Ciri-Ciri Dan Khasiat Flora Herbal Senggani

Senggani yang selama ini dianggap tumbuhan liar ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kese Ciri-ciri dan Khasiat Tanaman Herbal Senggani
Senggani yang selama ini dianggap tumbuhan liar ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan telah usang dipakai sebagai materi pengobatan tradisional.

Tanaman senggani, bagi sebagian orang mungkin dianggap tumbuhan liar, namun bagi sebagian lagi dianggap sebagai tumbuhan hias yang sengaja ditanam. Apakah Anda sudah tahu apa itu tumbuhan senggani? Ternyata tumbuhan senggani ini bisa dimanfaatkan sebagai tumbuhan herbal yang berguna bagi tubuh.


Senggani (Melastoma candidum) yaitu tumbuhan perdu-perduan yang termasuk ke dalam famili Melastomataccae. Tanaman senggani ini tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 0.5-4 meter dan bercabang banyak. Senggani biasanya hidup di tempat yang cukup menerima sinar matahari, menyerupai di semak-semak, lapangan, kebun, atau di tempat lainnya.


Senggani yang selama ini dianggap tumbuhan liar ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kese Ciri-ciri dan Khasiat Tanaman Herbal Senggani
Senggani mempunyai buah berwarna ungu kemerahan ketika sudah masak, bawah umur biasa memakannya dikala bermain alasannya yaitu rasanya yang manis.

Senggani mempunyai daun tunggal bertangkai. Untuk sebagian orang daun tumbuhan senggani ini sering direbus bersama daun pepaya semoga lalapan daun pepayanya tidak pahit. Tanaman ini juga mempunyai bunga berwarna ungu kemerahan. Buah mudanya mempunyai warna merah muda yang agak pucat, sedangkan buah yang sudah matang berwarna ungu kemerahan. Buahnya bisa dikonsumsi oleh manusia. Penyebaran tumbuhan ini biasanya dari biji-bijinya yang jatuh atau dari kotoran burung yang memakan biji tumbuhan senggani ini.


Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya


Senggani mempunyai beberapa nama lokal di setiap daerahnya: Senduduk (Sumatera), harendong (Sunda), kemanden (Madura), dan kluruk/senggani (Jawa).


Tanaman senggani ini rupanya berguna bagi badan alasannya yaitu mengandung senyawa flavonoida, saponin, dan tanin yang dipercaya bisa menghilangkan rasa sakit, menghentikan pendarahan, mengatasi pembengkakan, serta sebagai peluruh kemih.


Selain itu, tumbuhan senggani pun dipercaya berguna untuk mengobati penyakit gangguan pencernaan, diare, disentri, sariawan, keputihan, haid berlebihan, wasir, bahkan untuk mengobati keracunan singkong.


Itulah ciri-ciri dan khasiat tumbuhan herbal senggani. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.


Cek harga tumbuhan senggani di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ciri-Ciri Dan Khasiat Flora Herbal Senggani"

Posting Komentar