikut ini.

 Jumpa lagi dengan ilmu sains online yang selalu memperlihatkan materi untuk modal kalian bela Macam - macam Gerak Fisika Kelas X Lengkap
Google Image - Macam - macam Gerak Fisika Kelas X Lengkap

Didalam ilmu fisika, kita mengenal yang namanya gerak. Gerak itu sendiri merupakan suaru perpindahan posisi dari posisi satu ke posisi yang lain. Gerak dibedakan menjadi 3, yaitu Gerak translasi, Gerak Rotasi, dan Gerak vibrasi. Nah, hari ini kita akan mempelajari apa sih yang dimaksud dengan gerak translasi, rotasi dan vibrasi? Langsung saja kita mulai materi berikut ini.

Persamaan Gerak Fisika Kelas X Lengkap


1. Gerak Translasi


Posisi suatu titik materi pada bidang sanggup dinyatakan dengan sebuah vektor satuan. didalam persamaan vektornya, posisi suatu titik materi sanggup dilihat pada gambar berikut ini:
panjang dari posisi vektor r sanggup dicari dengan memakai rumus sebagai berikut:

|r| = √(x)2 + (y)2 + (z)2  


Rumus - rumus Gerak Translasi


Sedangkan untuk komponen kecepatan sesaat dari suatu titik materi sanggup dilihat dari kemiringan yang dibuat oleh komponen posisi (r) terhadap waktu (t) dimana semakin besar derajat kemiringan, maka semakin besar pula harga kecepatannya. Kecepatan sesaat merupakan turunan pertama dari dari fungi posisi yang sanggup ditulis sebagai berikut:

v = dr/dt

dimana:

v = kecepatan sesaat 
dr = perubahan posisi
dt = perubahan waktu

untuk mencari percepatan sesaat, kita sanggup mengunakan rumus berikut ini:

a = dv/dt

dan jikalau ingin mengetahui besarnya kecepatan sesudah titik materi bergerak selama t detik sanggup memakai persamaan berikut:

Vt = Vo + ⌠a(t) . dt 

dimana:

Vt = kecepatan sesudah t detik
Vo = kecepatan awal
a(t) = percepatan yang merupakan fungsi dari waktu

2. Gerak Rotasi


Suatu benda sanggup melaksanakan gerak rotasi atau gerak melingkar apabila pada benda tersebut bekerja sebuah moment gaya. momen gaya adalah merupakan hasil perkalian antara gaya dengan jarak dari titik ke titik. Persamaan dari momen gaya sanggup dilihat dari rumus berikut ini:

Ʈ = F.d

dimana:

Ʈ = momen gaya (N/m)
F = gaya (N)
d = jarak gaya kesuatu titik (m)

Untuk mengetahui Kecepatan Sudutnya, Kita sanggup gunakan persamaan berikut ini:

w = dØ / dt

dimana:

w = kecepatan sudut
dØ = Jarak atau sudut yang ditempuh
dt = waktu tempuh

sedangkan untuk mencari percepatannya, kita sanggup gunakan persamaan berikut ini:

a = dw / dt

Macam - macam Gerak Fisika Kelas X Lengkap - Nah, inilah materi yang sanggup ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Semoga ini sanggup membantu kalian ya. Jika kalian merasa resah sanggup eksklusif ditanyakan kesini. Ini materi ringan kok, hanya butuh ketelitian dan kerja keras untuk sanggup memahaminya. Pada pertemuan berikutnya kita akan membahas pola soalnya ya kawan. Terimakasih

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Macam - Macam Gerak Fisika Kelas X Lengkap"

Posting Komentar