Penyajian Data Memakai Diagram Lingkaran

Penyajian Data Dengan Diagram Lingkaran – Penyajian data sanggup dilakukan dengan banyak cara. Selain dengan memakai tabel, piktogram, ataupun diagram batang penyajian data juga sanggup dilakukan dengan memakai diagram lingkaran. Pada kesempatan kali ini Rumus Matematika Dasar akan melanjutkan bahan mengenai penyajian data dengan membahas lebih jauh perihal diagram bundar dan langkah-langkah pembuatannya. Diagram bundar biasanya dipakai untuk menyajikan data dalam bentuk persentase. Daerah bundar menggambarkan keseluruhan data. Data disajikan dengan memakai juring atau sektor dimana besar sudut sentra juring sesuai dengan perbandingan tiap-tiap data terhadap keseluruhan data yang ada. Berikut yakni pola diagram lingkaran:

 Penyajian data sanggup dilakukan dengan banyak cara Penyajian Data Menggunakan Diagram Lingkaran

Penyajian Data Menggunakan Diagram Lingkaran

Untuk mempelajari langkah-langkah penyajian data dengan memakai diagram bundar kalian sanggup eksklusif mengamati pola soal yang ada di bawah ini:

Contoh Soal:
Di dalam sebuah kelas terdapat siswa sebanyak 60 orang. Masing-masing siswa diwajibkan untuk mempunyai setidaknya satu jenis acara ekstrakulikuler. Setelah dikumpulkan, diperoleh data yaitu 15 orang siswa menentukan basket, 17 siswa menentukan bola voli, 24 siswa menentukan futsal, dan 4 orang menentukan Pramuka. Buatlah diagram ,ingkaran dari data tersebut!

Penyelesaian:

Sebelum membat diagram bundar dari data tersebut, kita harus mencari persentasenya terlebih dahulu sehingga nantinya kita sanggup menentukan besarnya sudut dari masing-masing data yang diperoleh.

 Penyajian data sanggup dilakukan dengan banyak cara Penyajian Data Menggunakan Diagram Lingkaran


Setelah kita peroleh persentase dan besar sudutnya, kita sanggup menyajikan data tersebut ke dalam diagram bundar menyerupai di bawah ini:

 Penyajian data sanggup dilakukan dengan banyak cara Penyajian Data Menggunakan Diagram Lingkaran

Demikianlah ulasan dan rangkuman bahan perihal cara Penyajian Data Menggunakan Diagram Lingkaran semoga pembahasan pola soal di atas sanggup menciptakan kalan paham perihal langkah-langkah yang harus dilakukan saat ingin menyajikan data dalam bentuk diagram bundar dimana data-data yang diperoleh digambarkan dalam bentuk persentase dan besar sudut di salam sebuah lingkaran.

Sumber http://ilmuku-duniaku14.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyajian Data Memakai Diagram Lingkaran"

Posting Komentar