√ Penjabaran Karton Box

Berdasarkan jumlah dindingnya, karton gelombang bisa digolongkan menjadi:


1. Corrugated Single Face


 karton gelombang bisa digolongkan menjadi √ Klasifikasi Karton Box

mdi.org


Coruugated single face yaitu karton gelombang yang terdiri atas satu lembar liner dan satu lapisan gelombang (Fluting). Jenis karton yang satu ini biasanya digunakan sebagai pelindung barang-barang.


Seperti mebel dan hasil industri kayu yang tidak dikemas dalam kemasan kotak, hal ini bertujuan semoga ketika proses pengiriman barang dalam kontainer tidak lecet dan hingga ditangan pelanggan dalam keadaan bagus.


Selain untuk penggunaan tersebut, ketika juga tengah berkembang suatu jenis kotak karton gelombang yang memakai lapisan kertas cetak offset. Box cetak offset memakai single face yang dilaminating dengan kertas duplex coated / boxboard / art board atau ivory board.


2. Corrugated Single Wall


 karton gelombang bisa digolongkan menjadi √ Klasifikasi Karton Box

smugmug.com


Corrugated single wall yaitu jenis karton gelombang yang terdiri atas 2 lembar liner dan satu lapisan gelombang (fluting). Karton jenis ini merupakan lembaran karton gelombang yang sering digunakan untuk pengemas produk yang tidak terlalu membutuhkan perlindungan, ibarat halnya untuk bok mie instant, snack dan air mineral.


3. Corrugated Double Wall


 karton gelombang bisa digolongkan menjadi √ Klasifikasi Karton Box

pluspackaging.co.uk


Corrugated double wall yaitu jenis karton gelombang yang terdiri atas 2 lapisan liner dan dua lapisan gelombang (Fluting).


Jenis karton yang satu ini biasanya digunakan sebagai KKG untuk barang-barang yang membutuhkan derma besar ibarat minyak goreng dalam kemasan plastik (Pouch), margarin dan barang-barang yang memiliki ukuran cukup besar ibarat kulkas, televisi dan lain-lain.


4. Corrugated Triple Wall


 karton gelombang bisa digolongkan menjadi √ Klasifikasi Karton Box

mdi.org


Corrugated triple wall yaitu jenis lembaran karton gelombang yang terdiri atas 4 lembar liner dan tiga lapisan gelombang (Fluting).


Jenis karton yang satu ini jarang digunakan, alasannya yaitu selain harganya yang mahal, juga tidak banyak barang yang membutuhkan kemasan ini. Kalaupun ada, biasanya triple wall digunakan sebagai alas pallet supaya barang yang disimpan tidak rusak.


Catatan: Pada umumnya tidak ada mesin corrugator yang memiliki 3 unit flutting sekaligus dalam satu line produksi. Oleh alasannya yaitu itu, dalam pembuatan triple wall biasanya hasil adonan antara single wall dan double face.


Flute          Tinggi gelombang (mm)          Jumlah gelombang per meter          Thickness sheet (mm)

A                                    4.8                                                     118                                           +/- 5

B                                    2.7                                                      168                                          +/- 3

C                                    3.7                                                      128                                          +/- 4

E                                    1.2                                                      316                                          +/-1.5


Perbedaan dari masing-masing jenis flute bisa dilihat menurut ketinggian dan jumlah gelombang permeter.


 karton gelombang bisa digolongkan menjadi √ Klasifikasi Karton Box


Karakter dari masing-masing jenis flute:


1. Flute A


Pada mulanya, flute A digunakan sebagai alat pengemas untuk barang-barang yang terbuat dari gelas. Flute jenis ini memiliki sifat ganjal (Cushioning) yang sangat baik, dikarenakan ketebalannya bisa untuk meredam daya tekan yang terjadi pada ketika kemasan ditumpuk.


2. Flute B


Untuk produk yang sudah dikemas dalam kaleng, ataupun produk yang tidak memerlukan ganjal yang terlalu tinggi, ibarat halnya continuous form, buku tulis, kertas fotocopy dan lain sebagainya lebih cocok jikalau memakai flute B.


Selain sedikit lebih murah, flute jenis ini juga memiliki ketahanan tekan datar (Flat crush) yang lebih tinggi dibandingkan flute A.


3. Flute C


Tujuan dari pembuatan flute C ini yaitu suatu cara pendekatan untuk memperoleh daya ganjal yang tinggi ibarat halnya flute A. Akan tetapi memiliki daya tekan datar yang cukup baik ibarat halnya flute B, dan juga sebagai upaya untuk lebih menghemat pemakaian kertas medium.


4. Flute E


Tujuan pembuatan flute E yaitu sebagai pengganti solid fiber board dengan kekuatan yang relatif sama, akan tetapi lebih ringan dan lebih murah.


Semua jenis karton di atas, baik yang berupa lembaran maupun karton box tersedia lengkap disini.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Penjabaran Karton Box"

Posting Komentar