Tapak Liman, Flora Herbal Yang Berguna Sebagai Pengobatan Tradisional

Tanaman yang tumbuh melebar dan menutupi tanah ini ternyata mempunyai banyak khasiat dan te Tapak Liman, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Sebagai Pengobatan Tradisional
Tanaman yang tumbuh melebar dan menutupi tanah ini ternyata mempunyai banyak khasiat dan telah usang dijadikan sebagai materi pengobatan tradisional.

Tapak liman yaitu salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari daerah tropis di Amerika. Tanaman ini tumbuh rindang di area kebun, ladang, atau di daerah yang akrab dengan sumber air. Tapak liman mempunyai nama lokal di masing-masing daerah, ibarat di Madura, orang-orang biasa memanggil tapak liman ini dengan nama telpak tana.


Tanaman obat yang satu ini mempunyai daun yang memanjang, tidak besar dan tumbuh melekat pada permukaan tanah. Di bab tengah daunnya tumbuh sebuah batang yang akan menghasilkan bunga dan mempunyai rambut halus.


Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya


Khasiat Tanaman Tapak Liman Sebagai Obat Tradisional


Berikut beberapa manfaat tapak liman untuk kesehatan:


1. Mengobati Diare


Ternyata tapak liman mempunyai banyak khasiat dalam pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu untuk mengobati diare. Orang-orang yang mengalami diare biasanya meminum air rebusan daun tapak liman ini sebagai obat tradisional.


2. Mengobati buang air besar berdarah


Tidak hanya untuk mengobati diare, daun tapak liman pun bisa dipakai oleh seseorang yang mengalami buang air besar berdarah. Daun liman akan bereaksi dalam melancarkan buang air besar dan membekukan pendarahan.


3. Sebagai anti inflamasi


Daun tapak liman mempunyai manfaat anti inflamasi, yaitu sanggup dipakai untuk mengatasi radang pada tubuh. Tidak hanya radang di bab luar tubuh, radang usus dan tenggorokkan pun sanggup diobati dengan daun tapak liman ini.


Tanaman yang tumbuh melebar dan menutupi tanah ini ternyata mempunyai banyak khasiat dan te Tapak Liman, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Sebagai Pengobatan Tradisional
Ilustrasi daun tapak liman yang telah dikeringkan.

4. Berbagai manfaat lain dari tapak liman


Khasiat lain dari daun tapak liman ini yaitu untuk mengobati anemia; meredakan nyeri haid; mengobati hepatitis. Tapak liman mengandung zat besi yang sanggup membantu penderita anemia. Zat besi bisa membantu badan dalam menambah produksi sel darah merah.


Daun tapak liman mempunyai kemampuan menenangkan otot pada organ perut perempuan yang nyeri ketika haid. Sebagai pengobat hepatitis, daun tumbuhan liman pun bisa mencegah kembali datangnya penyakit hepatitis. Daun tapak liman bisa mempercepat pengeringan luka dan cacar air. Selain itu daun tapak liman pun sanggup meredakan batuk dan mencairkan dahak di tenggorokan, serta mengobati keputihan.


Baca juga: Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Tabat Barito


Sekian gosip mengenai tapak liman, tumbuhan herbal yang mempunyai kegunaan sebagai pengobatan tradisional. Semoga gosip ini bermanfaat bagi Anda.


Cek harga tumbuhan tapak liman di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tapak Liman, Flora Herbal Yang Berguna Sebagai Pengobatan Tradisional"

Posting Komentar