Perkuatan Pelat Jembatan Dek Baja Dengan Overlay Beton Bertulang

ABSTRAK


Penelitian perihal metode perkuatan pelat jembatan komposit dek baja bergelombang (CSD) telah dilakukan dengan mempertebal pelat memakai overlay beton bertulang. Pengujian Laboratorium dalam skala 1:2 dilakukan dengan menciptakan dan menguji 12 komponen pelat komposit tebal 95 mm, lebar 500 mm dan panjang 2 kali 700 mm berupa pelat menerus satu arah.


Penelitian perihal metode perkuatan pelat jembatan komposit dek baja bergelombang  Perkuatan Pelat Jembatan Dek Baja dengan Overlay Beton Bertulang


Tiga pelat kontrol dan 9 pelat dengan perkuatan diuji hingga runtuh, delapan pelat diberikan pembebanan awal hingga terjadi retak awal pada kawasan referensi tengah untuk menirukan pelat yang sudah retak. Analisis dengan model elemen hingga (MEH) memakai aktivitas LUSAS v 13.57 juga dilakukan sebagai perbandingan.


Perilaku elastis pelat tanggapan dua beban garis diamati dalam bentuk grafik beban-lendutan pada umur beton overlay 3, 7 dan 28 hari, dengan materi accelerator pada beton overlay. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa kekuatan dan kekakuan elastis pelat dengan overlay beton meningkat secara meyakinkan dengan nilai masing-masing 45% dan 100% pada umur overlay 3 hari. Pada umur overlay 3 dan 7 hari kekuatan pelat komposit hampir mencapai kekuatan pelat pada umur 28 hari.


Model Elemen Hingga memperlihatkan kekuatan dan kekakuan pelat yang lebih besar dari hasil pengujian laboratorium, namun sikap kedua pelat mirip, dimana, pada pembebanan yang lebih tinggi kekakuan pelat menurun.


Untuk mengunduh full papernya di link d0wnl0ad



Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perkuatan Pelat Jembatan Dek Baja Dengan Overlay Beton Bertulang"

Posting Komentar