Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus Di Jepang: Aktivitas 2019

Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus di Jepang jadwal SENSHU (Specialized Training College – Sekolah Keahlian Khusus) yang ditawarkan oleh Monbukagakusho/MEXT (Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknonogi Jepang) ini merupakan peluang besar bagi siswa-siswi Indonesia jurusan IPS yang berminat melanjutkan studinya di Specialized Training College, Jepang.


Program SENSHU yaitu jadwal beasiswa sekolah keahlian khusus yang diberikan oleh pemerintah Jepang untuk siswa-siswi supaya mempunyai keahlian khusus untuk memenuhi kebutuhan industri yang berkembang di masa depan. Program beasiswa ke Jepang ini ditawarkan untuk anak IPS dan IPA, bahkan jurusan bahasa di level SMA/SMK/sederajat. Blog ini menyaring informasi beasiswa sekolah di Jepang hanay untuk lulusan IPS saja.







Sebagaimana yang sudah disinggung di postingan lain, jadwal SENSHU menunjukkan lulusan IPS SMA/sederajat di Indonesia untuk melanjutkan studi keahlian khusus dengan pilihan bidang studi sebagai berikut: Teknologi, Personal Care dan Nutrisi, Pendidikan dan Kesejahteraan, Bisnis, Fashion dan Ekonomi Rumah Tangga, Budaya dan Pendidikan Umum, dan lain sebagainya.


Berikut ini saya paparkan informasi detail mengenai jadwal seleksi, fasilitas, persyaratan, pilihan bidang studi, dokumen yang diperlukan, tahap penyeleksian, dan cara mendaftar beasiswa ke Jepang jadwal SENSHU 2019.


Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus di Jepang jadwal SENSHU  Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus di Jepang: Program 2019


 


 


Jadwal Seleksi


Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus di Jepang jadwal SENSHU  Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus di Jepang: Program 2019


Fasilitas



  • Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan)

  • Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan

  • Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang

  • Bebas biaya pengurusan visa pelajar

  • Tanpa ikatan dinas


Pilihan bidang studi


Pelamar sanggup menentukan paling banyak 2 bidang studi dalam 1 Field of Study yang sama. Apabila menentukan “Other Filed/Subjects, pelamar wajib menuliskan dengan terperinci apa yang ingin dipelajari di formulir aplikasi. Klik di sini untuk membaca pilihan bidang studi






Persyaratan



  • Lulusan SMA/SMK/sederajat

  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2019 (Pelamar yang lahir antara 2 April 1994 – 1 April 2002).

  • Nilai rata-rata Ujian Nasional murni minimal 84.

  • Bagi pelamar yang mempunyai nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 84, tetap bisa mendaftar kalau mempunyai akta Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3.

  • Pelamar diutamakan bisa berbahasa Jepang minimal kemampuan dasar.

  • Bagi pelamar yang mempunyai salah satu kondisi/situasi berikut, tidak sanggup mendaftar beasiswa jadwal ini. Silakan klik di sini -PDF- untuk menbaca


Dokumen yang diperlukan



  1. Lembar print-out e-mail konfirmasi pendaftaran online, berisi nomor ujian pelamar (pelajari bab cara mendaftar poin 1-3).

  2. Formulir pendaftaran 2019 (d0wnl0ad di sini)


Isi formulir dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang

Pasfoto berwarna

Ukuran 3,5 x 4,5 cm. Formal. Latar polos, warna latar bebas.

Diambil 6 bulan terakhir. Tempel pasfoto pada kotak foto yang tersedia pada setiap application form, bukan di-print atau fotokopi.



  1. Fotokopi SHUN (bagi lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya) / fotokopi SHUN sementara (bagi lulusan 2018).


Fotokopi SHUN/SHUN sementara harus dilegalisasi/dicap berair orisinil oleh sekolah.

(lihat ** catatan di bawah)*wajib*



  1. Fotokopi Ijazah (bagi lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya) / fotokopi Ijazah sementara (bagi lulusan 2018).


Fotokopi Ijazah/Ijazah Sementara harus dilegalisasi/dicap berair orisinil oleh sekolah.

(lihat ** catatan di bawah) *wajib*


**catatan


Bagi lulusan 2018, apabila sekolah Anda hanya mengeluarkan 1 buah surat saja (misal: Surat Keterangan Lulus saja), namun dalam surat tersebut sudah terdapat informasi yang menyebutkan bahwa siswa yang bersangkutan telah LULUS dan tercantum hasil nilai UN, maka cukup melampirkan fotokopi surat tersebut saja (tidak perlu dokumen poin 3 & 4).


Surat tersebut harus dilegalisasi/ cap berair orisinil oleh sekolah.



  1. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah atau guru (salah satu saja) di SMA/ Sekolah Menengah kejuruan dan sederajat.


Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia (d0wnl0ad di sini -word).

Surat rekomendasi harus dilegalisasi/dicap berair orisinil oleh sekolah.



  1. Fotokopi sertifikat/ hasil nilai JLPT* bagi yang sudah mempunyai saja *







Tahap penyeleksian


Sistem penyeleksian yang dipakai yaitu sistem gugur. Tahap penyeleksian beasiswa ini sebagai berikut:


Tahap Primary Screening



  1. Seleksi Dokumen.


Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar pada tanggal 14 Juni 2018. Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.



  1. Ujian Tulis


Materi ujian tulis yaitu sebagai berikut: Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Jepang. Soal ujian matematika ditulis dalam bahasa Inggris.


Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar.



  1. Ujian Wawancara


Bagi yang lulus seleksi ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan fasilitas tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.


Tahap Secondary Screening



  1. Bagi yang lulus primary screening akan Kedutaan Besar Jepang rekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.

  2. Peserta yang lulus seleksi selesai (secondary screening) di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi peserta beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Januari 2019.







Cara mendaftar



  1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar. Pelamar melaksanakan pendaftaran online terlebih dahulu melalui website berikut: http://register.beasiswamext.or.id/

  2. Khusus lulusan sebelum tahun 2017 yang mengikuti 6 mata pelajaran Ujian Nasional: Silakan pilih salah satu dari 3 mata pelajaran pilihan yang ada pada kolom “Mata Pelajaran Pilihan” di form pendaftaran online.

  3. Setelah melaksanakan pendaftaran online, Anda akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dan harap menyimpan/mengingat “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak mendapatkan e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam pada e-mail Anda.

  4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen sanggup dilihat pada keterangan sebelumnya.

  5. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Silakan tulis isyarat “Senshu 2019” pada kanan atas amplop.

  6. Berkas dikirim atau diserahkan pribadi ke:


Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)

Kedutaan Besar Jepang

Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350



  1. Penyeleksi beasiswa tidak mendapatkan berkas yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

  2. Berkas sudah harus datang di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat:

    • 2 Mei 2018 bagi pelamar Tahap I

    • 25 Mei 2018 bagi pelamar Tahap II





  1. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak sanggup dikembalikan dengan alasan apapun.


Apabila ada pertanyaan terkait beasiswa sekolah ke Jepang ini silahkan kontak via email beasiswa@dj.mofa.go.jp


Sumber informasi beasiswa



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus Di Jepang: Aktivitas 2019"

Posting Komentar