Penyusutan Aset Tetap Metode (Satuan) Unit Produksi

Penyusutan aset tetap yang dihitung menurut dasar penggunaan sanggup dibagi menjadi metode jam kerja dan metode unit produksi. Di pos ini: Penyusutan ASet Tetap Metode Jam Kerja / Jasa, kita sudah membahas wacana penyusutan aset tetap metode jam kerja, di mana penyusutan aset tetap memakai metode jam kerja menghitung penyusutan menurut pada jam kerja mesin tersebut. 

Selain metode jam kerja, kita juga mengenal penyusutan aset tetap menurut dasar penggunaannya yaitu metode penyusutan aset tetap unit produksi (productive output method)

Pada penyusutan metode unit produksi, estimasi era manfaat aset tetap dinyatakan dalam kapasitas produksi yang sanggup dihasilkan oleh mesin. Kaprikornus penyusutan dihitung menurut besar kecilnya kapasitas produksi per unit yang dihasilkan per tahun. 

Semakin besar / banyak unit produksi kasatmata yang bisa dihasilkan oleh mesin, maka semakin besar pula biaya penyusutan aset tetap mesin dalam satu tahun. Cara menghitung tarif penyusutan untuk metode unit produksi ialah sebagai berikut: 

Tarif penyusutan: Produksi yang dihasilkan / kapasitas produksi total 

Biaya penyusutan: Tarif penyusutan x dasar penyusutan 

Dasar penyusutan: Harga perolehan - nilai sisa (residu) 

Contoh soal pentyusutan aset tetap metode unit produksi: 

Perusahaan mempunyai aset tetap mesin dengan harga perolehan Rp500.000.000. Masa manfaat mesin tersebut ialah 5 tahun, dengan nilai residu hingga tamat tahun kelima sebesar Rp50.000.000. Mesin perusahaan diprediksi bisa menghasilkan 20.000.000 unit produksi. Pada tahun pertama, jumlah produksi kasatmata yang dihasilkan ialah sebesar 4.000.000 unit. Maka besarnya tarif penyusutan dan biaya penyusutan ialah sebagai berikut: 

Tarif penyusutan: 4.000.000 / 20.000.000 * 100% = 20%

Biaya penyusutan: 20% (500.000.000 - 50.000.000) = 90.000.000 

Perhitungan ini berlaku juga untuk tahun kedua dan seterusnya hingga pada era manfaat aset di tahun kelima. Pada metode penyusutan ini, besarnya nilai penyusutan bisa bervariasi tergantung dari jumlah produksi kasatmata yang sanggup dihasilkan oleh mesin. 

Perhitungan penyusutan unit produksi tahun pertama hingga tahun kelima bisa anda lihat pada tabel dibawah ini: 

Penyusutan aset tetap metode unit (satuan produksi) - Klik gambar untuk memperbesar
Itulah pengertian penyusutan aset tetap metode unit produksi serta pola cara menghitung penyusutan dengan metode ini. Semoga bermanfaat untuk anda. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyusutan Aset Tetap Metode (Satuan) Unit Produksi"

Posting Komentar