Cara Gampang Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian

Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian - Artikel ini berisi bahan wacana pengertian himpunan bagian, Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian, Contoh Soal Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian dan penyelesaiannya. Pada pertemuan kemarin, Ilmu Sains Online telah membahas bahan wacana Pengertian himpunan bagian. Untuk pertemuan kali ini, kita akan membahas bagaimana Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian dari suatu Himpunan. Untuk itu, simak terus materinya dibawah ini.

Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian  Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian
Google Image - Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian

Himpunan Bagian merupakan anggota dari suatu himpunan yang terdapat pada himpunan lainnya. Suatu himpunan A dikatakan sebagai himpunan bab B alasannya yaitu anggota Himpunan A mempunyai kesamaan dengan anggota himpunan B. Nah, Itu merupakan sekilas wacana himpunan bagian, kini kita akan mempelajari wacana bagaimana caranya menghitung banyaknya himpunan bab dari suatu himpunan. Simak dengan baik ya mitra - kawan.

Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian dari suatu Himpunan


Untuk mengetahui banyaknya himpunan bab dari suatu himpunan dalam matematika, Kita sanggup memakai cara manual dan cara cepat. Untuk cara manual, kita gunakan bila himpunan tersebut memungkinkan untuk kita gunakan cara manual. Jika tidak, kita sanggup gunakan cara cepat atau dengan memakai rumus. Berikut cara manual dan cara cepat untuk memilih banyaknya himpunan bagian.

Cara Manual

Misalkan terdapat himpunan A yang beranggotakan A ={A, I, U, E, O}. berapakah banyaknya himpunan bab dari himpunan A yang berjumlah 3 anggota? Cara penyelesaian secara manual kita sanggup mengurutkannya dari {aiu, aie, aio, aue, auo, aeo, iue, iuo, ieo, ueo} jadi himpunan bab dari anggota himpunan A yang berjumlah 3 anggota ada sebanyak 10. Terbayang bukan bila anggota himpunan nya mempunyai 10 atau lebih anggota? Untuk itu, Ilmu Sains Online akan memperlihatkan cara yang kedua. Simak dengan baik ya mitra - kawan.

Cara Cepat

Untuk sanggup memahami cara cepat memilih banyaknya himpunan bab dari suatu himpunan, kalian harus memahami konsep faktorial terlebih dahulu. Berikut ini konsep faktorial yang harus kalian pahami.

Faktorial dari suatu bilangan orisinil n yaitu suatu hasil perkalian antara bilangan bundar faktual yang kurang dari atau sama dengan n. Biasanya n faktorial  disimbolkan dengan n!. Sebagai pola yaitu 4! = 4 x 3 x 2x 1 = 24. Contoh Lain:

3! = 3x2x1 = 6
4! = 4x3x2x1 = 24
6! = 6x5x4x3x2x1 = 720
dan seterusnya.


Nah, bila kalian sudah paham maka silahkan lanjut ke konsep kombinasi. Kombinasi-r dari n unsur yang berbeda x1, x2, . . . xn yaitu seleksi tak terurut r anggota dari himpunan x1, x2, . . . xn (sub-himpunan dengan r unsur). Banyaknya kombinasi-r dari n unsur yang berbeda dinotasikan dengan C(n, r). Rumus untuk kombinasi yaitu sebagai berikut.

C(n, r) = n!/((n-r)!r!)

Contoh Soal Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian


Suatu himpunan B merupakan himpunan yang beranggotakan huruf abjad. Tentukan banyaknya himpunan bab yang beranggotakan 3 anggota dari himpunan tersebut?

Jawab

Yang pertama, kita harus tentukan terlebih dahulu banyaknya anggota himpunan B yaitu B={a, i, u, e, o}. jadi jumlah anggota dari himpunan B yaitu berjumlah 5 anggota. Langsung saja kita masukkan kedalam rumus:

C(n, r) = n!/((n-r)!r!)
C(5, 3) = 5!/((5-3)!3!)
C(5, 3) = 5!/(2!3!)
C(5, 3) = 5x4x3x2x1/((2x1)(3x2x1)
C(5, 3) = 20/2
C(5, 3) = 10

Jadi, banyaknya himpunan bab dari B yaitu sebanyak 10. Praktis bukan? dibandingkan dengan cara manual, cara cepat lebih sederhana dan gampang untuk diingat.

Cara Praktis Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian - Nah, inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan untuk kalian semua. Jika kalian belum paham, sanggup pribadi tanyakan pada kolom komen dibawah ini. Jangan lupa untuk share keteman - sahabat yang lain ya. Pada pertemuan yang akan datang, kita akan membahas bahan yang lebih menarik lagi dan tentunya bermanfaat untuk kalian semua. Harapannya kalian semua sanggup mengambil ilmu dari apa yang telah ilmu sains online berikan. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Gampang Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian"

Posting Komentar