Penyebab Ball Joint Kendaraan Beroda Empat Rusak

Ball joint merupakan pecahan terpenting pada sistem suspensi yang berfungsi untuk menopang dan menjadi titik tumpu komponen suspensi lainnya menyerupai suspension arm atau link. Ball joint juga kerap mendapatkan hentakan dan getaran yang terjadi di roda secara langsung.

Beratnya beban kerja yang ditanggung oleh ball joint pada sistem suspensi ini rupanya juga menciptakan ball joint harus selalu rutin untuk diperiksa dan dirawat. Kurangnya perhatian dan perawatan pada ball joint sanggup mengakibatkan munculnya bunyi gluduk-gluduk pada pecahan suspensi mobil.

Selain itu, kerusakan ball joint juga sanggup menimbulkan kerugian yang berakibat fatal bagi pemilik ataupun pengemudi kendaraan beroda empat tersebut. Lantas, apa saja yang sanggup menjadi penyebab ball joint kendaraan beroda empat rusak ?

Ball joint merupakan pecahan terpenting pada sistem suspensi yang berfungsi untuk menopang  Penyebab ball joint kendaraan beroda empat rusak

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan menyebarkan info terkait penyebab ball joint kendaraan beroda empat rusak. Simak ulasan perihal penyebab ball joint kendaraan beroda empat rusak dibawah berikut ini


1. Sering melewati jalanan rusak dan banjir


Sering melewati jalanan rusak dan banjir juga sanggup menjadi penyebab ball joint kendaraan beroda empat rusak. Ya melewati jalanan banjir sanggup menciptakan grease (gemuk) yang ada di dalam ball joint hilang. Ball joint yang kehilangan pelumas akan meningkatkan ukiran di dalam ball joint sehingga cepat atau lambat sanggup merusak kondisi bal joint.

Selain itu sering melewati kondisi jalan yang rusak juga menjadi penyebab ball joint menjadi rusak. Ketika ban kendaraan beroda empat menghantam lubang, maka hentakan dari roda akan mengalir melalu ball. Semakin sering dan semakin keras hantaman ketika melewati jalanan rusak yang terjadi, maka semakin cepat juga ball joint menjadi rusak, tak terkecuali untuk ball joint berkualitas tinggi dan original.


2. Salah penyetelan sudut kemudi (spooring)


Salah penyetelan sudut kemudi sanggup menjadi penyebab ball joint kendaraan beroda empat rusak. Sudut kemudi merupakan sudut yang diatur guna mendapatkan kinerja kemudi yang paling optimal dan resiko kerusakan paling minim.

Istilah umum yang kita kenal untuk penyetaln sudut kemudi roda ini yakni "spooring" . Setidaknya ada 4 sudut kemudi yang harus selalu rutin di setel ulang yaitu camber, caster, toe ini dan out, serta kingping.

Kesalahan penyetelan sudut kemudi ini terang akan mempercepat kerusakan ball joint, menyerupai contohnya penyetelan sudut camber roda yang terlalu minus, dimana sisi atas roda mengarah terlalu dalam ke dalam bodi mobil.

Kondisi ini akan menciptakan ball joint menerima beban terlalu besar dengan ruang gerak yan lebih sedikit. Akibatnya kerusakan bal joint menjadi lebih cepat terjadi.

Baca juga :


3. Kerusakan komponen karet suspensi yang tidak segera diganti /diperbaiki


Penyebab kerusakan ball joint lainnya yakni akhir adanya kerusakan komponen karet suspensi (Bushing) yang tidak segera diganti. Seperti contohnya kerusakan pada karet bushing lower arm, karet bushing upper arm, dan lain-lain.

Karet bushing ini berfugsi untuk meredam getaran dari roda dan suspensi sehingga kendaraan beroda empat terasa lebih nyaman digunakan, Selain meredam getaran karet bushing ii juga berfungsi untuk mempertahankan sudut kemudi roda-roda.

Membiarkan karet bushing pada suspensi yang rusak ini otomais sanggup menciptakan sudut-sudut kemudi juga ikut berubah yang kesudahannya akan menciptakan ball joint kendaraan beroda empat menjadi lebih cepat rusak.


4. Karet pelindung ball joint rusak, sobek, atau hilang.


Penyebab ball joint rusak yang selanjutnya yakni akhir karet pelinduing ball joint ini rusak, sobek atau hilang. Karet pelinding ball joint ini berfungsi untuk mencegah air, debu, pasir, dan kotoran lain semoga tidak masuk kedalam ball joint.

Jika karet pelindung ball joint ini rusak, sobek atau hilang, maka segala macam kotoran akan gampang masuk kedalam ball joint. Efeknya akan menciptakan ball joint aus dan oblak. Bahkan pad bberapa kondisi ball joint akan berkarat dan gampang patah.


5. Gemuk / Grease ball joint tidak pernah diganti


Pada beberapa model ball joint (khususunya yang mempunyai nepel), mengharuskan pemilik kendaraan untuk mengganti grease (gemuk) ball joint secara rutin. Ya, ball joint model ini wajib dilakukan penggantian gemuk secara rutin , minimal dilakukan setiap 10.000km.

Kelalaian unuk mengganti gemuk pada ball joint akan mengakibatkan ball joint menjadi kurang pelumasa, mengeras, sampai menjadi aus dan oblak. Oleh karenanya, selalu perhatikan jadawal mengganti gemuk ball joint untuk mecegah ball joint cepat rusak.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyebab Ball Joint Kendaraan Beroda Empat Rusak"

Posting Komentar