8 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Selain dipakai rimpangnya sebagai rempah 8 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan
Selain dipakai rimpangnya sebagai rempah, obat, dan materi pewarna, kunyit juga telah dipakai sebagai produk kecantikan selama berabad-abad.

Kunyit (Curcuma longa) telah dianggap sebagai penggalan penting dari budaya India selama setidaknya 4000 tahun. Selain dipakai rimpangnya sebagai rempah, obat, dan materi pewarna, kunyit juga telah dipakai sebagai produk kecantikan selama berabad-abad. Artikel ini akan membahas beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan.


Baca juga artikel mengenai Cara Menanam Kunyit Di Dalam Pot.


Bagaimana kunyit bekerja sehingga bermanfaat untuk kecantikan?



  • Kunyit mengandung curcumin yang menghambat produksi melamin sehingga bisa mencerahkan kulit.

  • Sifat antibakteri kunyit mengurangi jerawat dan bekas jerawat.

  • Sifat antioksidan pada kunyit melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas.

  • Vitamin C yang ada di dalamnya membantu membangun kolagen dan menjaga elastisitas kulit.

  • Vitamin B6 hadir untuk mendorong produksi sel gres dan sehat.

  • Kalium hadir sebagai hidrat dan melembabkan sel-sel kulit.


Manfaat Kunyit untuk Kecantikan


Berikut beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan kulit, rambut, dan kuku:


1. Mengobati jerawat


Selain dipakai rimpangnya sebagai rempah 8 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan
Anda bisa menciptakan sendiri masker wajah yang terbuat dari kunyit ditambah perasan lemon untuk menghilangkan jerawat.

Kunyit efektif dalam mengobati jerawat lantaran sifat antiseptik dan antibakteri yang dimilikinya. Campurkan debu kunyit dan perasan lemon pada mangkuk dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.


2. Melawan gejala penuaan


Kurkuminoid yaitu senyawa pada kunyit yang mempunyai sifat antikosidan berpengaruh yang sebanding dengan vitamin A dan E. Solusi yang paling umum direkomendasikan oleh para dermatologis yaitu mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan.


3. Menghilangkan keriput


Selain dipakai rimpangnya sebagai rempah 8 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan
Kunyit efektif dalam mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Campurkan sedikit debu kunyit dengan 2 sendok susu mentega ke dalam wadah . Aduk rata. Oleskan pada wajah yang terdapat keriput, diamkan selama 30 menit dan basuh dengan air bersih.


4. Memudarkan flek hitam


Bubuk kunyit benar-benar mempunyai khasiat memudarkan bintik-bintik gelap pada wajah. Campurkan 1 sendok teh debu kunyit, susu, dan 1 sendok teh jus lemon. Oleskan pada kawasan yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Jika Anda tidak mempunyai susu atau lemon di rumah, bisa juga memakai minyak zaitun atau madu.


5. Mengontrol kulit berminyak


Minyak berlebih pada kulit wajah biasanya disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Kunyit mengandung asam lemak dan pitosterol, yang telah diamati bisa mengurangi minyak berlebih pada kulit.


6. Mengobati tumit pecah-pecah


Kandungan kurkuminoid yang banyak terdapat pada kunyit mempunyai sifat antibakteri dan anti-inflamsi yang sanggup mengembalikan kelembaban pada tumit Anda. Campurkan 3 sendok makan debu kunyit dengan beberapa tetes minyak kelapa. Oleskan pada tumit.


7. Mengobati ketombe dan rambut rontok


Selain dipakai rimpangnya sebagai rempah 8 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan
Komponen utama yang terdapat dalam kunyit yaitu kurkumin bisa mengatasi banyak sekali masalah pada rambut dan kulit kepala.

Infeksi kulit kepala dan ketombe sanggup mengakibatkan rambut rontok, dalam perkara tersebut, kurkumin (komponen aktif) hadir dalam kunyit membantu untuk menyembuhkan infeksi, gatal-gatal dan menghilangkan pengelupasan yang merupakan penyebab utama kerontokan.


8. Menyehatkan kuku


Kuku yang tidak sehat ditandai dengan teksturnya yang kasar, terdapat bercak kuning sampai hitam bahkan yang paling parah yaitu retak-retak. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh jamur kuku dan banyak terjadi pada kuku kaki. Sifat antibakteri pada kunyit secara permanen menghalau jamur dari kuku Anda. 


Campurkan debu kunyit dengan air sampai terbentuk menyerupai pasta. Oleskan pribadi pada kuku . Lakukan setiap hari sampai jamur benar-benar hilang dari kuku Anda.


Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan. Bukankah lebih baik memakai materi alami menyerupai kunyit dibandingkan dengan produk perawatan yang mengandung materi kimia? Yuk. Hidup sehat dan elok mulai dari kini 🙂


Dapatkan produk bibit flora kunyit disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "8 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan"

Posting Komentar