Pengaruh Hormon Auksin Pada Perpanjangan Dan Pembesaran Sel Tanaman

Pengaruh Hormon Auksin pada Perpanjangan dan Pembesaran Sel Tanaman - Auksin merupakan zat tumbuh yang pertama ditemukan. Pengaruh auksin terutama pada perpanjangan atau pembesaran sel. Sifat dasar auksin yang mensugesti perpanjangan sel ini sering dipakai sebagai pengukur kecepatan pertumbuhan tanaman.

Beberapa respons pertumbuhan sanggup ditunjukkan dan dikendalikan oleh auksin. Fototropisme yang merupakan insiden pembengkokan ke arah cahaya dari kecambah yang sedang tumbuh, sanggup didasarkan oleh penyebaran auksin pada bagaian tersebut yang tidak merata.

Pengaruh auksin pada perpanjangan sel tumbuhan sanggup digambarkan dari hasil-hasil percobaan sebagai berikut:
  1. Bila ujung batang tumbuhan Avena sativa dipotong, maka pertumbuhan kaleoptil terhambat, akan tetapi jika ujung batang ini ditempelkan kembali pertumbuhan akan terjadi lagi.
  2. Apabila kepingan ujung batang Avena sativa tadi ditaruhkan pada sepotong biar lalu pada bab bawahnya diletakkan kepingan lainnya maka pertumbuhan kaleoptil akan terjadi juga.
Auksin dibuat di ujung batang dan merangsang pertumbuhan kaleoptil. Auksin merupakan istilah umum dari IAA yang mensugesti pertumbuhan batang ke atas dan ke bawah, hormon ini sanggup merangsang ataupun menghambat pertumbuhan tumbuhan tergantung pada konsentrasinya.

Selain itu, konsentrasi auksin yang sama sanggup memperlihatkan dampak berlainan pada pertumbuhan batang. pucuk, dan akar. Seperti fototropisme (pertumbuhan ke arah cahaya), geotropisme (pertumbuhan ke arah bumi). Auksin dibuat dalam ujung kaleoptil bergerak ke bawah (basipetal).

Auksin berfungsi untuk: merangsang perpanjangan sel merangsang pembentukan bunga dan buah memperpanjang titik tumbuh.

Senyawa auksin jika terkena matahari akan berkembang menjadi senyawa yang justru akan menghambat pertumbuhan. Hal inilah yang mengakibatkan batang membelok ke arah datangnya sinar jika diletakkan mendatar, alasannya yakni bab yang tidak terkena sinar pertumbuhannya lebih cepat dari bab yang terkena sinar sinar.

Sumber http://kttsaraswati.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengaruh Hormon Auksin Pada Perpanjangan Dan Pembesaran Sel Tanaman"

Posting Komentar