Pengertian Pasar Oligopsoni, Ciri-Ciri Beserta Contohnya

Salah satu bentuk pasar persaingan tidak tepat yang sering kita jumpai yakni PASAR OLIGOPSONI. Di pos ini kita akan membahas wacana pengertian pasar oligopson, ciri-ciri beserta pola pasar oligopsoni. Oligopsoni mempunyai perbedaan dengan pasar monopsoni. Baca juga: Pengertian Pasar Monopsoni, Contoh dan Ciri-Cirinya.

Pasar oligopsoni yakni pasar dengan banyak penjual, namun hanya ada beberapa pembeli saja. Contoh pasar oligopsoni yakni pasar wortel. Para petani wortel sanggup menjual wortel ke beberapa pedagang (pembeli) di daerahnya, untuk kemudian dijual lagi ke kota. Disini kita sanggup melihat bahwa hanya ada beberapa pembeli, tetapi para petani wortel ada banyak jumlahnya. 

Contoh konkrit pasar oligopsoni lainnya yakni perjuangan konstruksi bangunan. Usaha konstruksi bangunan ada banyak, namun hanya ada beberapa pelanggan yang ingin memakai jasa konstruksinya menurut pesanan yang telah disepakati. 

Jasa konstruksi bangunan - Contoh pasar oligopsoni\

CIRI-CIRI PASAR OLIGOPSONI 

1. Terdapat beberapa pembeli dan banyak penjual  

2. Pembeli umumnya bukan konsumen, tetapi distributor 

Pada umumnya, pembeli bukan bertindak sebagai konsumen yang eksklusif memakai produk tersebut. Tetapi pembeli akan mengolah dan menjual kembali barang yang dibeli dari penjual ke kota-kota / ke tempat lainnya. Dengan kata lain, pembeli disini bertindak sebagai distributor. 

3. Harga yang diperdagangkan biasanya yakni materi baku, untuk kemudian diolah kembali dan dijual lagi. 

Mengapa demikian? Karena para agen ini nantinya akan mengolah kembali materi baku tersebut dan disempurnakan lagi untuk dijual lagi kepada konsumen. Dengan cara tersebut, agen akan mendapat laba yang lebih besar, dibandingkan kalau mereka harus menjual barang jadi langsung. 

4. Harga cenderung stabil

Harga barang di pasar oligopsoni akan cenderung lebih stabil. Kenaikan dan penurunannya tidak akan terlalu ekstrem. Hal ini alasannya yakni pembeli dan penjual sama2 mempunyai ketergantungan terhadap produk tersebut. Pada ketika penjual menaikkan harga, pembeli akan beralih ke produsen lain. Sehingga, pembeli dan penjual akan ada kesepakatan dan tawar menawar yang menciptakan harga akan lebih stabil. 

5. Produk hanya beberapa macam 

Ciri-ciri pasar oligopsoni yakni produk yang diperdagangkan tidaklah terlalu bermacam-macam (hanya beberapa macam saja), namun lebih menyesuaikan dengan potensi yang ada di kawasan tersebut. Sebagai contoh, kalau di masyarakat sekitar banyak didominasi oleh potensi tanaman wortel, maka pasar oligopsoni yang ada di kawasan tersebut yang dijual yakni wortel. 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR OLIGOPSONI

Kelebihan pasar oligopsoni: 

1. Hak penjual lebih dilindungi 

Di pasar ini, hak penjual lebih dilindungi dibandingkan di pasar monopsoni, alasannya yakni penjual sanggup berpindah pada pembeli lain apabila penjual merasa dirugikan dalam hal perjanjian jual beli. Hal ini dikarenakan di pasar oligopsoni, tidak hanya terdapat satu pembeli ibarat hanya pasar monopsoni, tetapi ada beberapa pembeli. 

2. Pembeli tidak sanggup seenaknya mengatur harga 

Pembeli tidak sanggup menekan penjual untuk menetapkan harga yang sangat murah yang berpotensi merugikan penjual, alasannya yakni terdapat tentangan dari pembeli lain. 

Kekurangan pasar oligopsoni: 

1. Kualitas produk kurang baik 

Di pasar ini, penjual masih mungkin untuk menjual produknya ke pembeli lain, sehingga penjual sanggup jadi kurang optimal dalam menjaga kualitas produknya. Hal ini berbeda dengan pasar monopsoni, di mana hanya ada satu pembeli sehingga penjual harus menjaga kualitas produknya biar sanggup melaksanakan efisiensi dengan produk yang baik. 

2 Potensi terjadinya manipulasi harga 

Beberapa pembeli yang melaksanakan kolaborasi untuk memainkan harga, sanggup berpotensi menjadi pasar monopsoni yang akan merugikan penjual. 

3. Menurunnya kreativitas 

Dikarenakan adanya beberapa pembeli, penjual akan berfokus hanya pada produksi sebanyak mungkin. Hal ini menjadikan turunnya kreativitas dan inovasi.  

Itulah klarifikasi wacana pasar oligopsoni, ciri-ciri dan pola pasar oligopsoni di pasar Indonesia. Semoga bermanfaat untuk anda. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Pasar Oligopsoni, Ciri-Ciri Beserta Contohnya"

Posting Komentar