Prediksi Nilai Modulus Elastisitas Tanah Dari Cbr Test

Pada desain dan analisis struktur geoteknik ibarat desain pondasi Prediksi Nilai Modulus Elastisitas Tanah dari CBR Test


Pada desain dan analisis struktur geoteknik ibarat desain pondasi, stabilitas lereng, analisis penurunan bangunan, perkerasan jalan, dan lain-lain, seringkali diharapkan data modulus elastisitas, namun parameter tanah yang satu ini cukup sulit didapatkan. Pada umumnya untuk memperoleh nilai modulus elastisitas, para insinyur memakai uji Trixial. Namun bagaimana jikalau salah satu engineering properties tersebut tidak ada?.














Beberapa peneliti mencoba merumuskan kekerabatan antara modulus elastisitas dan parameter tanah lain untuk mempermudah proses analisis dan desain geoteknik. Salah satunya memakai nilai California Bearing Ratio (CBR) yang banyak ditemui pada pekerjaan perkerasan jalan raya untuk mengetahui bearing capacity atau daya dukung suatu lapisan tanah menurut ASTM D 1883 – 99.


Beberapa peneliti telah melaksanakan studi untuk mendapat kekerabatan hubungan antara nilai CBR dan modulus elastisitas, diantaranya:



  1. Heukelom dan Klomp (1998) melaksanakan studi untuk mengetahui kekerabatan CBR dan modulus elastisitas, berlaku untuk CBR < 10%


E ∼ 10 CBR (MPa)



  1. Croney dan Croney (1991) melaksanakan studi untuk mengetahui kekerabatan CBR dan modulus elastisitas.


E = 6,6 CBR (MPa)



  1. NAASRA (1950) menyusun persamaan kekerabatan modulus elastisitas dan CBR dengan membagi menjadi dua rentang nilai CBR, dimana untuk CBR < 5% digunakan:


E = 16,2 CBR0,7 (MPa


sedangkan untuk CBR > 5% digunakan: E = 22,4 CBR0,5 (MPa)



  1. Powell, Potter, Mayhew dan Nunn (1984) melaksanakan studi TRRL untuk mengetahui kekerabatan modulus elastisitas dan CBR, dipakai untuk nilai CBR <12%:


E = 17,6 CBR0,64 (MPa)



  1. Angell (1988) melaksanakan studi untuk mengetahui kekerabatan modulus elastisitas dan CBR, sanggup dipakai untuk nilai CBR <15%:


E = 19 CBR0,68 (MPa)


Dengan adanya persamaan kekerabatan yanag dirumuskan oleh beberapa peneliti tersebut, kini para insinyur sanggup menggunakannya untuk memprediksi besarnya modulus elastisitas suatau tanah jikalau hanya mempunyai nilai CBR. Semoga bermanfaat.













Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Prediksi Nilai Modulus Elastisitas Tanah Dari Cbr Test"

Posting Komentar