✔ Audit Produksi Dan Operasi

Hallo agan & sis pengunjung setia candraekonom, kali ini admin akan membahas mengenai Audit Produksi dan Operasi. Seperti yang kita ketahui bahwa audit produksi dan operasi melaksanakan evaluasi secara komprehensif terhadap keseluruhan fungsi dan kiprah produksi dan operasi untuk memilih apakah fungsi ini telah berjalan dengan semestinya/memuaskan (ekonomis, efektif dan efisien). Audit ini dilakukan tidak hanya terbatas pada unit produksi tetapi juga berlaku untuk keseluruhan proses produksi dan operasi. Audit ini juga berperan untuk melengkapi fungsi pengendalian kualitas.

Beberapa alasan yang mendasari perlu dilakukannya audit ini, antara lain :
1.      Proses produksi dan operasi harus berjalan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan.
2.      Kekurangan/kelemahan yang terjadi harus ditemukan sehingga segera sanggup diperbaiki.
3.      Konsistensi berjalannya proses harus diungkapkan.
4.      Pendekatan proaktif harus menjadi dasar dalam peningkatan proses.
5.      Berjalannya tindakan korektif harus mendaat dorongan dan sumbangan dari banyak sekali pihak yang terkait.
Ruang Lingkup Audit produksi dan operasi mencakup keseluruhan dari program/aktivitas yang dikelola pada fungsi ini, yang merupakan bab dari wewenang dan tanggung jawab untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Secara keseluruhan ruang lingkup audit produksi dan operasi mencakup :
a.      Rencana produksi dan operasi
Rencana produksi dan operasi mengakomodasi rencana fungsi-fungsi bisnis lain, yang merupakan pembagian terstruktur mengenai dari rencana pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan. Rencana ini menghubungkan kebutuhan pasar atas produk yang dipersyaratkan, kegiatan pengembangan dan rekaya, kapasitas produksi, rencana persediaan, keuangan, ketersediaan SDM, materi baku, dan tingkat imbal hasil investasi yang dipersyaratkan investor.
b.      Produktivitas dan peningkatan nilai tambah
Transformasi yang mengubah input menjadi output selalu diikuti dengan peningkatan   nilai tambah. Nilai tambah mencakup seluruh perjuangan dalam meningkatkan manfaat yang diperoleh baik oleh perusahaan maupun pelanggan. Faktor terpenting dalam perjuangan meningkatkan nilai tambah yaitu adanya kesepakatan untuk beroperasi secara efisien pada semua tingkatan dalam perusahaan.
Salah satu metode yang dipakai perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah pada perusahaannya yaitu dengan menerapkan lean production, yaitu suatu metode yang dikembangkan produsen yang mengunkan fokus berulang dalam rancangan prosesnya bisa secar signifikan meberi laba bagi perusahaan yang menerapkannya. Metode ini menekankan kesempurnaan proses yang berjalan dengan mengeliminasi celah-celah kesalahan yang masih terbuka.
Keunggulan lain dari lean production, yang disukung oleh keebijakan dan praktik produksi yang secara maksimal mengoptimalkan penfgunaan sumber daya perusahaan untuk meningkatkan keunggulan bersaing, dimana kebijakan dan praktik tersebut mencakup :
1.      Penghapusan persediaan (Zero Inventory)
2.      Tingkat cacat nol (zero defect)
3.      Meminimalkan kebutuhan kawasan (gudang).
4.      Kemitraan dengan pemasok
5.      Tanggung jawab pemasok
6.      Meminimalkan kegiatan yang tidak menambah nilai
7.      Pengembangan angkatan kerja
8.      Menciptakan tantangan dalam bekerja.
c.       Pengendalian Produksi dan Operasi
Pengendalian produksi dan operasi menyangkut pengamatan atas korelasi antara proses yang berjalan dengan standar (kriteria) operasi yang telah ditetapkan. Pengamatan ini bertujuan untuk memandu proses semoga tidak keluar dari standar operasi pencapaian tujuan perusahaanagar berkesinambungan antara sumber daya yang tersedia dengan ajakan total sanggup dipertahankan. Dalam praktik administrasi modern selruh lapisan administrasi dan karyawan bertanggung jawab secara proporsional terhadap berjalannya operasi secara efektif dan efisian serta dihasilkannya produk yang memenuhi standar kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu dengan pengorbanan yang minimal.


Sekian dulu pembahasan kita kali ini, kalau ada yang ingin agan & sis komentari ataupun memperlihatkan saran kami akan sangat bahagia menerimanya dengan meninggalkan jejak diblog ini atau kunjungi email kami candraekonom@gmail.com, dan jangan lupa untuk terus dukung kami semoga sanggup memperlihatkan artikel bermanfaat dan menarik bagi agan & sis. 

Sumber http://candraekonom.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Audit Produksi Dan Operasi"

Posting Komentar