Cara Memasang Aki Kendaraan Beroda Empat Yang Benar Dan Aman

Memasang aki kendaraan beroda empat memang terlihat simpel dan simpel untuk dilakukan. Namun begitu, untuk memasang aki kendaraan beroda empat ini ada tata cara dan urutan yang benar untuk menghindari kerugian yang sanggup terjadi akhir kesalahan memasang aki mobil.

Cukup banyak akhir yang sanggup ditimbulkan alasannya yaitu cara memasang aki kendaraan beroda empat tidak dilakukan dengan benar, menyerupai contohnya korslet (short) pada Engine Control Unit (ECU) akhir polaritas kutub aki yang terbalik. Sekring alternator putus akhir short circut alasannya yaitu kunci ring yang dipakai menyentuh kutub aki lainnya, kepala aki rusak dan tidak sanggup dikencangkan, bahkan aki kendaraan beroda empat yang pecah akhir short teralu usang di aki.

Memasang aki kendaraan beroda empat memang terlihat simpel dan simpel untuk dilakukan Cara memasang aki kendaraan beroda empat yang benar dan aman

Oleh alasannya yaitu itu kita perlu mengikuti urutan dan cara memasang aki kendaraan beroda empat yang benar dan aman. Namun sebelumnya kita perlu memperhatikan kondisi aki yang akan dipasang menyerupai contohnya:
  • Besar kecilnya ukuran aki yang dipasang sudah sesuai
  • Letak dan posisi kutub aki dengan posisi kabel di kendaraan beroda empat sudah sesuai dan pas dikala dipasang
  • Jika aki basah, pastikan tutup air aki sudah terpasang rapat dan kencang
  • Siapkan alat-alat untuk memasang aki mobil

Setidaknya diharapkan kunci pas ukuran 10 atau 12 mm dan kunci ring dengan ukuran yang sama untuk memastikan bahwa baut dan mur kepala aki sanggup terpasang dengan kencang

Setelah alat-alat siap dan kondisi aki beserta ukurannya sudah benar dicek dan siap pasang, berikut yaitu cara memasang aki kendaraan beroda empat yang benar dan aman.


1. Angkat dan masukkan aki kendaraan beroda empat ke daerah aki dalam ruang mesin


Pastikan kondisi kabel-kabel di daerah aki dalam ruang mesin tidak menghalangi proses pemasangan aki mobl. Singkiran ke sisi sekitarnya biar tidak terjepit oleh bodi aki mobil. Setelah aman, angkat aki kendaraan beroda empat dengan posisi yang benar (tidak terbalik), dan usahakan posisi aki tidak hingga menciptakan air aki didalamnya tumpah.

Masukan aki kendaraan beroda empat pada posisi yang benar dimana nantinya kabel kasatmata dan negatif di kendaraan beroda empat posisinya tidak tertukar yang sanggup menyulitkan dikala pemasangan.


2. Pasang Bracket pengikat aki kendaraan beroda empat dan kencangkan


Pasang bracket pengikat aki kendaraan beroda empat pada kedua sisi aki kendaraan beroda empat terlebih dahulu. Pada daerah aki di mobil, biasanya sudah ada daerah untuk memasang besi pengikat ke bodi mobil. Pasang terlebih dahulu bracket tersebut kemudian kencang kan secukupnya. Gunakan kunci yang pas sesuai dengan mur yang ada pada besi pengikat.

Baca juga :


3. Pasang kabel Plus (Positif) kendaraan beroda empat berwarna merah


Pasanglah kabel plus (positif) ke terminal kasatmata aki mobil. Kabel plus pada kendaraan beroda empat ini biasanya ditandai dengan warna merah baik pada kabelnya atau pada tutup karetnya.

Perhatikan posisi kepala terminal kabel yang dipasang ke terminal aki mobil. Usahakan posisi terminal masuk dan menutupi seluruh bab terminal kutub kasatmata aki mobil. Setelah masuk dan pas, kencangkan dengan kunci 10. Pastikan terminal kabel terpasang dengan berpengaruh dan tidak kendor pada kepala aki.

Hindari memasang kabel aki dengan cara memukul terminal aki gar sanggup masuk ke kutub aki. Hal ini sanggup menjadikan kerusakan elemen dialam aki yang bersahabat dengan kutub kasatmata tersebut. Selain itu, memasang kabel kasatmata terlebih dahulu akan menghindari korslet yang sanggup muncul akhir kunci pas yang dipakai menyentuh bracket pengikat dan bodi mobil.


4. Pasang kabel Minus (Negatif) Mobil berwarna hitam


Pasang kabel minus (Negatif) aki kendaraan beroda empat yang berwarna hitam ke kutub terminal aki negatif. Lakukan pemasangan dengan hati-hati dan tidak memukul kepala aki untuk memasukkan terminal kabel aki.

Gunakan kunci 10 atau sesuai ukuran untuk mengencangkan kabel negatif aki tersebut. Pastikan terminal aki terpasang kencang dan tidak kendor. Perhatikan langkahnya pada gabmbar cara memasang aki kendaraan beroda empat dibawah ini

Memasang aki kendaraan beroda empat memang terlihat simpel dan simpel untuk dilakukan Cara memasang aki kendaraan beroda empat yang benar dan aman


5. Periksa kembali kondisi pengencangan dan rapihkan peralatan


Langkah terakhir dari cara memasang aki kendaraan beroda empat yang benar aalah dengan menilik kembali kondisi pemasangan aki mobil, mulai dari kondisi kabel-kabel sekitar aki (agar kabel tidak ada yang terjepit), hingga kekencangan baut terminal kepala aki.

Demikianlah artikel perihal cara memasang aki kendaraan beroda empat yang benar dan kondusif yang sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memasang Aki Kendaraan Beroda Empat Yang Benar Dan Aman"

Posting Komentar