Ciri Khusus Sundew/Drosera Spatulata, Tanaman Pemakan Serangga

Sundew (Drosera spatulata) yaitu tumbuhan yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini tumbuh di tanah yang tandus. Tanaman sundew ini pun bahkan bisa hidup di tempat semi gurun pasir. Sundew mempunyai ciri khusus yang sangat unik, yaitu caranya mencari makan. Ia berburu masakan yang sanggup diambil sarinya. Ia memburu sari tumbuhan yang tidak bisa ia dapatkan di dalam tanah.


 yaitu tumbuhan yang berasal dari Afrika Selatan Ciri Khusus Sundew/Drosera Spatulata, Tanaman Pemakan Serangga
Daun tumbuhan sundew berbentuk pipih memanjang yang dipenuhi rambut-rambut berwarna merah.

Rambut merah pada daunnya ini terlapisi cairan kental yang mempunyai aroma khas yang menarik perhatian serangga. Jika ada serangga yang mencium keberadaan aroma tersebut dan mendatanginya (hinggap di flora sundew), serangga itu tidak akan bisa lepas darinya. Kaki-kakinya akan melekat pada cairan perekat yang paling berpengaruh di dunia ini.


Ketika serangga yang terjebak itu berusaha untuk melepaskan diri, daun sundew yang panjang bergerak sedemikian rupa untuk menggenggam serangga itu. Setelah serangga itu terjebak sempurna, secara perlahan tumbuhan sundew ini mulai mencerna zat-zat dari serangga itu yang diperlukan oleh tubuhnya. Setelah serangga tersebut habis dimangsanya, tumbuhan sundew ini akan kembali membuka dirinya. Ia bersiap untuk mendapatkan kedatangan serangga lain yang akan menjadi mangsa selanjutnya.


 yaitu tumbuhan yang berasal dari Afrika Selatan Ciri Khusus Sundew/Drosera Spatulata, Tanaman Pemakan Serangga
Ilustrasi serangga yang terjebak oleh tumbuhan sundew.

Walaupun tumbuhan sundew ini mempunyai cairan perekat yang paling berpengaruh di dunia, rambut-rambutnya itu tidak saling melekat apalagi kusut. Cairan perekat ini bekerja dengan sangat efektif tanpa mencederai tanamannya itu sendiri.


Baca juga: Bunga Tengkorak Snapdragon Yang ‘Mengerikan’


Itulah pembahasan mengenai ciri khusus tumbuhan sundew, tumbuhan khas dari Afrika Selatan, yang mungkin belum Anda ketahui. Walaupun tumbuhan ini hidup di kawasan yang ekstrem, tetapi Tuhan telah memberinya kemampuan untuk memperoleh masakan dengan cara yang tidak dimiliki oleh tumbuhan yang lain. Semoga info ini bermanfaat bagi Anda.


Jika berminat kami juga menyediakan aneka macam tumbuhan karnivora yang sejenis dengan sundew di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ciri Khusus Sundew/Drosera Spatulata, Tanaman Pemakan Serangga"

Posting Komentar