Cara Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk

Lalat buah yang sedang menyerang buah jeruk Cara Membasmi Lalat Buah pada Tanaman Jeruk
Lalat buah yang sedang menyerang buah jeruk. Buah yang terjangkit akan mengalami pembusukan dengan cepat.

Lalat buah merupakan hama yang sangat menjengkelkan, mereka sanggup merusak buah dalam jangka waktu yang sangat singkat. Ketika tumbuhan buah yang kita tanam berbuah dengan lebatnya namun ternyata hasilnya membusuk sebelum alhasil bisa dipanen. Buah yang terjangkit lalat buah ditandai dengan pembusukan buah yang sangat cepat dan terjadi perubahan warna pada kulit buah di sekitar sengatan. Biasanya terdapat lubang kecil hasil sengatan pada cuilan kulit buah, juga terdapat belatung kecil pada buah saat dibelah. Hal ini menyebabkan buah yang hampir masak akan membusuk dengan cepat. Serangan lalat buah tentu saja sangat merugikan sebab sanggup merusak nilai buah dan menghambat produktivitas.


Perkembangbiakan lalat buah terjadi dengan cepat pada kondisi lingkungan yang optimal, yaitu pada suhu sekitar 26° C dengan kelembaban 70%. Lalat buah betina dibuahi oleh lalat buah jantan dan akan menghasilkan telur yang diletakkan pada permukaan kulit buah. Telur akan menetas dan berproses menjadi lalat buah sampaumur yang akan menciptakan buah membusuk. Cahaya juga memiliki efek pada perkembangan lalat buah. Pada kondisi cahaya terang, lalat buah betina lebih cepat meletakkan telurnya namun pupanya tidak akan tumbuh sampaumur jikalau terkena sinar.


A. Tahap Pengendalian


Pada kasus tanaman jeruk, lalat buah lebih sedikit menyerang jeruk bagus dan jeruk sejenis lainnya, sementara paling banyak menyerang jeruk pamelo. Di Indonesia sendiri, lalat buah dilaporkan menyerang 4 jenis jeruk yaitu, Barctrocera Papaye, B. Cucurbitae, B.Carambolae, dan B. Dorsalis.


Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk membasmi lalat buah pada tumbuhan jeruk:


1. Pengendalian fisik


Langkah pertama dalam membasmi lalat buah ialah melaksanakan pengendalian fisik dengan cara membungkus buah yang berumur 1.5 bulan. Hal ini dilakukan untuk mencegah peletakan telur (oviposisi) pada kulit buah. Anda bisa memakai kantong plastik atau kertas semen untuk membungkus buah.


2. Sanitasi kebun


Sanitasi kebun dilakukan dengan cara memusnahkan buah jeruk yang terlanjur terserang, baik yang sudah gugur maupun yang masih di pohon. Caranya dengan membakarnya atau menguburkannya dalam tanah semoga memastikan bahwa larva yang di dalam tanah sudah musnah atau mati.


3. Memberi perangkap pada lalat buah jantan


Salah satu langkah untuk membasmi lalat buah ialah mengenali prosesnya. Memberi perangkap pada lalat buah jantan akan menghalangi proses perkawinan dengan lalat buah betina. Senyawa Methyl Eugenol (ME) yang dicampur dengan insektisida populer ampuh dalam mengendalikan populasi lalat jantan.


4. Pengasapan


Melakukan pengasapan secara terencana merupakan cara tradisional dalam mengendalikan lalat buah mendekati kebun dan menghalangi pupa menjadi dewasa.


5. Pengaturan jarak tanam


Tanaman dengan jarak yang tidak terlalu rapat menciptakan cahaya matahari bisa menyinari seluruh tempat kebun hingga ke dalam tajuk tanaman. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pupa tidak akan menajdi sampaumur jikalau kondisi dalam keadaan terang.


6. Teknik radiasi


Pelepasan dan pengendalian serangga mandul sanggup dilakukan dengan teknik radiasi yaitu teknik merediasi sinar x dan sinar radioaktif . Namun, cara ini tergolong mahal dan masih jarang diterapkan.


B. PEMBUATAN ALAT PERANGKAP


Pada poin nomer 3, akan diberikan langkah-langkah pembuatan perangkap pada lalat buah jantan. Alat perangkap ini bertujuan untuk mengundang lalat buah jantan masuk ke dalam botol perangkap sebab aromanya yang khas sekaligus mengurangi perkawinan dengan lalat buah betina.


Alat dan bahan:



  • Cutter/gunting

  • Botol air mineral bekas (ukuran 1500 ml)

  • Lakban

  • Kapas

  • Kawat ikat

  • Cairan atraktan


Lalat buah yang sedang menyerang buah jeruk Cara Membasmi Lalat Buah pada Tanaman Jeruk
Alat dan materi perangkap lalat buah.

Langkah-langkah:



  1. Potonglah cuilan botol yang berbentuk kerucut memakai cutter.Lalat buah yang sedang menyerang buah jeruk Cara Membasmi Lalat Buah pada Tanaman Jeruk

  2. Kapas dipilin kemudian diikat pada kawat ikat sedemikian rupa semoga nantinya bisa menggantung pada cuilan tengah botol. Teteskan larutan atraktan pada kapas hingga lembap namun tidak hingga menetas.Lalat buah yang sedang menyerang buah jeruk Cara Membasmi Lalat Buah pada Tanaman Jeruk

  3. Pasang kawat pengikat pada botol

  4. Bagian kerucut yang telah dipotong dipasang kembali secara terbalik dan rekatkan sambungan semoga tetap kuat.

  5. Gantungkan pada ranting pohon tumbuhan jeruk.Lalat buah yang sedang menyerang buah jeruk Cara Membasmi Lalat Buah pada Tanaman Jeruk


Itulah cara membasmi lalat buah pada tumbuhan jeruk. Semoga warta ini bermanfaat.


Baca juga:


Cara Menanam Jeruk Nipis Dalam Pot (Generatif).


Cara Menanam Jeruk Dari Biji.


Produk bibit tumbuhan jeruk sanggup diperoleh dengan cara klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk"

Posting Komentar