Hubungan Antara Strategi, Tujuan Dan Metode Pembelajaran

Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, bahan telah disusun sedemikian rupa dan karakteristik awal penerima didik diketahui, maka aktivitas guru selanjutnya yaitu menentukan seni administrasi pembelajaran yang perlu dipilih dan dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Pemilihan seni administrasi pembelajaran yang sempurna sangatlah penting. Artinya, bagaimana guru sanggup menentukan aktivitas pembelajaran yang paling efektif dan efisien untuk mencapai pengalaman mencar ilmu yang baik, yaitu yang sanggup menunjukkan kemudahan kepada penerima didik mencapai tujuan pembelajaran.

Namun, perlu diingat bahwa tidak satu pun seni administrasi pembelajaran yang paling sesuai untuk semua situasi dan kondisi yang berbeda, walaupun tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sama. Artinya dibutuhkan kreativitas dan keterampilan guru dalam menentukan dan memakai seni administrasi pembelajaran, yaitu yang disusun menurut karakteristik penerima didik dan sesuai kondisi yang diharapkannya.

Teach - Sumber Gambar: ecd.clark.edu
Strategi pembelajaran yang akan dipilih dan dipakai oleh guru bertitik tolak dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan di awal. Agar diperoleh tahapan aktivitas pembelajaran yang berdaya dan berhasil guna, maka guru harus bisa menentukan seni administrasi pembelajaran apa yang akan digunakan.

Strategi Pembelajaran intinya yaitu suatu rencana untuk mencapai Tujuan Pembelajaran. Terdiri dari Metode, teknik dan mekanisme yang bisa menjamin penerima didik benar-benar akan sanggup mencapai tujuan simpulan aktivitas pembelajaran.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, sanggup dikatakan bahwa Strategi Pembelajaran merupakan suatu rencana untuk mencapai Tujuan Pembelajaran. Sedangkan Metode Pembelajaran yaitu bab dari Strategi Pembelajaran.

Sumber:
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hubungan Antara Strategi, Tujuan Dan Metode Pembelajaran"

Posting Komentar