Jurnal Nasional: Definisi, Kriteria Contohnya

Jurnal nasional yang dikelola dan diterbitkan telah menjadi salah satu elemen penting untuk mengukur kemajuan suatu institusi atau forum di Indonesia. Melalui pengukuran kuantitas dan kuantitas terbitan jurnal, institusi pengelola jurnal akan dianggap produktif, mumpuni, maju atau tidak. Kemenristekdikti sebagai forum pemberi legalisasi jurnal skala nasional mempunyai tugas signifikan dalam memilih tingkat kemajuan institusi tersebut.


Jurnal nasional di sini diartikan sebagai publikasi ilmiah terencana berupa kumpulan artikel dalam format jurnal yang sifatnya nasional. Jurnal merupakan salah satu dari beberapa jenis karya ilmiah yang sekarang dijadikan indikator dalam evaluasi kualitas suatu lembaga.







Baca juga Jurnal Ilmiah: Pengertian, Contoh, Proses Publikasi


Postingan ini akan membahas perihal definisi singkat jurnal nasional, keriteria, dan contohnya. Istilah jurnal nasional diposisikan berhadapan dengan jurnal internasional yang skala dan reputasinya dianggap lebih tinggi. Jika jurnal nasional sekarang sering dijadikan indikator kemajuan suatu forum nasional, maka jurnal internasional sekarang sering dijadikan indikator kemajuan suatu bangsa atau negara.


Definisi jurnal nasional


Jurnal nasional ialah publikasi ilmiah secara terencana dalam bentuk artikel yang dikompilasi dalam format jurnal yang bersifat nasional. Bersifat nasional artinya memperoleh pengakuan, evaluasi atau legalisasi tertentu dari forum yang berwenang, yaitu Kemenristekdikti.


Pada umumya, institusi di Indonesia yang mengelola dan menerbitkan jurnal nasional ialah forum terkait penelitian dan sekolah tinggi tinggi. Beberapa kementerian dan yayasan juga memproduksi jurnal dengan kualitas yang bervariasi.


Pengertian jurnal nasional oleh forum pemerintah sering diidentikkan dengan majalah ilmiah. Majalah ilmiah berbeda dengan majalah terkenal yang sifatnya komersil. Majalah ilmiah sanggup dikatakan sebagai jurnal kalau memenuhi beberapa kriteria standar yang telah ditentukan oleh forum yang berwenang.


Makin pentingnya tugas jurnal sebagai tolok ukur kemajuan suatu institusi memantik makin meriahnya insisiasi pengelolaan jurnal yang dicetus oleh beberapa forum di Indonesia. Namun tentu saja, langkah yang ditempuh untuk menerbitkan jurnal nasional tidak sederhana. Beberapa kriteria musti dipenuhi.







Baca juga: Daftar Jurnal Pendidikan Terakreditasi Nasional


Kriteria jurnal nasional


Menurut Kemenristekdikti dalam aliran jurnal ilmiah, jurnal nasional sanggup diartikan sebagai majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai berikut:


Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan budpekerti keilmuan;



  1. Memiliki ISSN;

  2. Memiliki terbitan versi online;

  3. Bertujuan menampung atau mengomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan/atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu;

  4. Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin-disiplin keilmuan yang relevan;

  5. Diterbitkan oleh Penerbit/Badan Ilmiah/Organisasi Profesi/Organisasi Keilmuan/Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya;

  6. Bahasa yang dipakai ialah Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris dengan abnormal dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris;

  7. Mempunyai karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal dua institusi yang berbeda;

  8. Mempunyai dewan redaksi/editor yang terdiri dari para andal dalam bidangnya dan berasal dari miimal dua institusi yang berbeda; dan

  9. Dikelola secara profesional: ketepatan keberkalaan, ketersediaan petunjuk penulisan, identitas jurnal, dan lain-lain.








Baca juga: Cara Mereview Jurnal Ilmiah


Dari keseluruhan kriterita yang disebutkan di atas, kita secara cepat sanggup membedakan apa yang dimaksud dengan jurnal atau majalah ilmiah dengan publikasi ilmiah lainnya. Saat ini, tak sedikit forum skala nasional berinisiatif untuk menerbitkan jurnal sendiri. Secara administratif barangkali sanggup dipenuhi, namun untuk menjaga konsistensi publikasi jurnal diharapkan upaya yang serius.


Institusi yang mau merintis jurnal nasional semenjak awal harus memikirkan perihal jaringan guna menjaga konsistensi publikasi jurnal, menyerupai penulis, reviewer, dan juga tentunya pembaca yang kesemuanya berasal dari luar institusi tersebut.


Beberapa insitusi telah menerbitkan jurnal berkualitas, bahkan ada yang skalanya internasional. Pembaca sanggup menimbulkan institusi-intitusi tersebut sebagai rujukan. Berikut ini saya akan paparkan beberapa teladan jurnal nasional beserta insitusi pengelola atau penerbitnya sebagai materi tumpuan saja.


Baca juga: Daftar Jurnal Internasional Pendidikan






Contoh jurnal nasional dan penerbitnya


Berikut ini beberapa teladan jurnal skala nasional dan institusi yang menaunginya






































































Nama Jurnal



Institusi


STUDIA ISLAMIKAUIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jurnal Hukum BisnisYayasan Pengembangan Hukum Bisnis
Jurnal KonstitusiMahkamah Konstitusi RI
Sari PediatriIkatan Dokter Anak Indonesia
Microbiology IndonesiaPerhimpunan Mikrobiologi Indonesia
Jurnal Cakrawala PendidikanUniversitas Negeri Yogyakarta
Jurnal Entomologi IndonesiaPerhimpunan Entomologi Indonesia Bogor
Journal of Mechatronics, Electrical Power and Vehicular; Singkatan: JMEVLembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Resital: Jurnal SeniPertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
Jurnal DISKURSUSSekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta
Palastren, Jurnal Studi GenderSTAIN Kudus
Jurnal Ketahanan NasionalUniversitas Gadjah Mada
Linguistik IndonesiaMasyarakat Linguistik Indonesia
TAWARIKH: International Journal For Historical StudiesAsosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia (ASPENSI)
Jurnal Penelitian Pos dan InformatikaKementerian Komunikasi dan Informatika

Jurnal nasional yang dikelola dan diterbitkan telah menjadi salah satu elemen penting untu Jurnal Nasional: Definisi, Kriteria  Contohnya


Daftar teladan jurnal nasional yang disebutkan di atas tentu saja hanya segelintir dari ratusan jurnal nasional yang ada. Contoh jurnal yang disebutkan di atas telah terakreditasi secara nasional oleh Kemenristekdikti.


Baca juga: Daftar Jurnal Indonesia Terindeks SCOPUS



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurnal Nasional: Definisi, Kriteria Contohnya"

Posting Komentar