Komponen-Komponen Rem Tromol Kendaraan Beroda Empat

Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengereman sehingga sanggup mengurangi laju putaran roda. Rem tromol ini umum dipakai pada roda pecahan belakang kendaraan beroda empat penumpang serta lebih banyak dipakai pada kendaraan beban berat menyerupai truk atau bus.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh rem tromol ialah daya pengereman yang lebih berpengaruh akhir luas penampang bidang gesek pengereman yang lebih besar dibanding dengan rem cakram.

Selain itu, konstruksi dari rem tromol sendiri mempunyai biaya yang relatif lebih murah, khususnya bila terdapat penambahan komponen untuk rem tangan dibanding dengan konstruksi pada rem cakram.

Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Tipe dan model rem tromol ini juga sebenranya ada banyak, menyerupai misalnya rem tromol tipe two leading, leading trailing, duo servo, uni servo dan lain-lain. Namun begitu komponen-komponen rem tromol ini tetap mempunyai penamaan dan fungsi yang sama.

Lantas apa saja sih komponen-komponen rem tromol ini ? Artikel dibawah berikut berisi warta mengenai macam-macam komponen rem tromol yang ombro ketahui, simak komponen rem tromol dibawah ini.


1. Backing plate


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang pertama ialah backing plate. Backing plate terbuat dari plat berbentuk bundar dengan material logam tipis yang cukup berpengaruh untuk dipakai sebagai dasar kedudukan dari komponen rem tromol lainnya menyerupai wheel cylinder, brake shoe, anchor , dan lain-lain.

Ya, fungsi dari backing plate ini ialah sebagai daerah kedudukan semua komponen rem tromol sekaligus berfungsi sebagai pelindung komponen rem tromol di dalamnya. Backing plate ini kerap dipasang menyatu dengan ujung casing differential /gardan.


2. Wheel cylinder


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang kedua ialah wheel cylinder. Wheel cylinder kerap disebut sebagai silinder roda. Wheel cylinder berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolis dari brake master cylinder menjadi gerakan mekanis yang mendorong brake shoe untuk menekan brake drum.

Di dalam Wheel cylinder sendiri, terdapat beberapa komponen wheel cylinder lainnya yaitu

  • Wheel cylinder housing berbentuk silinder dan terbuat dari materi logam yang berfungsi sebagai daerah komponen-komponen wheel cylinder lainnya.
  • Piston berfungsi sebagai komponen yang mengubah tekanan hidrolik menjadi energi gerak mekanis. Piston terhubung pribadi dengan brake shoe.
  • Piston Seal berfungsi untuk menjaga tekanan serta mencegah kebocoran minyak rem.
  • Piston Boot berfungsi untuk melindungi pecahan dalam piston dari kotoran dan debu yang sanggup menimbulkan karat.
  • Spring berfungsi untuk mengembalikan posisi piston biar selalu melekat kembali pada brake shoe guna mencegah keterlambatan daya pengereman.
  • Bleeder nut berfungsi sebagai jalan masuk yang dipakai untuk menguras dan membuang udara palsu di dalam jalan masuk sistem rem.



3. Brake shoe & lining


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ketiga ialah Brake shoe & Lining. Brake shoe sering disebut sebagai sepatu rem, terbuat dari materi plat yang berbentuk setengah lingkaran. Sedangkan lining merupakan kampas rem yang dipasangkan di atas permukaan brake shoe.

Pada beberapa model kendaraan yang memakai rem tromol, antara brake shoe dan brake lining shoe dibuat terpisah, sehingga brake lining sanggup diganti sendiri tanpa perlu membeli brake shoenya.

Brake shoe ini selalu dibuat sepasang kanan dan kiri untuk satu pecahan rem tromol, sehingga ketika brake shoe ini dipasang pada backing plate maka akan membentuk sebuah lingkaran. Brake shoe & lining ini berfungsi sebagai bidang gesek pengereman pada brake drum (tromol)

Jadi, ketika pedal rem ditekan, maka brake lining akan bergesekan dengan brake drum sehingga berkembang menjadi energi panas. Dengan begitu maka kecepatan laju pada brake drum sanggup berkurang dan berhenti.


