Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil – Banyak yang belum mengetahui bahkan memahami mengenai seluk-beluk ilmu yang satu ini. Ada yang malah beranggapan sarjana lulusan teknik sipil kerjanya sebagai pegawai negeri sipil atau bekerja di kantor pencatatan sipil. Ya mungkin alasannya ada pemanis sipilnya.


Awalnya, ilmu ini tumbuh di dunia militer dan dipakai untuk membangun pertahanan, pos-pos militer, benteng, dan bangunan-bangunan pendukung perang. Setelah perang berakhir, ilmu ini mulai berkembang. Masyarakat sipil pun sanggup mempelajarinya lalu menerapkannya dalam bangunan-bangunan sipil dimana tujuan pembangunannya ditujukan kepada masyarakat luas. Begitulah kira-kira, klarifikasi mengenai pengenalan sejarah teknik sipil dari bapak dosen sewaktu mengajar semester satu dulu.


Teknik sipil yaitu salah satu cabang teknik yang mempelajari perihal bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga meliputi lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Cabang-cabang ilmu yang dipelajari dalam teknik sipil;



  1. Stuktur bangunan mempelajari persoalan struktur dari material (baja, beton, kaca, kayu, atau materi lainnya) diantaranya, mengenai sifat-sifat material yang cocok dipakai untuk pembangunan.

  2. Geoteknik mempelajari struktur dan sifat banyak sekali macam tanah. Ilmu ini bertujuan untuk menyelidiki keadaan-keadaan tanah di kawasan sebelum didirikan bangunan, kondisi tanah akan mensugesti suatu pondasi bangunan.

  3. Manajemen Konstruksi mempelajari persoalan dalam proyek konstruksi meliputi finansial, penjadwalan pembangunan supaya sempurna waktu, dan biaya proyek.

  4. Hidrologi/Hidrolika, sanggup ditebak mempelajari apa ? Tepat, mempelajari perihal air meliputi distribusi, masalah, dan pengendaliannya. Penerapan ilmu ini dipakai untuk bangunan air ibarat pelabuhan, waduk, bendungan.

  5. Transportasi, mempelajari sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Penerapan ilmu ini dipakai dalam konstruksi pengaturan jalan raya, konstruksi bandara, dan manajemennya.


 Banyak yang belum mengetahui bahkan memahami mengenai seluk Jurusan Teknik SipilBerbeda dengan arsitektur yang akrab hubungannya dalam hal rancang-merancang, teknik sipil lebih ke dalam pelaksanaan dalam mengeksekusi rancangan arsitektur. Jadi, seorang teknik sipil harus sanggup mentranslatekan rancangan bangunan di atas kertas ke lapangan, memperlihatkan perbaikan/saran dalam pelaksanaan perencanaan bangunan, mengkonsep administrasi finansial dan waktu sebuah proyek, mengamati jalannya proyek. Seru kan ? Serunya tidak hanya itu saja, ada acara praktik diluar juga selain kuliah, ibarat praktik ilmu ukur tanah, praktik rekayasa lingkungan, praktik teknologi materi konstruksi, praktik ilmu desain bangunan, dan masih banyak lagi.


Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Teknik Sipil
























































































































Perguruan TinggiNama ProdiAkreditasi
Institut Teknologi Bandung, BandungTeknik SipilA
Institut Teknologi Sepuluh Nopember, SurabayaTeknik SipilA
Universitas Andalas, PadangTeknik SipilA
Universitas Atma Jaya Yogyakarta, YogyakartaTeknik SipilA
Universitas Bina Nusantara, JakartaTeknik SipilA
Universitas Brawijaya, MalangTeknik SipilA
Universitas Diponegoro, SemarangTeknik SipilA
Universitas Gadjah Mada, YogyakartaTeknik SipilA
Universitas Gunadarma, JakartaTeknik SipilA
Universitas Hasanuddin, MakassarTeknik SipilA
Universitas Indonesia, JakartaTeknik SipilA
Universitas Islam Indonesia, YogyakartaTeknik SipilA
Universitas Islam Sultan Agung, SemarangTeknik SipilA
Universitas Nasrani Parahyangan, BandungTeknik SipilA
Universitas Kristen Petra, SurabayaTeknik SipilA
Universitas Mercu Buana, JakartaTeknik SipilA
Universitas Pelita Harapan, JakartaTeknik SipilA
Universitas Sebelas Maret, SurakartaTeknik SipilA
Universitas Sriwijaya, PalembangTeknik SipilA
Universitas Syiah Kuala, Banda AcehTeknik SipilA
Universitas Tarumanagara, JakartaTeknik SipilA
Universitas Trisakti, Jakarta BaratTeknik SipilA


Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Teknik Sipil"

Posting Komentar