Studi Eksperimental Penggunaan Tulangan Pengekang Tidak Standar Yang Dimodifikasi Pada Kolom Persegi Beton Bertulang

Salah satu persyaratan penting untuk konstruksi tahan gempa yang terkait dengan pengekanga Studi Eksperimental Penggunaan Tulangan Pengekang Tidak Standar yang Dimodifikasi pada Kolom Persegi Beton Bertulang


ABSTRAK


Salah satu persyaratan penting untuk konstruksi tahan gempa yang terkait dengan pengekangan yakni pemasangan tulangan pengekang dengan kait gempa 1350 pada sengkang. Dalam pelaksanaannya banyak pelaksana konstruksi memakai tulangan pengekang dengan kait 900 atau dengan konfigurasi dobel C (tidak sesuai standar).


Berdasarkan beberapa hasil penelitian dan beberapa catatan dari insiden gempa di Indonesia akhir-akhir ini, pemasangan tulangan pengekang yang tidak sesuai standar untuk kolom beton bertulang menghasilkan kinerja yang jelek sebagai struktur tahan gempa.


Makalah ini memaparkan hasil eksperimen yang bertujuan membuatkan elemen embel-embel (pen-binder) untuk meningkatkan efektivitas pengekangan kolom beton dengan tulangan pengekang yang tidak sesuai standar.


Salah satu persyaratan penting untuk konstruksi tahan gempa yang terkait dengan pengekanga Studi Eksperimental Penggunaan Tulangan Pengekang Tidak Standar yang Dimodifikasi pada Kolom Persegi Beton Bertulang


Efektivitas dari embel-embel elemen untuk meningkatkan kinerja pengekangan pada beberapa konfigurasi tulangan pengekang yang tidak standar ini diuji dengan beban aksial dan lateral siklis. Benda uji berjumlah 5 buah kolom, dimensi penampang 260 mm x 260 mm dan tinggi 1500 mm.


Variabel pengujian yakni jenis material pen-binder,level beban aksial dan sudut kait yang dipakai dalam tulangan pengekang. Hasil pengujian menawarkan bahwa modifikasi terhadap tulanga pengekang tidak standar efektif mengekang inti beton, meningkatkan daktilitas dan kemampuan disipasi energy kolom benda uji.


Untuk mend0wnl0ad paper selengkapnya silahkan klik link berikut



Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Studi Eksperimental Penggunaan Tulangan Pengekang Tidak Standar Yang Dimodifikasi Pada Kolom Persegi Beton Bertulang"

Posting Komentar