Benda Tegar Dan Dampak Rotasi Pada Benda Tegar

Hai teman bangkusekolah.com, apa kabarnya? Semoga tetap semangat belajar.


Pada kesempatan kali ini, teman bangkusekolah sanggup mempelajari mengenai benda tegar dan dampak rotasi pada benda tegar. Sebelum membahas mengenai benda tegar lebih lanjut, kau perlu mengetahui apa itu benda tegar.


Pengertian Benda Tegar


Benda tegar yaitu benda yang tidak mengalami perubahan jawaban gaya. Sebenarnya, semua benda sanggup berubah bentuk jawaban perubahan gaya. Akan tetapi, perubahan yang terjadi pada benda tegar sangat kecil, sehingga keseimbangan statisnya sanggup diabaikan.


Untuk memahami apa yang dimaksud sebagai benda tegar, kami berikan contohnya.


Misalnya, ada dua buah batang, terdiri dari besi dan campuran gandum. Kedua benda tersebut terang mempunyai tekstur yang berbeda. Besi sifatnya keras dan campuran gandum mempunyai sifat yang lembek.


Ketika kedua benda tersebut diputar dengan memegang salah satu ujungnya, apa yang akan terjadi? Batang besi bentuknya akan relatif tetap. Sementara batang yang terbuat dari campuran gandum akan berubah bentuk. Saat benda ini berputar pada frekuensi tertentu, benda dari campuran gandum akan meregang dan tidak sanggup kembali ke bentuk semula. Jadi, benda keras dari besi disebut benda tegar. Lalu, benda yang lunak disebut sebagai benda bukan tegar.


Pengaruh Torsi Terhadap Benda Tegar


Bagaimana? Sudah tahu mengenai benda tegar bukan? Sekarang, apa itu torsi? Berikut ini kita akan membahas mengenai dampak torsi pada benda tegar yang sanggup dilihat dari jungkat-jungkit berikut.


 teman bangkusekolah sanggup mempelajari mengenai benda tegar dan dampak rotasi pada benda Benda Tegar Dan Pengaruh Rotasi Pada Benda Tegar


Kira-kira apa yang akan terjadi jikalau kau meletakkan bola di titik A, titik B atau di titik C? Ketika kau menaruh bola di titik A, kau akan melihat bahwa batang jungkat jungkit mengguling ke arah yang berkebalikan dengan arah jarum jam.


Lalu, saat bola ditaruh di titik B, batang tidak mengguling atau tetap. Kemudian, kalau bola ditaruh pada titik C, maka batang akan mengguling dengan gerakan searah dengan putaran jarum jam.


Nah, saat batang jungkat jungkit itu mengguling, gerakan ini disebabkan oleh dampak torsi. Torsi yaitu gaya yang memengaruhi suatu benda dengan jarak tertentu terhadap titik sentra benda. Lalu, jarak tegak lurus poros rotasi dengan garis sentra massa benda disebut sebagai lengan momen. Jadi, torsi disimpulkan sebagai hasil kali antara jarak lengan gaya dengan gaya. Berikut rumusnya :


T = F. l


Keterangan:


T : momen gaya (Hm)

F : gaya (N)


l  : lengan gaya (m)


Bagaimana? Sudah tahu kan apa itu benda tegar dan bagaimana dampak rotasi dengan benda tegar? Semoga klarifikasi di atas sanggup membantu kau ya sobat.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Benda Tegar Dan Dampak Rotasi Pada Benda Tegar"

Posting Komentar