Model Pembelajaran Yang Menarik

Pembelajaran yang menarik ialah konsep berguru yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia kasatmata siswa dan mendorong siswa menciptakan korelasi antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yaitu konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiri), masyarakat berguru (learning community), pemodelan (modeling), dan evaluasi bekerjsama (authentic assessment).

Pembelajaran yang menarik merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut dalam konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural) sehingga siswa mempunyai pengetahuan atau keterampilan yang secara fleksibel sanggup diterapkan (dutransfer) dari satu permasalahan atau konteks ke permasalahan atau konteks lainnya.

Sumber Gambar: bimba-aiueo.com
Model pembelajaran biasanya disusun menurut prinsip dan teori ilmu pengetahuan. Para jago menyusun model-model pembelajaran menurut prinsip-prinsip pendidikan, teori-teori psikologis, sosiologis, psikiatri, analisis sistem atau teori-teori lain (Joyce and Weil, 1980). Joyce & Weil mempelajari model-model pembelajaran menurut teori yang dikelompokkan menjadi empat model pembelajaran.

Model tersebut merupakan teladan umum sikap pembelajaran untuk mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang diharapkan. Joyce & Weil beropini bahwa model pembelajaran ialah suatu planning atau teladan yang sanggup dipakai untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain (Joyce & Weil, 1980). Model pembelajaran sanggup dijadikan teladan pilihan, artinya para guru boleh menentukan model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Sumber:
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Model Pembelajaran Yang Menarik"

Posting Komentar