4. Return spring


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke empat ialah return spring. Return spring berfungsi untuk menarik kembali posisi brake shoe & lining sehabis proses pengereman berlangsung

Pada dikala pedal rem ditekan, brake shoe akan bergerak ke arah luar dan menekan dengan brake drum akhir tekanan piston yang terjadi di wheel cylinder. Dan untuk mencegah biar brake shoe tidak terus menerus menekan brake drum, maka digunakanlah return spring ini untuk mengembalikan posisi brake shoe kembali ke posisi semula.

Letak return spring ini umumnya ada 2 yaitu diatas (upper spring ) dan di pecahan bawah (lower spring). Selain itu, kedua return spring ini umumnya dipasang diantara kedua brake shoe.


5. Brake shoe holder


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke lima ialah Brake shoe holder. Brake shoe holder ini terdiri dari dua pecahan utama yaitu Brake shoe holder spring dan brake shoe holder pin. Brake shoe holder spring adalah penahan brake shoe berupa pegas berbentuk coil, sedangkan brake shoe holder pin berbentuk menyerupai sebuah pin (paku).

Kedua komponen brake shoe holder ini dipasang bantu-membantu diantara brake shoe dengan backing plate dan berfungsi untuk menahan kedudukan masing-masing brake shoe biar tetap terikat dengan backing plate.


6. Brake shoe adjuster


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke enam ialah brake shoe adjuster. Brake shoe adjuster ini berfungsi untuk mengatur jarak (celah) diantara brake shoe dengan brake drum. Pada brake shoe adjuster inilah pengaturan jarak tekan pedal rem serta jarak tarik rem tangan sanggup dilakukan.

Cukup dengan memutar pecahan pemutar pada brake shoe adjuster ini maka celah antara brake shoe dan brake drum sanggup diatur besar atau kecilnya. Namun, pengaturan celah rem melalui brake shoe adjuster ini harus mengikuti hukum penyetelan yang benar untuk menghndari rem kurang pakem atau rem macet akhir kesalahan penyetelan.


7. Parking brake lever


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke tujuh ialah parking brake lever. Parking brake lever ialah tuas yang menghubungkan antara rem tangan dengan brake shoe dengan memakai parking brake cable (kabel rem parkir).

Ketika rem parkir ditarik, maka kable rem parkir akan menarik parking brake lever dan mengungkit brake shoe sehingga brake shoe akan menekan brake drum dan terjadilah pengereman.

Baca juga :


8. Brake drum / tromol


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke delapan ialah Brake drum / Tromol rem. Brake drum merupakan komponen rem tromol yang terbuat dari baja tuang dan dibuat menyerupai drum atau tabung. Fungsi dari drum ini ialah sebagai media gesek bersama brake shoe biar putaran roda sanggup dikurangi atau berhenti.

Brake drum ini tersambung dengan roda melalui baut roda. Dengan demikian, ketika roda kendaraan beroda empat berputar maka brake drum juga akan berputar. Disaat brake shoe menekan brake drum maka akan muncul energi panas diantara keduanya sehingg akan menimbulkan putaran pada brake drum menjadi berkurang dan berhenti.


9. Rubber plug


Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke sembilan ialah rubber plug. Rubber plug ini merupakan karet epilog lubang pada backing plate yang khusus di gunakan dikala melaksanakan penyetalan celah brake shoe.

Umumnya lubang ini akan pribadi mengarah pada setelan brake shoe adjuster. Untuk melaksanakan penyetelan pada brake shoe adjuster kita perlu membuka rubber plug ini dan memasukkan obeng minus ke dalam lubang tersebut guna menyetel celah brake shoe.


10. Parking brake cable


Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke sepuluh ialah parking brake cable. Parking brake cable merupakan kabel rem tangan yang terhubung dengan parking brake lever. Kaprikornus ketika rem tangan ditarik, maka parking brake cable ini akan menarik parking brake lever sehingga brake shoe akan menekan brake drum dan mengaktfkan fungsi rem tangan.


11. Anchor

Rem tromol merupakan rem yang memakai drum dan kampas rem sebagai media gesek pengerem Komponen-komponen rem tromol kendaraan beroda empat

Komponen rem tromol kendaraan beroda empat yang ke sebelas ialah anchor. Anchor merupakan komponen pada sistem rem tromol terpasang pada backing plate dan menjadi acuan dari brake shoe. Anchor berfungsi sebagai penyangga brake shoe. Umumnya, pada rem tromol terdapat dua macam anchors, yaitu anchors pin tetap dan anchor pin geser.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Komponen-Komponen Rem Tromol Kendaraan Beroda Empat"

Posting Komentar